OKI Akan Kirim Delegasi Kunjungi Uighur

KIBLAT.NET, Jakarta – Organisasi Konferensi Islam (OKI) menyebut dalam waktu dekat, akan ada delegasi yang akan mengunjungi Muslim Uighur di Xinjiang, Cina.

Hal itu diungkapkan oleh Dr Bashir Ansari, Direktur Departemen Dialog dan Penjangkauan OKI. Meskipun begitu, OKI sudah pernah memuat laporan terkait Uighur.

“Apapun yang terjadi di dunia, OKI punya mekanismenya. Ada laporan-laporan yang diterbitkan OKI. Dan terkait Uighur di Xinjiang, di website OKI sudah ada laporan yang antara lain mengandung informasi dan posisi atau pandangan OKI tentang yang terjadi di Xinjiang,” ujar Bashir ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (19/12/2019).

“Akan ada perkembangan terkini terkait dengan Muslim Uighur, kami mendengar akan ada delegasi yang akan mengunjungi Uighur dengan segera,” lanjutnya.

Ketika ditanyai lebih lanjut soal kedatangan OKI ke Uighur, Bashir enggan berkomentar. Pasalnya, kedatangan OKI di Indonesia beberapa hari terakhir adalah untuk mengadakan dialog antara pemuka agama terkait permasalahan umat Muslim dan umat Buddha.

Ditegaskan kembali, masalah Uighur dirasa Bashir tidak berhak disampaikannya, karena ada departemen politik di OKI yang menurut Bashir lebih berwenang.

“Masalah Uighur Cina, kalau dalam sistem OKI ditangani oleh departemen political affairs. Jadi yang lebih punya otoritas untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam ini termasuk isu terkini Uighur, kawan-kawan kita di departemen politik,” ujarnya.

Dodik Ariyanto, anggota departemen Dialog dan Penjangkauan OKI menambahkan, sebelumnya pernah ada delegasi dari OKI yang berkunjung ke Xinjiang untuk melihat Uighur dari dekat.

BACA JUGA  Habib Hanif: HRS Sudah Bayar Denda Administratif

“Laporan terkini mengenai itu mungkin akan bisa didapat setelah ada laporan dari delegasi yang akan mengunjungi Uighur dalam waktu dekat itu,” terangnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat