... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ribuan Muslim Ethiopia Protes Usai Empat Masjid Dibakar

Foto: Muslim Ethiopia saat Menggelar aksi protes

KIBLAT.NET, Addis Ababa – Ribuan Muslim di seluruh Ethiopia dalam beberapa hari terakhir mengadakan aksi protes atas pembakaran empat masjid di wilayah Amhara.

Jumat lalu, di kota Motta, sekitar 350 km (217 mil) utara ibukota Addis Ababa, terjadi serangan yang menargetkan tempat bisnis milik Muslim, termasuk masjid. Para pemrotes menyerukan para pelaku untuk diadili.

Perdana Menteri Abiy Ahmed menyebut serangan itu sebagai “upaya para ekstremis untuk menghancurkan sejarah toleransi dan koeksistensi agama”. Baru-baru ini marak kerusuhan berbasis etnis di beberapa tempat yang tak jarang bermotif agama.

Intelektual Muslim terkemuka Kamil Shemsu, Selasa (24/12/2019), mengatakan ada aktor politik yang ingin mengadu domba satu kelompok agama dengan yang lain. Menurutnya, hal itu juga disulut dengan sejumlah video kejadian yang diedarkan secara online.

Pejabat daerah Amhara mengatakan mereka telah menangkap 15 tersangka sehubungan dengan serangan terhadap masjid. Komandan polisi Jemal Mekonnen mengatakan bahwa serangan itu tampaknya dipicu oleh berita tentang kebakaran yang meletus di sebuah gereja Ortodoks beberapa hari sebelumnya.

Para pejabat regional dikritik karena tanggapan mereka yang lambat dan ketidakmampuan mereka untuk menghentikan serangan serupa.

Banyak komunitas di seluruh Ethiopia,  termasuk Addis Ababa, melakukan aksi demonstrasi.

Perselisihan Agama

Kekerasan etnis telah menjadi masalah terus-menerus di bawah kepemimpinan Abiy. Kerusuhan baru-baru ini tampaknya setidaknya sebagian dimotivasi oleh agama.

Selama beberapa hari, kekerasan di wilayah Oromia pada bulan Oktober menewaskan lebih dari 80 orang, selain serangan terhadap masjid dan gereja-gereja Kristen Ortodoks.

BACA JUGA  Manajer Perusahaan Telekomunikasi Somalia Jadi Korban Serangan Udara AS

Para analis memperingatkan bahwa konflik yang tampaknya berakar pada agama seringkali juga dibentuk oleh perselisihan tentang penggunaan lahan, etnisitas dan masalah lainnya.

Umat Islam menempati sekitar sepertiga dari populasi Ethiopia dengan 110 juta jiwa. Kemudian Kristen Ortodoks sebesar 40 persen, menurut sensus terakhir yang dilakukan pada 2007.

Jumlah Muslim jauh lebih sedikit di Amhara, wilayah terpadat kedua di Ethiopia. Kristen Ortodoks berjumlah lebih dari 80 persen di wilayah itu.

Serangan terhadap masjid-masjid mendapat kecaman Gereja Ortodoks dan Dewan Tertinggi Urusan Islam Ethiopia.

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Hukum Mengucapkan Selamat Natal dalam Mazhab Syafi’i

Di penghujung bulan Desember hal yang selalu menjadi polemik adalah hukum seorang muslim mengucapkan selamat natal yang notabene hari raya umat kristiani.

Selasa, 24/12/2019 16:35 0

Indonesia

Umat Islam Bandung Gelar Aksi Bela Uighur

Sejumlah ormas Islam di Bandung, Jawa Barat yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (AKAB) menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur

Selasa, 24/12/2019 14:31 0

Indonesia

Tak Indahkan Sanksi Administratif, Warga Desak PT RUM Diberi Tindakan Tegas

Forum Warga Terdampak PT. RUM (RATA PT. RUM) kembali mengadakan aksi di depan kantor Bupati Sukoharjo pada Senin (23/12/19).

Senin, 23/12/2019 16:45 0

Indonesia

PT RUM Kembali Didemo, Warga Minta Izin Lingkungan Dicabut

Ratusan warga terdampak bau busuk limbah PT Rayon Utama Makmur (RUM) Nguter, Sukoharjo, kembali mengadakan aksi di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo

Senin, 23/12/2019 16:16 0

Indonesia

Pemerintah Beda Pendapat Terkait Uighur, Pengamat: Ada yang Salah

Pemerintah dalam hal ini Mekopolhukam, Mahfud MD dan Kepala KSP Moeldoko berpeda pendapat soal Uighur.

Senin, 23/12/2019 15:30 1

Indonesia

Fraksi PKS DPRD Sulteng Ajak Masyarakat Membela Muslim Uighur

Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan sejumlah sikap terkait masalah yang terjadi di Uighur.

Senin, 23/12/2019 15:13 0

Indonesia

Soal Konflik Uighur, Moeldoko Tegaskan Pemerintah RI Tak Akan Ikut Campur

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyatakan pemerintah Indonesia tak akan ikut campur terkait masalah muslim Uighur di Xinjiang, China. Ia menyebut hal tersebut merupakan urusan dalam negeri China dan masing-masing negara punya caranya sendiri dalam mengatur urusan dalam negeri.

Senin, 23/12/2019 15:00 0

Indonesia

Soal Uighur, Mahfud MD Sebut Pemerintah Akan Tempuh Diplomasi Lunak

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara soal penindasan terhadap muslim Uighur di Xinjiang, China. Ia menegaskan bahwa sejak dulu Pemerintah Indonesia berusaha menjadi penengah dan mencari jalan terbaik terkait persoalan tersebut.

Senin, 23/12/2019 14:07 0

Artikel

Benang Kusut Label ‘Radikal’ dan Pembelahan Masyarakat

Apakah selama ini, puluhan tahun Indonesia berdiri, telah terjadi kesalahan penyampaian ajaran agama Islam yang justru dibuat sendiri oleh pemerintah? Apakah berderet Menteri Agama yang telah menjabat selama ini, telah lengah mengawasi bahkan menyetujui konten yang ternyata bermasalah?

Ahad, 22/12/2019 13:19 0

Indonesia

GUIB Jatim: Rakyat Kecewa Atas Diamnya Pemerintah Soal Uighur

- Gerakan Umat Islam Bersatu Jawa Timur (GUIB Jatim) mendesak pemerintah Indonesia agar bersikap tegas dalam upaya menghentikan pelanggaran HAM atas muslim Uighur di Xinjiang, Cina.

Sabtu, 21/12/2019 14:30 0

Close