... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

“Masjid Peradaban” Menjadi Fokus Utama Barisan Bangun Negeri

Foto: Ustadz Luqmanul Hakim. (Jundii/kiblat)

KIBLAT.NET, Bekasi – Barisan Bangun Negeri (BBN) merupakan sebuah gerakan umat Islam yang diinisiasi oleh delapan ustadz nasional, mereka adalah Ustadz Abdul Somad, Ustadz Hanan Attaki, Ustadz Oemar Mita, Habib Anies, Ustadz Salim A Fillah, Ustadz Adi Hidayat, Ustadz Luqmanul Hakim, dan Ustadz Felix Siauw.

Salah satu inisiator,Ustadz Luqmanul Hakim menjelaskan kepada Kiblatnet bahwa fokus utama BBN adalah “Masjid Peradaban”, yaitu dengan memberdayakan umat Islam untuk kembali ke masjid, dan menjadikan masjid sebagai pusat pergerakan dan peradaban, sebagaimana zaman Nabi Muhammad SAW dulu.

“BBN itu perkumpulan para asatidz yang diinisiasi oleh 8 ustadz yang berbeda latar belakang tapi kita sama dalam satu tujuan, mudah-mudahan bisa mengajak para muslimin muslimat, juga semuanya untuk sama-sama fokus pada membangun negeri,” ujar Luqman ditemui di Masjid Nurul Islam Kemang IFI Graha, Bekasi pada Selasa (07/01/2020).

Luqman yang sedang menunggu keberangkatan umroh pada Selasa malam itu menyempatkan diri untuk ikut turun bersama santri BBN dan tim ijo untuk kembali membersihkan dan memulihkan masjid Nurul Islam Kemang IFI.

Ia menjelaskan fokus BBN adalah mewujudkan masjid peradaban, masjid sebagai pusat keilmuan, basis sosial, dan pusat pergerakan.

Salah satu program BBN adalah “Masjid Less Waste”. Gerakan ini memberikan contoh kecil namun berefek luas, dimana jamaah diajak untuk meminimalisir penggunaan barang ataupun kemasan berbahan plastik. Penggunaan tumbler minuman pribadi sangat dianjurkan sekali, oleh karena itu muncullah tagar #lesswaste dimana semua jamaah dan peserta kajian diharuskan membawa tumbler minuman sendiri dan tidak diperkenankan untuk menggunakan botol minum sekali pakai. Hal ini didasari dari membludaknya sampah plastik pasca setiap kali diselenggarakannya acara kajian akbar

BACA JUGA  KH Athian Ali: Sedekah Harus Ikhlas, Jangan untuk Kepentingan Dunia

“Ada less waste, program yang pertama kita launching. setelah itu ada health care, baitul maal, ada ahlussuffah, baitussuffah, baitul hikmah, banyak lagi program lainnya. itu bagian kecil dari narasi besar yang sedang dibawa, yaitu ummat bangkit dari masjid,” ujarnya.

Menurut Luqman, Indonesia yang memiliki satu juta masjid lebih harus diberdayakan oleh umat Islam.

“Tidak hanya anak muda. jadi kita mengajak orang, untuk berbuat bergerak dari hal yang sederhana dan yang di depan mata, yamg harus kita berdayakan ada satu juta masjid seluruh Indonesia, yaudah yuk kita mulai dari masjid dulu,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Puluhan Tewas Selama Pemakaman Qassem Soleimani

Laporan jatuhnya korban itu disampaikan oleh kepala Pusat Medis Forensik di Kerman Abbas Amyan dan dilansir oleh media Iran.

Rabu, 08/01/2020 08:03 0

Inggris

Soal Reynhard Sinaga, Indonesia Hormati Keputusan Pengadilan Inggris

Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan besar Indonesia (KBRI) di London menghormati keputusan Pengadilan Inggris di Manchester, yang menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap seorang WNI bernama Reynhard Sinaga (36) setelah dinyatakan bersalah melakukan perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 pria Inggris.

Selasa, 07/01/2020 17:57 0

Afrika

Pasukan Haftar Klaim Ambil Alih Sirte, Kota Strategis Bekas Wilayah ISIS

Pasukan Libya yang loyal kepada jenderal Khalifa Haftar, Senin (06/01/2020), mengaku telah mengambil kendali atas kota Sirte, wilayah pantai yang strategis. Pengambilalihan diawali dengan serangan udara.

Selasa, 07/01/2020 14:37 0

News

10 Negara Teratas Rawan Krisis Kemanusiaan di Tahun 2020

Para pakar tanggap darurat Komite Penyelamatan Internasional (IRC) memberi peringkat negara-negara yang paling berisiko terhadap bencana kemanusiaan untuk tahun 2020.

Selasa, 07/01/2020 13:35 0

Eropa

Kini, Kata InsyaAllah Masuk dalam Kamus Jerman

Kata InsyaAllah, yang berarti "jika Allah menghendaki," telah ditambahkan ke kamus Duden Jerman yang diterbitkan penerbit Merriam-Webster di negara itu.

Selasa, 07/01/2020 11:52 0

Palestina

Israel Akan Bangun 1.936 Permukiman Baru di Tanah Palestina

Lebih dari 600.000 pemukim tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki di antara sekitar tiga juta warga Palestina.

Selasa, 07/01/2020 07:17 0

Arab Saudi

Pugar 30 Masjid Bersejarah, Saudi Habiskan Biaya Rp185,5 Triliun

Tahap pertama renovasi 30 masjid di 10 wilayah Arab Saudi telah selesai. Proyek tersebut menelan biaya lebih dari SR50 juta (Rp185,5 triliun) selama 423 hari.

Senin, 06/01/2020 16:01 0

Eropa

Teror di Masjid Ceko: “Jangan Sebarkan Islam, atau Kubunuh Kamu!”

“Jangan menyebarkan Islam di Republik Ceko! Kalau tidak, kami akan membunuhmu,” demikian tertulis di masjid, sebagaimana laporan polisi, Sabtu (04/01/02).

Senin, 06/01/2020 14:23 0

Yordania

MUI Teken MoU Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron

MUI menyatakan komitmen untuk menyumbang USD 5,915 juta sedangkan sisanya berasal dari sumbangan pemerintah kota Hebron.

Senin, 06/01/2020 13:52 0

Irak

Diminta Tarik Pasukan dari Irak, Trump: Bayar Dulu

Parlemen Irak pada Ahad (05/01/02), mengeluarkan resolusi agar pemerintah mengakhiri kehadiran pasukan asing di Irak dan memastikan mereka tidak menggunakan tanah, udara, dan perairannya dengan alasan apa pun.

Senin, 06/01/2020 13:36 0

Close