Dubes Indonesia di Cina Diminta Transparan Soal Kondisi Muslim Uighur

KIBLAT.NET, Solo – Surawijara, Divisi Advokat Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS) meminta Kedutaan Besar Indonesia yang ada di Cina untuk memberikan informasi yang transparan dan jelas akan kondisi Muslim Uighur yang ada di Xinjiang.

Menurutnya, permintaan tersebut untuk mengingatkan kepada kaum Muslimin yang ada di Indonesia agar mengetahui kekejaman yang dilakukan oleh pemerintahan Cina kepada etnis Muslim Uighur.

“Sehingga kami yang ada di Indonesia ini itu mengetahui bahwa saudara-saudara kami yang ada di China itu mendapat perlakuan-perlakuan yang tidak baik di sana,” ujarnya kepada Kiblat.net di Bundaran Geladak pada Jumat (20/12/19)..

Maka dengan itu, lanjutnya, ketika memberikan berita yang tidak seimbang dan juga berita yang transparan warga Indonesia bisa bersikap. Sehingga dengan adanya perihal tersebut, ia juga ingin difasilitasi untuk bisa mengirim bantuan ke Muslim Uighur, baik bantuan bahan pokok makanan atau obat-obatan.

“Ini penting sekali, karena kami tidak bisa melakukan bantuan yang lain kecuali kami mengumpulkan obat-obatan maupun bahan makanan yang bisa dikirimkan ke sana,” katnaya.

Selebihnya, jika hal tersebut bisa dikondisikan. maka Indonesia akan bisa manjadi penengah, atau membantu untuk negera-negara Muslim lainnya. “Makanya kita membutuhkan diplomatiknya pemerintah yang tegas dan jelas,” tutupnya.

Reporter: Reno
Editor: Izhar Zulfikar

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat