... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ini Hasil Pertemuan Dai se-Solo Raya

Foto: pertemuan dai se Solo Raya

KIBLAT.NET, Solo – Pembawa acara pertemuan dai Solo raya (Multaqo’ Duat), Ustadz Tengku Azhar membacakan hasil pertemuan yang diadakan Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) dengan 300 -an aktivis dakwah se- Solo raya di akhir acara.

Hasil pertemuan yang mengangkat tema ‘Tantangan Dakwah Era Milenial dan Implementasi Fiqh Dakwah di Solo raya’, pertama yaitu sesama aktivis dakwah maka harus saling membantu baik tatkala lapang maupun sempit.

“Tentu kita sebagai muslim sudah mengetahui hal itu, dan dari aktivitas ini mari saling berlapang dada untuk saling membantu jika ada yang memperlukan bantuan,” ungkapnya di akhir sesi acara pertemuan di Hotel Multazam, Sukoharjo pada Rabu (1/1/20).

Kedua, pertemuan membahas soluisi dari dakwah pedesaan yang harus dibutuhkan adalah database. Berkaitan lembaga-lembaga dakwah yang ada di daerah, kemudian potensi-potensi dakwah yang ada tempat tersebut. Juga berkaitan dengan perkembangan umat Islam di sana juga dibutuhkan database dan pengiriman dai dan pemberdayaan umat dengan potensi sesuai suatu tempat.

Sehingga bisa meningkatkan ekonomi umat karena dakwah erat kaitannya dengan perekonomian dan sosial. “Kalau bisa memberikan perokonomian yang baik dan memberikan rasa aman di masyarakat, maka itu akan menjadi solusi tantangan dakwah,” ungkapnya.

Hasil ketiga dari diskusi pertemuan aktivis dakwah merupakan dibutuhkan solusi jangka pendek dan solusi jangka panjang. Poin keempat, ada juga usulan nama Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) agar dikaji ulang karena banyak yang merasa DSKS kurang masuk di daerah pedesaan.

BACA JUGA  Soal Vaksin Covid-19, Wapres Minta Masyarakat Dukung Pemerintah

“Poin yang kelima, Follow up dari multaqo duat ini, bisa kita sepati bisa kita realisasikan setiap empat bulan sekali atau enam bulan sekali,” ujarnya.

Dalam pertemuan ini juga menyinggung permintaan buku panduan materi dakwah. Berkaitan hal tersebut, DSKS mengkhawatirkan jika nantinya beda kultur antar satu daerah dengan daerah lain.

“Maka tadi ada usulan yaitu sebelum ke materi, harus terlebih dahulu memperhatikan kultur masyarakat yang ada di sana. Kita kembali pada buku yang telah ada,” ujarnya.

Yang terakhir, berkaitan dengan pemenuhan guru pengajar Al-Quran. Dalam hal ini menimbang tidak bisanya mengandalkan alumni-almuni pondok pesantren yang ada di daerah. Karena santri-santri tidak berasal dari daerah tersebut dan jika setelah selesai akan dikembalikan ke daerah-daerahnya kembali.

“Maka solusinya adalah para aktivis dakwah bisa menbidik kader-kader lokal yang kemudian nanti bisa bekerjasama dengan lembaga-lembaga setempat,” tutupnya.

Reporter: Reno
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Turki

Parlemen Turki Setujui Pengiriman Militer ke Libya

Ia menekankan bahwa Turki akan terus mempertahankan kekuatannya di tingkat lapangan dan diplomatik.

Jum'at, 03/01/2020 07:25 0

Afghanistan

Serangan Taliban terhadap Pasukan Pemerintah Meningkat

Taliban melancarkan serangan hampir setiap hari menargetkan pasukan keamanan dan pejabat pemerintah.

Kamis, 02/01/2020 10:12 0

Afrika

Turki Kritik Bisunya Liga Arab terhadap Kampanye Militer Haftar ke Tripoli

Liga Arab mengeluarkan pernyataan akhir “mencegah campur tangan asing di Libya” dalam pertemuan darurat di tingkat duta besar pada Selasa (31/1/2019) di Mesir. Rapat tersebut digelar di Kairo atas permintaan Mesir.

Kamis, 02/01/2020 09:01 0

Yaman

Pengadilan Syiah Hutsi Vonis Mati Presiden dan PM Yaman

vonis mati ini dijatuhkan atas kejahatan menjalin kontak dengan musuh Republik Yaman. Para petinggi pemerintah sah itu dituduh menjalin hubungan dengan Israel.

Rabu, 01/01/2020 11:12 0

Suriah

Rusia Gempur Idlib di Malam Tahun Baru

Suara sirene peringatan serangan udara dari berbagai penjuru pun bersahut-sahutan di malam tersebut.

Rabu, 01/01/2020 09:57 0

Mesir

Adang Turki, Liga Arab Tolak Pengerahan Pasukan Asing ke Libya

Pertemuan darurat Liga Arab itu digelar atas permintaan Mesir. Mesir merupakan salah satu pendukung Haftar, sementara Turki mendukung pemerintah yang diakui secara internasional di Tripoli.

Rabu, 01/01/2020 08:54 0

News

2019, Tahun Protes dan Reformasi di Berbagai Penjuru Dunia

Korupsi, ekonomi yang buruk, politik dan kebebasan menjadi motif adanya tuntutan demonstran untuk melakukan reformasi di seluruh dunia.

Selasa, 31/12/2019 12:38 0

News

31 Desember 2019, Whatsapp Hentikan Layanan di Ponsel Ini

WhatsApp menghentikan layanan untuk ponsel yang menggunakan Android dan iOS versi lama karena OS tersebut tidak menawarkan kemampuan yang dibutuhkan perusahaan untuk memperluas fitur aplikasi di masa depan.

Selasa, 31/12/2019 11:29 0

Suriah

Rezim Assad Siapkan Serangan Besar di Suriah Utara

"Sekitar 1.000 tentara yang dilengkapi dengan senapan mesin dan meriam, bersama ratusan milisi Irak dan Iran telah tiba di Aleppo dalam 72 jam terakhir," kata seorang sumber kepada Zaman el-Wasl, Senin (30/12/2019).

Selasa, 31/12/2019 11:03 0

Suriah

Teken Perjanjian dengan HTS, Jaisyul Wathany Diizinkan Masuk Idlib

Al-Shami mempertanyakan kenapa JW ingin menyentuh front yang dikendalikan oleh HTS.

Selasa, 31/12/2019 09:35 0

Close