... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jangan Panik, Ijazah Rusak Akibat Banjir Ternyata Bisa Diperbaiki

Foto: Ilustrasi ijazah.

KIBLAT.NET – Banjir yang melanda wilayah Jabodetabek sejak hari pertama tahun 2020 tentu menimbulkan banyak kerugian bagi warga terdampak. Harta benda yang hanyut terbawa air, kendaraan yang rusak terendam, dan yang mungkin paling membuat pusing adalah dokumen-dokumen penting seperti ijazah, surat nikah, dan akte kelahiran yang terendam banjir.

Adi, warga Kebalen, Kabupaten Bekasi, mengaku khawatir ijazah dan dokumen penting lainnya rusak karena kebanjiran. Kisah bermula ketika Adi meninggalkan rumah sejak sehari sebelum hari Natal dan dirinya masih di luar kota ketika banjir menerjang kediamannya pada Rabu (01/01/2020).

“Meskipun sudah ditaruh di lemari paling atas, tetap saja waswas, apalagi dikabarin tetangga air pada Rabu malam semakin naik, hingga selutut,” ujar Adi saat dihubungi pada Senin (06/01/2020).

Meskipun keesokan harinya air telah surut dan dokumen aman, Adi tetap melakukan tindak preventif dengan memindahkan ke tempat yang lebih aman. Mengingat informasi dari BMKG bahwa puncak musim hujan akan terjadi di bulan Februari dan Maret.

Alhamdulillah ternyata selamat, tapi mau dipindah ke tempat lebih tinggi sama dibungkus di map yang lebih tahan air, katanya kan sekarang belum puncaknya, puncaknya nanti bulan Februari dan Maret,” tuturnya.

Ijazah Bisa Diperbaiki

Warga terdampak banjir seperti Adi sejatinya tak perlu terlalu khawatir, karena dokumen-dokumen penting yang rusak ternyata bisa diperbaiki. Salah satu lembaga negara yang melayani perbaikan arsip milik masyarakat adalah Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang beralamat di Jalan Ampera Raya Nomor 7, Cilandak, Jakarta Selatan.

BACA JUGA  Syekh Ali Jaber: Allah Selamatkan Saya dari Pembunuhan

ANRI sendiri sejak hari Kamis (02/01/2020) telah membuka layanan restorasi dokumen warga terdampak banjir secara gratis.

Adapun syarat-syarat yang perlu dipersiapkan adalah: arsip dalam bentuk asli bukan fotocopy dan belum di-laminating, tiap keluarga maksimal 10 lembar dokumen, dan arsip dibawa pada hari kerja mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Dan terkait mekanisme pengurusannya, pertama warga mendatangi bagian humas ANRI, lalu warga akan diantar ke Subdit Restorasi Arsip, dan petugas Subdit akan mengecek tingkat kerusakan arsip. Jika hasil pemeriksaan mengkategorikan arsip tidak bisa direstorasi, maka arsip akan dikembalikan ke pemilik.

Namun jika arsip dinyatakan bisa direstorasi, maka pemilik arsip diminta mengisi form 01. Setelah itu proses restorasi pun dimulai.

Setelah proses restorasi selesai, pemilik dapat mengambil arsip dengan menunjukkan form 01. Setelah arsip diterima oleh pemilik, petugas Subdit Restorasi Arsip akan mengisi form 02 dan buku catatan pembukuan arsip.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Pasukan Haftar Klaim Ambil Alih Sirte, Kota Strategis Bekas Wilayah ISIS

Pasukan Libya yang loyal kepada jenderal Khalifa Haftar, Senin (06/01/2020), mengaku telah mengambil kendali atas kota Sirte, wilayah pantai yang strategis. Pengambilalihan diawali dengan serangan udara.

Selasa, 07/01/2020 14:37 0

News

10 Negara Teratas Rawan Krisis Kemanusiaan di Tahun 2020

Para pakar tanggap darurat Komite Penyelamatan Internasional (IRC) memberi peringkat negara-negara yang paling berisiko terhadap bencana kemanusiaan untuk tahun 2020.

Selasa, 07/01/2020 13:35 0

Eropa

Kini, Kata InsyaAllah Masuk dalam Kamus Jerman

Kata InsyaAllah, yang berarti "jika Allah menghendaki," telah ditambahkan ke kamus Duden Jerman yang diterbitkan penerbit Merriam-Webster di negara itu.

Selasa, 07/01/2020 11:52 0

Palestina

Israel Akan Bangun 1.936 Permukiman Baru di Tanah Palestina

Lebih dari 600.000 pemukim tinggal di Tepi Barat dan Yerusalem Timur yang diduduki di antara sekitar tiga juta warga Palestina.

Selasa, 07/01/2020 07:17 0

Arab Saudi

Pugar 30 Masjid Bersejarah, Saudi Habiskan Biaya Rp185,5 Triliun

Tahap pertama renovasi 30 masjid di 10 wilayah Arab Saudi telah selesai. Proyek tersebut menelan biaya lebih dari SR50 juta (Rp185,5 triliun) selama 423 hari.

Senin, 06/01/2020 16:01 0

Eropa

Teror di Masjid Ceko: “Jangan Sebarkan Islam, atau Kubunuh Kamu!”

“Jangan menyebarkan Islam di Republik Ceko! Kalau tidak, kami akan membunuhmu,” demikian tertulis di masjid, sebagaimana laporan polisi, Sabtu (04/01/02).

Senin, 06/01/2020 14:23 0

Yordania

MUI Teken MoU Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron

MUI menyatakan komitmen untuk menyumbang USD 5,915 juta sedangkan sisanya berasal dari sumbangan pemerintah kota Hebron.

Senin, 06/01/2020 13:52 0

Irak

Diminta Tarik Pasukan dari Irak, Trump: Bayar Dulu

Parlemen Irak pada Ahad (05/01/02), mengeluarkan resolusi agar pemerintah mengakhiri kehadiran pasukan asing di Irak dan memastikan mereka tidak menggunakan tanah, udara, dan perairannya dengan alasan apa pun.

Senin, 06/01/2020 13:36 0

Arab Saudi

Arab Saudi Kutuk Langkah Turki Tempatkan Tentara di Libya

"Kerajaan mengutuk persetujuan parlemen Turki untuk mengirim pasukan militer ke Libya," kata kementerian luar negeri Saudi dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita pemerintah.

Senin, 06/01/2020 09:04 0

Turki

Turki Mulai Pengiriman Tentara ke Libya

Erdogan menunjukkan bahwa Turki tidak akan melibatkan tentara dalam pertempuran.

Senin, 06/01/2020 08:34 0

Close