... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Iran Gelar Latihan Angkatan Laut Gabungan Bersama Rusia dan China

Foto: Kapal-kapal angkatan laut Iran mengambil bagian dalam parade angkatan laut pada hari terakhir pertandingan perang Velayat-90 di Laut Oman dekat Selat Hormuz di lepas Iran selatan. (Foto Reuters)

KIBLAT.NET, Teheran – Angkatan bersenjata Iran akan mengadakan latihan bersama selama empat hari bersama Rusia dan China di bagian utara Samudra Hindia. Latihan akan dimulai pada hari Sabtu (27/12/2019).

Ini akan menjadi latihan militer trilateral pertama ketika Teheran berusaha untuk meningkatkan kerja sama militer dengan Beijing dan Moskow di tengah sanksi ekonomi oleh Washington. Kunjungan ke Iran oleh perwakilan angkatan laut Rusia dan China juga meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Juru bicara militer Iran Jenderal Abolfazl Shekarchi mengatakan, latihan bersama bertujuan mempromosikan keamanan regional, dan akan meluas hingga ke Laut Oman. Latihan tersebut dipandang sebagai respons terhadap manuver AS baru-baru ini dengan sekutu regionalnya Arab Saudi, di mana China juga berpartisipasi.

Di tengah meningkatnya ketegangan baru-baru ini di Teluk Persia, termasuk serangan terhadap kapal minyak dan serangan rudal-dan-drone pada industri minyak Saudi, AS telah mengirim sejumlah pasukannya ke wilayah tersebut dan sistem pertahanan rudal tambahan ke Saudi.

AS menyebut bahwa Iran melakukan serangan September terhadap pengolah minyak terbesar dunia di kerajaan dan ladang minyak, yang menyebabkan harga minyak melonjak dengan persentase terbesar sejak Perang Teluk 1991. Sementara pemberontak Hutsi sekutu Iran mengklaim serangan itu, di mana Arab Saudi menyebutnya mendapat sponsor Iran.

Iran telah membantahnya dan memperingatkan bahwa serangan balasan akan menimbulkan “perang habis-habisan.” Teheran telah mulai memperkaya uranium di luar ketentuan perjanjian nuklir 2015 dengan kekuatan dunia, yang ditarik secara sepihak AS dari lebih dari setahun yang lalu.

Pada tahun 2017, Iran melakukan latihan bersama angkatan laut dengan China di dekat Selat Hormuz yang strategis di Teluk Persia, sebuah lorong yang menjadi jalur hampir sepertiga dari semua minyak yang diperdagangkan melalui laut.

Sumber: Daily Sabah
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Ustadz Abu Fatiah Al-Adnani Jelaskan Tantangan Pendidik di Akhir Zaman

Dai nasional, Ustadz Abu Fatiah Al-adnani memaparkan tantangan pendidik di akhir zaman.

Rabu, 25/12/2019 22:12 0

Indonesia

Ustadz Farid Okbah: Tujuan Pendidikan adalah Melahirkan Generasi Rabbani

Ketua Yayasan Pesantren Tinggi Al-Islam, Ustadz Farid Ahmad Okbah menegaskan bahwa tugas para pendidik adalah menciptakan generasi rabbani.

Rabu, 25/12/2019 21:36 0

Fikih

Hukum Mengucapkan Selamat Natal dalam Mazhab Syafi’i

Di penghujung bulan Desember hal yang selalu menjadi polemik adalah hukum seorang muslim mengucapkan selamat natal yang notabene hari raya umat kristiani.

Selasa, 24/12/2019 16:35 0

Indonesia

Umat Islam Bandung Gelar Aksi Bela Uighur

Sejumlah ormas Islam di Bandung, Jawa Barat yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (AKAB) menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur

Selasa, 24/12/2019 14:31 0

Indonesia

Tak Indahkan Sanksi Administratif, Warga Desak PT RUM Diberi Tindakan Tegas

Forum Warga Terdampak PT. RUM (RATA PT. RUM) kembali mengadakan aksi di depan kantor Bupati Sukoharjo pada Senin (23/12/19).

Senin, 23/12/2019 16:45 0

Indonesia

PT RUM Kembali Didemo, Warga Minta Izin Lingkungan Dicabut

Ratusan warga terdampak bau busuk limbah PT Rayon Utama Makmur (RUM) Nguter, Sukoharjo, kembali mengadakan aksi di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo

Senin, 23/12/2019 16:16 0

Indonesia

Pemerintah Beda Pendapat Terkait Uighur, Pengamat: Ada yang Salah

Pemerintah dalam hal ini Mekopolhukam, Mahfud MD dan Kepala KSP Moeldoko berpeda pendapat soal Uighur.

Senin, 23/12/2019 15:30 1

Indonesia

Fraksi PKS DPRD Sulteng Ajak Masyarakat Membela Muslim Uighur

Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan sejumlah sikap terkait masalah yang terjadi di Uighur.

Senin, 23/12/2019 15:13 0

Indonesia

Soal Konflik Uighur, Moeldoko Tegaskan Pemerintah RI Tak Akan Ikut Campur

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyatakan pemerintah Indonesia tak akan ikut campur terkait masalah muslim Uighur di Xinjiang, China. Ia menyebut hal tersebut merupakan urusan dalam negeri China dan masing-masing negara punya caranya sendiri dalam mengatur urusan dalam negeri.

Senin, 23/12/2019 15:00 0

Indonesia

Soal Uighur, Mahfud MD Sebut Pemerintah Akan Tempuh Diplomasi Lunak

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara soal penindasan terhadap muslim Uighur di Xinjiang, China. Ia menegaskan bahwa sejak dulu Pemerintah Indonesia berusaha menjadi penengah dan mencari jalan terbaik terkait persoalan tersebut.

Senin, 23/12/2019 14:07 0

Close