... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Barisan Bangun Negeri Bantu Recovery Masjid Terdampak Banjir

Foto: Relawan BBN sedang membersihkan Masjid Nurul Islam Kemang IFI Graha, Bekasi pada Selasa (07/01/2020). (Jundii/kiblat)

KIBLAT.NET, Bekasi – Gerakan Barisan Bangun Negeri turut membantu warga dalam membersihkan masjid terdampak banjir. Mereka menargetkan pada hari Jum’at (10/01/2020), masyarakat sudah bisa menggunakan masjid untuk melaksanakan sholat Jum’at berjamaah.

Weemar Aditia, koordinator BBN Jakarta menjelaskan saat ini ada 16 titik masjid yang dibantu BBN. Tersebar di empat kota: Bekasi Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Tangerang Selatan.

“Insya Allah jika masjidnya sehat, bersih, rapi, walaupun rumah warga masih tertumpuk lumpur tapi warga punya tempat untuk bernaung di masjid. Semoga dari sana ukhuwah muncul, masjid makmur, keberkahan datang. Ketika masjid selesai, baru meluas ke warga sekitar,” ujar Weemar saat ditemui di Masjid Nurul Islam Kemang IFI Graha, Bekasi pada Selasa (07/01/2020).

Recovery masjid oleh BBN, sebut Weemar, dilakukan setelah mengevakuasi warga korban banjir pada saat banjir tiba. Evakuasi atas arahan asatidz pembina BBN untuk menyelamatkan warga dari level darurat evakuasi menjadi level aman. Setelah memberikan bantuan konsumsi, relawan BBN mulai melakukan recovery masjid.

Weemar menjelaskan program BBN ini bukan hanya memulihkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah, namun juga berusaha untuk memakmurkan masjid.

“Intinya adalah menormalisasikan masjid sesuai fungsinya semula, syukur lebih baik dari yang sebelumnya. Bukan sekedar bisa sholat saja, karena kita punya visi ‘Masjid Peradaban’,” ujarnya.

Karenanya, hal pertama yang dilakukan BBN adalah membersihkan sajadah, mengaktifkan lagi speaker yang rusak, bahkan mengganti komputer dan proyektor yang rusak.

BACA JUGA  Polri Duga Ada Tindak Pidana dalam Kebakaran Gedung Kejagung

“Mulai dari yang paling dasar dulu, sajadah, speaker toa, kemudian mikirin bagaimana Al-Qur’an mushaf bisa diselamatkan atau tidak, baru kemudian yang sifatnya kosmetik sekunder seperti ngecat ulang, kemudian bangun tanggul untuk mitigasi bencana,” jelasnya.

Ia pun berharap banyak relawan dan masyarakat yang peduli untuk memakmurkan masjid, kembali ke masjid.

“Karena tidak ada kemuliaan Islam kecuali itu bermula dari masjid,” tegasnya.

Weemar menuturkan, dari 1500 relawan yang terjaring di grup-grup WhatsApp BBN, hanya sekitar 200 relawan yang aktif turun untuk recovery masjid. Pasalnya, dari ribuan relawan itu memiliki kesibukan yang belum bisa ditinggalkan.

Di Masjid Nurul Islam Kemang IFI sendiri hanya ada 20 hingga 30 relawan saja. Salah satunya adalah Munawaroh, mahasiswi asal Cijantung, Jakarta Timur. Ia beserta kakaknya, Zakira ikut program recovery masjid lantaran ketika bencana banjir melanda sebagian kota Jabodetabek, keduanya belum sempat turun langsung menjadi relawan.

“Sekarang baru sempat, dan ternyata pembukaan relawan di beberapa posko sudah tutup, tinggal BBN ini, kami ikut,” ujarnya.

Sama halnya dengan Munawaroh dan Zakira, Angga, warga Bekasi Utara mengaku ikut program ini lantaran tergerak hatinya untuk ikut memakmurkan masjid.

“Ikut arahan para asatidz ingin memakmurkan masjid. Sebagai pemuda muslim harus peduli terhadap umat,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Iran

Puluhan Tewas Selama Pemakaman Qassem Soleimani

Laporan jatuhnya korban itu disampaikan oleh kepala Pusat Medis Forensik di Kerman Abbas Amyan dan dilansir oleh media Iran.

Rabu, 08/01/2020 08:03 0

Inggris

Soal Reynhard Sinaga, Indonesia Hormati Keputusan Pengadilan Inggris

Pemerintah Indonesia melalui Kedutaan besar Indonesia (KBRI) di London menghormati keputusan Pengadilan Inggris di Manchester, yang menjatuhkan hukuman seumur hidup terhadap seorang WNI bernama Reynhard Sinaga (36) setelah dinyatakan bersalah melakukan perkosaan dan serangan seksual terhadap 48 pria Inggris.

Selasa, 07/01/2020 17:57 0

Afrika

Pasukan Haftar Klaim Ambil Alih Sirte, Kota Strategis Bekas Wilayah ISIS

Pasukan Libya yang loyal kepada jenderal Khalifa Haftar, Senin (06/01/2020), mengaku telah mengambil kendali atas kota Sirte, wilayah pantai yang strategis. Pengambilalihan diawali dengan serangan udara.

Selasa, 07/01/2020 14:37 0

News

10 Negara Teratas Rawan Krisis Kemanusiaan di Tahun 2020

Para pakar tanggap darurat Komite Penyelamatan Internasional (IRC) memberi peringkat negara-negara yang paling berisiko terhadap bencana kemanusiaan untuk tahun 2020.

Selasa, 07/01/2020 13:35 0

Eropa

Kini, Kata InsyaAllah Masuk dalam Kamus Jerman

Kata InsyaAllah, yang berarti "jika Allah menghendaki," telah ditambahkan ke kamus Duden Jerman yang diterbitkan penerbit Merriam-Webster di negara itu.

Selasa, 07/01/2020 11:52 0

Palestina

Israel Akan Bangun 1.936 Permukiman Baru di Tanah Palestina

Lebih dari 600.000 pemukim tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki di antara sekitar tiga juta warga Palestina.

Selasa, 07/01/2020 07:17 0

Arab Saudi

Pugar 30 Masjid Bersejarah, Saudi Habiskan Biaya Rp185,5 Triliun

Tahap pertama renovasi 30 masjid di 10 wilayah Arab Saudi telah selesai. Proyek tersebut menelan biaya lebih dari SR50 juta (Rp185,5 triliun) selama 423 hari.

Senin, 06/01/2020 16:01 0

Eropa

Teror di Masjid Ceko: “Jangan Sebarkan Islam, atau Kubunuh Kamu!”

“Jangan menyebarkan Islam di Republik Ceko! Kalau tidak, kami akan membunuhmu,” demikian tertulis di masjid, sebagaimana laporan polisi, Sabtu (04/01/02).

Senin, 06/01/2020 14:23 0

Yordania

MUI Teken MoU Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron

MUI menyatakan komitmen untuk menyumbang USD 5,915 juta sedangkan sisanya berasal dari sumbangan pemerintah kota Hebron.

Senin, 06/01/2020 13:52 0

Irak

Diminta Tarik Pasukan dari Irak, Trump: Bayar Dulu

Parlemen Irak pada Ahad (05/01/02), mengeluarkan resolusi agar pemerintah mengakhiri kehadiran pasukan asing di Irak dan memastikan mereka tidak menggunakan tanah, udara, dan perairannya dengan alasan apa pun.

Senin, 06/01/2020 13:36 0

Close