Serangan Taliban terhadap Pasukan Pemerintah Meningkat

KIBLAT.NET, Kabul – Puluhan pasukan keamanan Afghanistan tewas dalam gelombang baru serangan Taliban dalam beberapa hari terakhir. Taliban melancarkan serangan hampir setiap hari menargetkan pasukan keamanan dan pejabat pemerintah.

Di lansir dari Sky News Arabia pada Rabu (01/01/2020), setidaknya 10 tentara Afghanistan tewas dan empat lainnya luka-luka, dalam serangan terhadap pos pemeriksaan polisi di distrik Dashti Archie, provinsi Kunduz. Serangan itu terjadi pada Selasa malam.

Di malam yang sama di provinsi Balkh, Taliban melumpuhkan sembilan polisi dalam serangan di sebuah pos pemeriksaan.

Mohamed Fadl Hadid, kepala Dewan Balkh, mengatakan bahwa nasib empat polisi lain yang berada di pos pemeriksaan tersebut tidak diketahui.

Serangan ketiga pada malam itu terjadi provinsi Takhar. Jawad Al-Hajri selaku juru bicara gubernur Provinsi Takhar mengatakan, baku tembak dengan Taliban telah menewaskan tujuh anggota pasukan keamanan di negara bagian itu. Sepuluh pejuang Taliban juga terbunuh.

Al-Hajri mengatakan bahwa baku tembak terjadi di distrik Derqad setelah pasukan keamanan berhasil mengusir militan Taliban dari beberapa daerah pada pekan lalu.

Taliban meningkatkan serangan mereka di Afghanistan utara dalam beberapa hari terakhir. Mereka mengebom kompleks pasukan pro-pemerintah di provinsi Jowzjan sebelum fajar pada Senin, dan membunuh 14 tentara pasukan keamanan Afghanistan.

Sebuah kompleks serupa di Takhar juga menjadi sasaran serangan para pejuang Taliban pada Ahad lalu. Setidaknya 17 tewas akibat serangan tersebut. Sebanyak 10 tentara Afghanistan tewas pada Jumat sebelumnya dalam serangan Taliban di sebuah pos pemeriksaan di provinsi Helmand, di selatan negara itu.

Untuk bagiannya, militer AS mengumumkan bahwa serangan udara pasukannya dan operasi pasukan keamanan Afghanistan selama dua hari terakhir telah menewaskan 35 pejuang Taliban, termasuk serangan udara di provinsi Kandahar yang telah menewaskan 11 pejuang Taliban. Militer AS menambahkan bahwa beberapa militan Taliban juga ditangkap.

Sumber: Sky News Arabia
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat