... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki Kritik Bisunya Liga Arab terhadap Kampanye Militer Haftar ke Tripoli

Foto: Liga Arab

KIBLAT.NET, Ankara – Turki mengkritik diamnya Liga Arab atas berlanjutnya agresi militer pasukan Khalifa Haftar ke ibukota Libya, Tripoli, sejak 4 April 2019. Kritik itu keluar setelah Liga Arab mengeluarkan pernyataan mengutuk segala bentuk penempatan pasukan asing di Libya.

Liga Arab mengeluarkan pernyataan akhir “mencegah campur tangan asing di Libya” dalam pertemuan darurat di tingkat duta besar pada Selasa (31/1/2019) di Mesir. Rapat tersebut digelar di Kairo atas permintaan Mesir.

Kementerian Luar Negeri Turki pun mengkritik hasil rapat darurat tersebut. Tidak ada poin pernyataan yang mengecam agresi militer Haftar ke Tripoli, basis Pemerintah Kesepakatan Nasional (GNA) yang diakui internasional sebagai pemerintah sah di Libya.

“Liga Arab tetap diam melihat serangan pasukan Haftar yang didukung oleh pasukan asing ke Tripoli, serta tidak mendukung legitimasi internasional terhadap pemerintahan di negara tersebut,” kata pernyataan Kemenlu Turki pada Rabu (01/01/2020).

Pernyataan itu menambahkan bahwa Liga Arab menyebut-nyebut Perjanjian Skhirat dan solusi politik dalam pernyataannya itu. Perjanjian tersebut merupakan satu-satunya jaminan untuk memastikan stabilitas di Libya. Sejak awal, Ankara menekankan pentingya menghentikan kekerasan untuk mencapai solusi politik dan memainkan peran aktif serta konstruktif dalam perjalanan konferensi Berlin.

Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa negaranya mengambil langkah baru di Libya dan Mediterania timur. Ia menyampaikan harapannya akan ditekennya kesepakatan sekutu militer Turki pada tahun 2020 sebagaimana pada tahun 2019.
Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki Fatih Donmaz mengkonfirmasi pada Selasa lalu bahwa prosedur perizinan untuk eksplorasi di wilayah Mediterania timur berdasarkan kesepakatan dengan GNA akan dimulai dengan cepat dalam beberapa bulan mendatang.

BACA JUGA  Angka Kematian Akibat Wabah Demam Laksa di Negeria Melonjak

Turki sendiri telah meneken dua perjanjian kerja sama dengan GNA di akhir 2019 kemarin. Dua perjanjian itu, kesepakatan kerjama sama militer dan keamanan serta kesepakatan mengelola sumber daya di Mediterania timur.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Bahas Problematika Dakwah, DSKS Gelar Pertemuan Dai Solo Raya

Mengawali awal tahun 2020, Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) mengadakan acara pertemuan dai Solo raya (Multaqo' Dua'at).

Rabu, 01/01/2020 20:02 0

Indonesia

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Drs. R. Mulyono R. Prabowo M.Sc mengatakan bahwa jajarannya memantau masih terdapat indikasi peningkatan potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia

Rabu, 01/01/2020 13:36 0

Indonesia

MUI Minta Sistem Politik Indonesia Dievaluasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyampaikan tausiyah akhir tahun 2019 sebagai ikhtiar untuk mempersiapkan kehidupan bangsa yang lebih baik.

Rabu, 01/01/2020 13:04 0

Indonesia

Jakarta Banjir, PLN Lakukan Pemadaman Listrik di 724 Wilayah

Hujan mengguyur Jakarta saat malam pergantian tahun dan masih berlangsung sampai pagi yang menyebabkan beberapa wilayah Jakarta terendam banjir.

Rabu, 01/01/2020 12:50 0

Indonesia

MUI Prihatin Masih Ada Umat Islam Rayakan Natal

Majelis Ulama Indonesia prihatin atas pelibatan masyarakat beragama Islam dalam kegiatan ibadah Natal atau dalam rangkaian acara ibadah Natal di gereja.

Rabu, 01/01/2020 12:35 0

Indonesia

MUI Yakin Ekonomi Syariah Bisa Atasi Kesenjangan Antar Masyarakat

Majelis Ulama Indonesia mendorong Pemerintah untuk membuat kebijakan, regulasi dan melaksanakan program kerja yang lebih konkret

Rabu, 01/01/2020 12:27 0

Indonesia

Anies Instruksikan Jajaran Pemprov DKI Jakarta Atasi Banjir

Anies Baswedan menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta bertanggungjawab atas banjir yang terjadi di Jakarta.

Rabu, 01/01/2020 12:13 0

Indonesia

Cuaca Ekstrim, Seluruh Penerbangan dari Halim Dialihkan ke Bandara Soetta

Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta mengakibatkan aktivitas penerbangan di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma lumpuh.

Rabu, 01/01/2020 11:31 0

Indonesia

Walikota Tangsel Larang Warga Hura-hura Saat Pergantian Tahun

Pemerintah Kota Tangerang Selatan mengeluarkan surat edaran nomor 003.5/3457/Pem tentang himbauan menyambut tahun baru 2020

Selasa, 31/12/2019 12:12 0

Artikel

Refleksi Akhir Tahun: Umat Islam Belum Berakhir

Sebuah renungan tentang kondisi umat Islam baik di Indonesia maupun dunia di penghujung tahun 2019.

Senin, 30/12/2019 16:25 0

Close