... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Persatuan Ulama Al-Azhar Serukan “Jumat Kemarahan dan Dukungan” untuk Uighur

Foto: Jutaan orang Uighur ditahan di kamp konsentrasi Cina. (Ilustrasi)

KIBLAT.NET, Kairo – Persatuan Ulama Al-Azhar mengecam keras tindakan “genosida” China terhadap jutaan Muslim Uighur di Xinjiang. Pernyataan diikuti seruan agar umat Islam di dunia tidak tinggal diam atas perlakuan yang menimpa saudaranya tersebut.

“Hal ini didasarkan pada firman Allah Ta’ala, ‘Orang-orang beriman itu bersaudara (Al-Hujurat: 10), dan hadits Nabi ﷺ, “Orang beriman seperti bangunan, saling menguatkan satu sama lain.’,” demikian dikeluarkan Persatuan Ulama Al-Azhar dalam rilisnya pada Ahad (22/12/2019).

Persatuan Ulama Al-Azhar merasa bertanggung jawab atas kondisi Muslim Uighur. Pemerintah China telah membunuh, menyiksa, menghancurkan masjid-masjid, membakar Al-Qur’an, menyita harta benda, dan memaksa Uighur untuk meninggalkan kepercayaan mereka.

Para Ulama juga mengecam diamnya dunia global atas kejahatan yang menimpa orang-orang Muslim Uighur yang tidak berdaya menghadapi pemerintah China.

“(Kami) menuntut lembaga-lembaga internasional dan negara Islam untuk meninggalkan diamnya mereka, yang mengarah pada lebih banyak genosida dan pembunuhan, dan bergerak cepat untuk menyelamatkan Muslim Uighur,” kata para ulama Al-Azhar.

“(Juga kepada) para ulama, imam, dan pengkhotbah untuk mengingatkan umat Islam tentang masalah (Uighur) ini.”

Untuk itu, Persatuan Ulama Al-Azhar menyeru pada hari Jumat mendatang agar menjadi “hari Jumat kemarahan dan dukungan bagi Muslim Uighur di depan kedutaan besar China dan lembaga internasional.”

“Umat Islam di dunia agar mengangkat penderitaan Muslim Uighur dengan semua dukungan baik material dan moral dan memboikot barang-barang China,” kata pernyataan itu.

BACA JUGA  Polisi "Salah Tembak" 3 Warga Sipil, DPRD Akan Gelar RDP dengan Kapolda Sulteng

“Kami mengatakan kepada saudara-saudara dan keluarga kami di Turkistan Timur: ‘Bersabarlah, bersabarlah, dan ribatlah, dan takutlah terhadap Allah supaya Engkau mendapat kemenangan.’ (Ali-Imran: 200).”

Reporter: Ibas Fuadi
Editor: M. Rudy


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Fikih

Hukum Mengucapkan Selamat Natal dalam Mazhab Syafi’i

Di penghujung bulan Desember hal yang selalu menjadi polemik adalah hukum seorang muslim mengucapkan selamat natal yang notabene hari raya umat kristiani.

Selasa, 24/12/2019 16:35 0

Indonesia

Umat Islam Bandung Gelar Aksi Bela Uighur

Sejumlah ormas Islam di Bandung, Jawa Barat yang tergabung dalam Aliansi Kemanusiaan yang Adil dan Beradab (AKAB) menggelar aksi solidaritas untuk Muslim Uighur

Selasa, 24/12/2019 14:31 0

Indonesia

Tak Indahkan Sanksi Administratif, Warga Desak PT RUM Diberi Tindakan Tegas

Forum Warga Terdampak PT. RUM (RATA PT. RUM) kembali mengadakan aksi di depan kantor Bupati Sukoharjo pada Senin (23/12/19).

Senin, 23/12/2019 16:45 0

Indonesia

PT RUM Kembali Didemo, Warga Minta Izin Lingkungan Dicabut

Ratusan warga terdampak bau busuk limbah PT Rayon Utama Makmur (RUM) Nguter, Sukoharjo, kembali mengadakan aksi di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo

Senin, 23/12/2019 16:16 0

Indonesia

Pemerintah Beda Pendapat Terkait Uighur, Pengamat: Ada yang Salah

Pemerintah dalam hal ini Mekopolhukam, Mahfud MD dan Kepala KSP Moeldoko berpeda pendapat soal Uighur.

Senin, 23/12/2019 15:30 1

Indonesia

Fraksi PKS DPRD Sulteng Ajak Masyarakat Membela Muslim Uighur

Fraksi PKS DPRD Provinsi Sulawesi Tengah menyatakan sejumlah sikap terkait masalah yang terjadi di Uighur.

Senin, 23/12/2019 15:13 0

Indonesia

Soal Konflik Uighur, Moeldoko Tegaskan Pemerintah RI Tak Akan Ikut Campur

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko menyatakan pemerintah Indonesia tak akan ikut campur terkait masalah muslim Uighur di Xinjiang, China. Ia menyebut hal tersebut merupakan urusan dalam negeri China dan masing-masing negara punya caranya sendiri dalam mengatur urusan dalam negeri.

Senin, 23/12/2019 15:00 0

Indonesia

Soal Uighur, Mahfud MD Sebut Pemerintah Akan Tempuh Diplomasi Lunak

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD angkat bicara soal penindasan terhadap muslim Uighur di Xinjiang, China. Ia menegaskan bahwa sejak dulu Pemerintah Indonesia berusaha menjadi penengah dan mencari jalan terbaik terkait persoalan tersebut.

Senin, 23/12/2019 14:07 0

Artikel

Benang Kusut Label ‘Radikal’ dan Pembelahan Masyarakat

Apakah selama ini, puluhan tahun Indonesia berdiri, telah terjadi kesalahan penyampaian ajaran agama Islam yang justru dibuat sendiri oleh pemerintah? Apakah berderet Menteri Agama yang telah menjabat selama ini, telah lengah mengawasi bahkan menyetujui konten yang ternyata bermasalah?

Ahad, 22/12/2019 13:19 0

Indonesia

GUIB Jatim: Rakyat Kecewa Atas Diamnya Pemerintah Soal Uighur

- Gerakan Umat Islam Bersatu Jawa Timur (GUIB Jatim) mendesak pemerintah Indonesia agar bersikap tegas dalam upaya menghentikan pelanggaran HAM atas muslim Uighur di Xinjiang, Cina.

Sabtu, 21/12/2019 14:30 0

Close