Umat Islam Palu Turut Gelar Aksi Solidaritas Uighur

KIBLAT.NET, Palu – Forum Umat Islam (FUI) Sulawesi Tengah bersama dengan sejumlah elemen dan ormas yang ada di Kota Palu melakukan Aksi mengecam tindakan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh Pemerintah Cina kepada muslim Uighur.

Aksi tersebut digelar didepan Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Tengah usai shalat Jumat (20 Desember 2019). Massa aksi pun langsung diterima oleh beberapa perwakilan DPRD Provinsi Sulteng dari Fraksi PKS dan PKB.

Pimpinan Presidium FUI Sulteng, Ustadz Hartono meminta seluruh anggota DPRD Provinsi Sulawesi tengah untuk menandatangani petisi yang mengecam aksi Genosida yang dilakukan Rezim Cina kepada Muslim Uighur.

Ia juga mengatakan urusan Uighur bukan hanya urusan Umat Islam secara khusus. Akan tetapi juga menjadi urusan dunia sebab apa yang terjadi menimpa etnis muslim Uyghur sudah menjadi pelanggaran HAM berat.

“Kami kesini meminta dengan melalui DPRD untuk mengambil sikap sebagai perwakilan dari Sulawesi Tengah bahwa Umat Islam yang ada di Sulawesi Tengah khususnya Kota Palu mengecam apa yang dilakukan Cina terhadap Etnis muslim Uyghur”, Ungkap Hartono.

Sementara itu Ketua Madina Cabang Palu, Ustadz Ali Firdaus menyebutkan persaudaraan antara muslim yang ada di Indonesia maupun di Uighur tidak akan putus hanya karena adanya batas-batas negara. “Persaudaraan kita dengan muslim Uyghur tidak akan pernah putus,” sebutnya.

Aksi tersebut berakhir sekitar pukul 17.30 WITA serta massa aksi pun bubar dengan tertib tanpa meninggalkan sampah bekas minum maupun makanan para peserta aksi.

BACA JUGA  Sistem Demokrasi Liberal Bikin Hoaks Makin Marak

Reporter Salam Abdurrahman
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat