Latihan Gabungan Angkatan Laut China, Rusia dan Iran Digelar di Teluk Oman

KIBLAT.NET, Muskat – China, Rusia dan Iran menggelar latihan militer maritim gabungan pada Jumat (27/12/2019) di Teluk Oman. Hal itu diumumkan oleh Beijing dan Teheran. Latihan ini digelar menyusul meningkatnya ketegangan di kawasan itu sejak AS menarik diri dari perjanjian nuklir Iran.

Kepada wartawan pada Kamis (26/12/2019), juru bicara Kementerian Pertahanan Tiongkok Wu Qian mengatakan bahwa latihan militer, yang dijadwalkan berlangsung 27-30 Desember ini, ditujukan untuk “memperdalam kerja sama antara angkatan laut ketiga negara.”

Wu menambahkan, angkatan laut Tiongkok akan mengerahkan kapal perusak rudal berpemandu “Xining”, yang dikenal dengan kapal pembawa pesawat karena membawa persenjataan rudal anti serangan kapal.

Tetapi dia tidak memberikan rincian jumlah tentara dan kapal yang berpartisipasi secara total.

Pada gilirannya, kepala juru bicara angkatan bersenjata Iran, Brigadir Abu Al-Fadl Shukarji, menekankan bahwa bagi Iran, latihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan “keamanan perdagangan internasional di kawasan” dan “memerangi terorisme dan pembajakan”.

Kantor berita resmi Iran mengutip pernyataannya pada Rabu (25/12/2019) mengatakan bahwa latihan itu akan mengarah pada “situasi keamanan yang stabil.”

Amerika Serikat memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran pada Mei tahun lalu setelah negara itu menarik diri dari perjanjian internasional yang bertujuan mengekang program nuklir Iran. Hal itu mendorong Teheran untuk mengambil tindakan balasan.

Sementara negara lain (China, Rusia, Inggris, Prancis dan Jerman) yang menandatangani perjanjian pada 2015 itu masih memegang kesepakatan tersebut.

Menteri luar negeri China mengatakan latihan itu adalah bagian dari “kerja sama militer biasa” antara ketiga negara.

Pada Juni, Presiden AS Donald Trump mengizinkan serangan militer terhadap Iran sebagai tanggapan atas jatuhnya sebuah pesawat AS, sebelum mencabut langkah itu pada menit terakhir.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat