... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Youtuber Mesir Ditangkap Usai Kritik Presiden

Foto: Youtuber Mesir Shady Sorour

KIBLAT.NET, Kairo – Otoritas Mesir telah menangkap seorang komedian daring yang mengkritik Presiden Abdel Fattah El-Sisi dalam sebuah video Youtube. Shady Sorour ditangkap di Bandara Internasional Kairo awal pekan ini setelah kedatangannya dari Amerika Serikat.

Koran berbahasa Arab setempat, Al-Masry Al-Youm melaporkan bahwa ia akan diadili bersama sejumlah terdakwa lainnya. Jaksa menuduh bahwa mereka menghasut protes untuk menggulingkan pemerintah.

Mohamed Lotfy, direktur eksekutif Komisi Hak Asasi Manusia dan Kebebasan, Jumat (27/12/2019), mengatakan bahwa Sorour telah menolak penasihat hukum selama putaran pertama interogasi. Kelompok Lofti telah aktif membela mereka yang ditangkap dalam tindakan keras pemerintah yang sedang berlangsung.

Sorour telah tinggal di luar negeri sejak 2016. Dalam beberapa tahun terakhir, pria berusia 24 tahun ini, yang juga seorang aktor, telah mendapatkan ketenaran di Youtube dengan video satir yang menarik jutaan pemirsa.

Musim gugur yang lalu, ia memposting video berjudul “Cukup El-Sisi” di mana ia mendukung seruan yang dibuat oleh pengusaha Mesir yang diasingkan Mohamed Ali untuk bangkit melawan presiden.

Dalam video itu, Sorour memainkan peran sebagai ayah dan seorang pria muda yang memperdebatkan keadaan negara.

Ali, yang seorang kontraktor, mengatakan telah bekerja dengan militer selama bertahun-tahun. Ia menyebut El-Sisi menyalahgunakan dana publik untuk membangun istana presiden.

Setelah ia menyeru untuk prores, ratusan warga Mesir turun ke jalan pada akhir September dalam sebuah demonstrasi yang jarang terjadi. Sejak itu, pihak berwenang telah menangkap ribuan orang, dan beberapa ratus orang kemudian dibebaskan.

Pada 2013, sebagai menteri pertahanan, El-Sisi memimpin pemecatan militer terhadap presiden pertama yang terpilih secara demokratis di negara itu, Muhammad Mursi.

Sejak menjadi presiden, El-Sisi telah mengawasi penumpasan secara luas terhadap perbedaan pendapat, memenjarakan ribuan.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Doa untuk Uighur Ditolak, Tiga Pihak Akan Tempuh Jalur Hukum

Sebab, massa memberikan tuduhan tak mendasar atas acara tersebut.

Jum'at, 27/12/2019 21:00 0

Indonesia

Gus Nuril Sebut Doa untuk Uighur di Bali Nodai Hari Natal

Pembina Ormas Patriot Garda NKRI (PGN), Gus Nuril Arifin menilai tindakan anggotanya menolak acara "Untukmu Palestina & Uighur Tercinta" di Bali sudah benar.

Jum'at, 27/12/2019 20:37 2

Indonesia

Ormas Binaan Gus Nuril Tolak Acara Doa untuk Uighur dan Palestina

Massa yang dipimpin oleh Panglima Komando PGN, Gus Yadi ini memadati area luar Hotel Princess Keisha Teuku Umar Barat, tempat acara berlangsung.

Jum'at, 27/12/2019 19:43 2

Indonesia

Diguyur Hujan Deras, Peserta Aksi Bela Uighur Shalat Ashar Berjamaah Depan Kedubes China

Aksi bela muslim Uighur di depan Gedung Kedutaan Besar Republik Rakyat China digelar pada hari Jum'at (27/12/2019), dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Salah satu tuntutan peserta aksi adalah ingin bertemu dengan Dubes Cina untuk menyampaikan aspirasinya.

Jum'at, 27/12/2019 16:51 0

Foto

Bikin Merinding, Penampakan Gerhana Matahari 2019 di Berbagai Negara

Ketika kita merujuk kepada sejarah Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, rasa takut dan khawatir juga pernah dialami oleh kaum Muslimin ketika terjadi gerhana. T

Jum'at, 27/12/2019 16:46 0

Indonesia

Aksi Bela Uighur Kembali Digelar di Jakarta

Ratusan umat Islam berkumpul di depan Kantor Kedutaan Besar Republik Rakyat China untuk menyuarakan pembelaan terhadap muslim Uighur di Xinjiang, China.

Jum'at, 27/12/2019 16:34 0

Indonesia

Bertemu Dubes Cina, MUI Sampaikan Soal Uighur dan TKA

Cina ingin memperbaiki hubungan dengan Indonesia. Hal itu disampaikan Duta Besar Republik Rakyat Cina kepada Dr Anwar Abbas

Jum'at, 27/12/2019 13:58 0

Indonesia

Pemerintah Diminta Hapus Pembukaan UUD 1945 Jika Tak Peduli Uighur

Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Anwar Abbas, dengan tidak ikut campurnya pemerintah terhadap masalah Uighur,

Jum'at, 27/12/2019 13:38 0

Indonesia

Sekjen MUI: Jika Kebebasan Beragama Dilanggar, Wajar Muslim Uighur Ingin Merdeka

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Dr. Anwar Abbas menilai wajar jika kemudian Rakyat Uighur ingin merdeka dari Cina.

Jum'at, 27/12/2019 13:31 0

Indonesia

Komisi I: Pemerintah Harus Nyatakan Sikap Soal Uighur

Abdul Kharis meminta pemerintah untuk menyatakan sikap agar Cina tidak membatasi warganya yang ingin beragama dan mengekspresikan agamanya.

Jum'at, 27/12/2019 13:04 0

Close