... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KAMMI: Jangan Sampai Perairan Natuna Hilang karena Pemerintah Tak Tegas

Foto: Ketua Umum Kammi, Elevan Yusmanto

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemerintah Cina tetap bersikeras mengklaim perairan sekitar Natuna, Kepulauan Riau masuk kedalam wilayah kedaulatannya.

Klaim China ini mendapat berbagai respon dari publik dalam negeri Indonesia. Salah satunya dari Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) Elevan Yusmanto.

“Sebenarnya, klaim China atas hampir seluruh perairan Laut China Selatan yang mana termasuk juga perairan Natuna di dalamnya sudah dipatahkan melalui putusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 2016, ” kata Evan dalam keterangan medianya, Rabu (08/01/2020).

Saat itu negara Filipina, kata Evan, menggugat Cina ke Mahkamah Arbitrase Internasional atau Permanent Court of Arbitration (PCA) yang merupakan kelembagaan hukum di bawah PBB. Kemudian pada tahun 2016, Mahkamah mengabulkan hampir semua gugatan Filipina, dan membatalkan klaim China di Laut China Selatan.

Dengan adanya fakta-fakta di atas yang didukung oleh keputusan PBB sebagai Mahkamah Arbritase Internasional, maka kata Evan sudah seharusnya segala bentuk klaim Cina atas sebagain besar Perairan Natuna ditolak. Evan meminta agar Pemerintah Indonesia bisa bersikap tegas jika sudah menyangkut kedaulatan negara, khususnya masalah perairan Natuna.

“Jangan sampai Perairan Natuna hilang dicuri dari wilayah kita karena tidak tegasnya sikap pemerintah. Jika ini terjadi maka tidak menutup kemungkinan negara lain akan menyepelekan dan mencaplok wilayah kita,” tambah Evan.

BACA JUGA  Gugus Tugas Covid-19 Imbau Masyarakat Tetap Jaga Jarak

Menurutnya, Pemerintah kita juga harus membangun konsolidasi bersama negara-negara ASEAN terkait untuk menghadapi Cina atas klaim Laut Cina Selatan. “Agar ini bisa menjadi isu bersama dan harapannya posisi kita menjadi lebih kuat,” tandas Evan.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Irak

Dua Negara Sekutu Penting Berperang, Irak Hadapi Posisi Sulit

Abdul Mahdi menolak segala pelanggaran kedaulatan Irak atau serangan-serangan di dalam wilayah negaranya dan mengatakan dia berusaha menenangkan situasi.

Kamis, 09/01/2020 10:53 0

Afrika

Al-Shabaab Bertanggung Jawab Atas Ledakan Bom di Jantung Ibukota Mogadishu

“Serangan ini melihatkan pemerintah tidak mengamankan penuh persimpangan utama di Mogadishu,” kata pernyataan Al-Shabaab.

Kamis, 09/01/2020 08:23 0

Amerika

Trump: Tak Ada Satu Pun Tentara Kami yang Terluka Akibat Serangan Rudal Iran

"Semua prajurit kami aman dan hanya menimbulkan kerusakan kecil pada dua pangkalan militer kami," kata Trump.

Kamis, 09/01/2020 07:39 0

Suriah

Putin Kunjungi Assad di Tengah “Perang” AS-Iran

Kunjungan ini adalah yang pertama bagi Putin ke Damaskus dan yang kedua bagi Suriah, sekutu penting Iran, sejak dimulainya perang hampir sembilan tahun, di mana pasukan Rusia memberi dukungan kepada pemerintah Suriah pada 2015.

Rabu, 08/01/2020 16:06 0

Palestina

Nyamar Jadi Orang Palestina, Polisi Israel Diserang Warga Yahudi

Haaretz melaporkan bahwa pihak polisi belum mengeluarkan pernyataan tentang operasi tersebut, hanya mengkonfirmasi bahwa seorang polisi terluka ringan.

Rabu, 08/01/2020 15:45 0

Timur Tengah

Eskalasi Konflik di Irak dan Iran, WNI Diminta terus Waspada

Kementerian Luar Negeri juga mencantumkan nomor hotline KBRI-KBRI sekitar yang bisa dihubungi oleh WNI jika memerlukan bantuan.

Rabu, 08/01/2020 13:54 0

Eropa

Pasca Kematian Soleimani, Sejumlah Negara Eropa Larang Warganya Bepergian ke Iran

Pasca kematian komandan Iran Qassem Soleimani, sejumlah negara Eropa melarang warganya untuk bepergian ke Iran dan juga Irak.

Rabu, 08/01/2020 11:16 0

Iran

Puluhan Tewas Selama Pemakaman Qassem Soleimani

Laporan jatuhnya korban itu disampaikan oleh kepala Pusat Medis Forensik di Kerman Abbas Amyan dan dilansir oleh media Iran.

Rabu, 08/01/2020 08:03 0

Inggris

Soal Reynhard Sinaga, Indonesia Hormati Keputusan Pengadilan Inggris

Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan besar Indonesia (KBRI) di London menghormati keputusan Pengadilan Inggris di Manchester, yang menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap seorang WNI bernama Reynhard Sinaga (36) setelah dinyatakan bersalah melakukan perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 pria Inggris.

Selasa, 07/01/2020 17:57 0

Afrika

Pasukan Haftar Klaim Ambil Alih Sirte, Kota Strategis Bekas Wilayah ISIS

Pasukan Libya yang loyal kepada jenderal Khalifa Haftar, Senin (06/01/2020), mengaku telah mengambil kendali atas kota Sirte, wilayah pantai yang strategis. Pengambilalihan diawali dengan serangan udara.

Selasa, 07/01/2020 14:37 0

Close