... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Iuran BPJS Tetap naik, Komisi IX: Pemerintah Ingkari Kesepakatan

Foto: BPJS Kesehatan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi IX DPR RI mengkritisi keputusan pemerintah yang tetap menaikkan iuran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan terutama pada golongan kelas III. Diketahui, kenaikan iuran BPJS Kesehatan tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 yang menetapkan bahwa iuran BPJS Kesehatan mulai naik pada masing-masing kelas per 1 Januari 2020.

Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati mengaku kecewa dengan keputusan pemerintah tersebut. Ia menyebut pemerintah telah mengabaikan keputusan yang telah dibuat bersama DPR beberapa waktu lalu.

Kurniasih menuturkan, sebelumnya pihak pemerintah yang terdiri dari Kementerian Kesehatan, DJSN dan BPJS Kesehatan telah melakukan rapat maraton dengan Komisi IX DPR RI sampai dini hari sebanyak 2 kali yaitu pada 7 November 2019 dan 12 Desember 2019 untuk mencari solusi tanpa menaikkan iuran. Setidaknya bagi peserta kelas III dari Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) karena akan cukup memberatkan di tengah situasi ekonomi yang masih lesu.

Sejak rapat gabungan yang digelar pada 2 September 2019 (DPR RI Periode 2014-2019), Komisi IX tegas menolak kenaikan iuran BPJS Kesehatan terutama untuk peserta kelas III PBPU dan BP. Bahkan dalam rapat selanjutnya pada 12 Desember sudah ada kesepakatan untuk mengambil alternatif kedua diantara tiga alternatif yang diusulkan oleh Kementerian Kesehatan untuk mengatasi keberatan kenaikan iuran untuk kelas III peserta PBPU dan BP.

BACA JUGA  KPK Temukan Sejumlah Peluang Tindak Pidana Korupsi pada Kartu Prakerja

Poin yang disepakati adalah, manajemen BPJS Kesehatan akan memanfaatkan profit atas klaim rasio peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang diproyeksikan pada tahun mendatang. Berdasarkan Perpres Nomor 75/2019 akan ada profit akibat kenaikan iuran JKN.

“Profit inilah yang akan digunakan untuk membayar selisih kenaikan iuran peserta PBPU dan BP kelas III. Dengan kata lain, dalam kesepakatan ini tidak ada kenaikan iuran yang akan dibebankan kepada peserta PBPU dan BP kelas III,” ujar Kurniasih melalui rilisnya pada Senin (06/01/2020).

Namun dalam realisasinya, kenaikan iuran tetap diberlakukan dan dibebankan pada semua peserta BPJS Kesehatan per Januari 2020.

“Keputusan ini berarti Pemerintah mengingkari kesepakatan, bahkan yang diusulkan sendiri oleh Menteri Kesehatan dan disetujui BPJS Kesehatan saat rapat tanggal 12/12/2019 lalu,” imbuhnya.

Diketahui, kenaikan kali ini berlaku untuk semua kelas dan klasifikasi peserta tanpa terkecuali. Iuran BPJS Kesehatan kelas I dan II mengalami kenaikan lebih dari 100%. Sementara, kelas III mandiri naik sebesar 65 persen yang akan dialami oleh peserta dari PBPU dan BP.

“Kedua kelompok ini sebetulnya berada dalam kondisi yang cukup rentan miskin dan selama ini sangat berat untuk memenuhi kewajiban membayar iuran BPJS Kesehatan,” pungkas Kurniasih.

 

 

Reporter: Qoid

Editor: Guntur Aji


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Arab Saudi

Pugar 30 Masjid Bersejarah, Saudi Habiskan Biaya Rp185,5 Triliun

Tahap pertama renovasi 30 masjid di 10 wilayah Arab Saudi telah selesai. Proyek tersebut menelan biaya lebih dari SR50 juta (Rp185,5 triliun) selama 423 hari.

Senin, 06/01/2020 16:01 0

Eropa

Teror di Masjid Ceko: “Jangan Sebarkan Islam, atau Kubunuh Kamu!”

“Jangan menyebarkan Islam di Republik Ceko! Kalau tidak, kami akan membunuhmu,” demikian tertulis di masjid, sebagaimana laporan polisi, Sabtu (04/01/02).

Senin, 06/01/2020 14:23 0

Yordania

MUI Teken MoU Pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Hebron

MUI menyatakan komitmen untuk menyumbang USD 5,915 juta sedangkan sisanya berasal dari sumbangan pemerintah kota Hebron.

Senin, 06/01/2020 13:52 0

Irak

Diminta Tarik Pasukan dari Irak, Trump: Bayar Dulu

Parlemen Irak pada Ahad (05/01/02), mengeluarkan resolusi agar pemerintah mengakhiri kehadiran pasukan asing di Irak dan memastikan mereka tidak menggunakan tanah, udara, dan perairannya dengan alasan apa pun.

Senin, 06/01/2020 13:36 0

Arab Saudi

Arab Saudi Kutuk Langkah Turki Tempatkan Tentara di Libya

"Kerajaan mengutuk persetujuan parlemen Turki untuk mengirim pasukan militer ke Libya," kata kementerian luar negeri Saudi dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita pemerintah.

Senin, 06/01/2020 09:04 0

Turki

Turki Mulai Pengiriman Tentara ke Libya

Erdogan menunjukkan bahwa Turki tidak akan melibatkan tentara dalam pertempuran.

Senin, 06/01/2020 08:34 0

Irak

Tak Pernah Hidup Damai, Warga Irak Demo Tolak Penjajahan AS dan Iran

"Ini mengungkapkan tidak adanya negara Irak," pungkasnya.

Senin, 06/01/2020 07:40 0

Afrika

Al-Shabaab Serbu Pangkalan AS di Kenya, Tiga Tewas dan Empat Pesawat Hancur

laporan polisi yang berhasil didapat AFP menyebutkan sedikitnya dua helikopter, dua pesawat dan sejumlah kendaraan tempur AS yang berada di landasan pacu hancur.

Senin, 06/01/2020 06:48 0

Timur Tengah

AS Kirim Ribuan Pasukan Tambahan ke Timur Tengah

Kantor berita Associated Press mengutip pernyataan para pejabat AS mengatakan bahwa tentara tambahan itu diambil dari Divisi 82 Airborne di Fort Bragg, Carolina utara.

Sabtu, 04/01/2020 10:08 0

Iran

Selain Soleimani, Ini Nama-nama Perwira Iran yang Tewas Dalam Serangan di Baghdad

“Orang-orang yang tewas pada Jumat dalam serangan ‘teroris’ Amerika Serikat di ibukota Baghdad 10 orang. Lima di antaranya warga Iran dan lima lainnya unsur Al-Hasd Al-Syakbi Irak,” kata pernyataan kantor media Brigade Al-Quds seperti dikuti Arabi21 dari media Iran IRNA.

Sabtu, 04/01/2020 08:26 0

Close