... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

MUI Dukung Aksi Bela Uighur

Foto: Dr Anwar Abbas, Sekjen MUI (Kiblat/Jundi)

KIBLAT.NET, Jakarta – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia, Dr Anwar Abbas tegas mengungkapkan MUI akan mendukung aksi pembelaan terhadap Muslim Uighur. Menurut Abbas, Umat Islam seperti satu tubuh. Jika ada muslim yang didiskriminasi, ditindas, dan dikurangi haknya, maka sudah sewajarnya umat islam di tempat lain bersuara.

“Karena umat Islam di Uighur didiskriminasi, dicabut hak-haknya sebagai manusia yang memiliki kebebasan beragama, ya tentu saja umat Islam di Indonesia bicara. MUI jelas mendukung sekali itu,” ujar Abbas ditemui Kiblat.net di ruangannya, Kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis (26/12/2019).

Menurut Abbas, sudah sewajarnya umat Islam Indoesia meminta pemerintah Cina untuk memberikan hak rakyat Uighur untuk melaksanakan ajaran agama sesuai keyakinannya.

“Aksi itu kan untuk supaya hak mereka ditegakkan oleh pemerintah Cina, ya harus dukung, masa gak dukung,” ujarnya.

Bukan hanya untuk Muslim Uighur, Abbas menyebut MUI juga akan membela umat agama lain yang tidak diberikan hak beragamanya, sebagai bentuk penghormatan.

“Misalkan ini nanti terjadi di salah satu negara ada hak beragama dari non Islam diganggu dan terganggu, maka MUI juga akan membela mereka. Karena hak beragama itu harus dihormati kan,” ujarnya.

Untuk aksi akbar di depan Kedubes Cina besok setelah Sholat Jum’at, Abbas meminta pemerintah untuk menghormati para peserta aksi dan penyelenggaranya, karena mengungkapkan pemikiran, perasaan di muka umum dijamin Undang-undang.

BACA JUGA  Hina Moeldoko Lewat FB, Muhammad Basmi Diciduk Polisi

“Besok mereka akan berbicara menyampaikan pendapatnya. Ya menurut saya negara harus menghormati. Cuma pesan MUI, lakukanlah demo itu dengan memperhatikan Undang-undang serta peraturan yang ada,” ujarnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Arju


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Timur Tengah

Parlemen Dorong Pemerintah Kuwait Bantu Muslim Uighur dan India

Anggota parlemen Kuwait telah meminta pemerintah mereka untuk turun tangan menghentikan penganiayaan terhadap Muslim di Turkistan Timur dan India.

Kamis, 26/12/2019 11:37 0

Suriah

Hampir 1.000 Aktivis Kemanusiaan Tewas di Tangan Rezim Suriah dan Rusia

"Sebanyak 979 pekerja kemanusiaan, 882 di antaranya dibunuh oleh rezim Assad dan 97 oleh Rusia pada Maret 2011-Desember 2019," kata lembaga itu.

Kamis, 26/12/2019 11:00 0

Iran

Iran Gelar Latihan Angkatan Laut Gabungan Bersama Rusia dan China

Iran Gelar Latihan Angkatan Laut Gabungan Bersama Rusia dan China

Kamis, 26/12/2019 10:11 0

Suriah

Dua Ratus Ribu Lebih Warga Idlib Mengungsi Akibat Eskalasi Terbaru Militer Suriah

ratusan ribu pengungsi itu berasal sekitar 250 desa dan kota. Seentara sebanyak 252 warga sipil, termasuk 79 anak-anak, tewas akibat eskalasi militer Suriah terbaru itu.

Kamis, 26/12/2019 09:01 0

China

China Akan Ubah Penafsiran Buku-buku Keagamaan Sesuai Ideologi Komunis

Wang menekankan bahwa otoritas agama harus mengikuti arahan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan menjelaskan berbagai ideologi agama yang sejalan dengan "nilai-nilai fundamental partai" dan "persyaratan zaman".

Kamis, 26/12/2019 08:25 0

Iran

Seruan Aksi Turun ke Jalan Kembali Menggema di Iran, Jaringan Internet Dibatasi

"Pembatasan internet untuk mengakses aktivitas internasional ini hanya untuk saluran telepon seluler," kata sumber tersebut.

Kamis, 26/12/2019 07:41 0

Suriah

Rezim Assad dan Serangan Rusia Tewaskan Hampir 1.000 Relawan Kemanusiaan

Rezim Assad juga diketahui menargetkan fasilitas dan kendaraan para relawan kemanusiaan sebanyak 1.044 kali, sedangkan pasukan Rusia sebanyak 403 kali.

Rabu, 25/12/2019 19:08 0

Mesir

Persatuan Ulama Al-Azhar Serukan “Jumat Kemarahan dan Dukungan” untuk Uighur

Para Ulama juga mengecam diamnya dunia global atas kejahatan yang menimpa orang-orang Muslim Uighur yang tidak berdaya menghadapi pemerintah China.

Rabu, 25/12/2019 16:17 0

China

Cina Berencana Revisi Quran dan Bible Agar Sesuai Dengan Ideologi Komunis

Nantinya, edisi baru tidak boleh mengandung konten apapun yang bertentangan dengan ideologi Partai Komunis. Teks yang dianggap bermasalah akan diganti atau diterjemahkan ulang.

Rabu, 25/12/2019 13:54 0

Malaysia

Ditangkap, Pria Malaysia Campur Narkoba dalam Es Kristal

Pria ini menyewa rumah untuk dijadikan pabrik pembuatan narkoba dicampur es kristal.

Rabu, 25/12/2019 13:08 0

Close
CLOSE
CLOSE