... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

OKI dan KAICIID Gelar Dialog Agama Buddha dan Islam Tingkat Regional

Foto: Dr Debbie Affianty

KIBLAT.NET, Jakarta – Sedikitnya 65 pemuka agama dan stakeholder menghadiri dialog antar agama Islam dan Buddha di hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Dialog yang digelar selama dua hari sejak tanggal 18 ini guna mencegah terjadinya konflik di tengah masyarakat yang disebabkan oleh ujaran kebencian.

Hal itu diungkapkan Dr Debbie Affianty, peserta dialog perwakilan dari PP Muhammadiyah. Debbie yang didapuk menjadi pembicara konferensi pers mengungkapkan, selama dua hari ini, dialog antar pemuka agama ini berfokus pada tiga aspek.

“Fokus workshop ini adalah mencegah ujaran kebencian, membangun pendidikan inklusif, dan melindungi tempat ibadah masing-masing agama,” ujar Debbie, Kamis (19/12/2019).

Debbie menjelaskan, workshop ini menggagas ide bahwa masing-masing pemuka agama Buddha dan Islam perlu melakukan dialog untuk mencegah adanya konflik atau gesekan di bawah, masyarakat mereka.

“Nantinya diharapkan akan ada aksi-aksi di tingkat nasional di masing-masing negara, ada Indonesia, Malaysia, Thailand, Myanmar dan Srilanka,” ujarnya.

Lebih lanjut, Debbie menjelaskan bahwa salah satu hal yang diantisipasi adalah perihal ujaran kebencian di masyarakat. Baik secara online di media sosial, maupun secara offline dalam acara-acara keagamaan misalnya.

“Bahwa kita semua merasa dengan dialog kita akhirnya sama-sama tahu, permasalah dibawah itu bisa dicegah sedini mungkin lewat kerjasama antar pemuka agama, masyarakat dan pemerintah,” ujarnya.

Dari workshop ini, masing-masing 5 negara merumuskan 5 langkah di dalam negerinya, dan 2 langkah diusulkan ke tingkat regional baik Asia Selatan maupun Asia Tenggara.

BACA JUGA  Syaikh Ali Jaber Ditusuk, Komisi VIII: Indonesia Darurat Perlindungan Tokoh Agama

OKI dan KICIID sudah sering menggelar dialog antar agama, seperti Muslim-Kristen, Cina dengan dunia muslim, Hindu dengan Islam. Tema Buddha-Islam sendiri sudah pernah digelar pertama kali di Bangkok.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Uyghur dan Gurita Propaganda Pemerintah Cina

"Apakah dengan mengundang tokoh-tokoh dari ketiga ormas ke Uighur China lalu ketiga ormas itu akan melemah kepada pemerintah China? Tidak," kata Anwar.

Kamis, 19/12/2019 21:27 0

Malaysia

Lima Topik Utama dalam KTT Muslim Malaysia

Mereka akan membahas masalah-masalah seperti Islamofobia dan kemiskinan.

Kamis, 19/12/2019 15:58 0

News

Facebook Tahu Posisi Nyata Pengguna Meski Palsukan Data Lokasi

Facebook dapat menentukan di mana pengguna berada, sekalipun mereka memilih untuk tidak dilacak keberadaannya.

Kamis, 19/12/2019 14:25 0

Eropa

Quebec Larang Pegawai Negeri Kenakan Jilbab, Umat Muslim Protes

Beberapa Muslim mengatakan mereka telah ditolak ketika mengajar karena tidak melepas jilbab mereka.

Kamis, 19/12/2019 14:11 0

Amerika

DK PBB Terpecah Soal Penyaluran Bantuan Kemanusiaan ke Suriah

Namun, para diplomat melaporkan bahwa Rusia pada Senin lalu menyampaikan kepada sekutunya di DK PBB akan membuat resolusi tandingan.

Kamis, 19/12/2019 08:57 0

Arab Saudi

Arab Saudi Kritik KTT Islam Kuala Lumpur

Sebuah sumber Saudi mengatakan bahwa Kerajaan telah menerima undangan untuk hadir tetapi tidak akan hadir, kecuali KTT diadakan di bawah naungan OKI.

Kamis, 19/12/2019 07:51 0

China

Akibat Dukung Uighur, Karakter Mesut Ozil Dihapus dari Game PES 2020 Versi Cina

Distributor PES di Cina, NetEase menyatakan bahwa mereka akan menghapus karakter Ozil dari 3 varian game yang ada termasuk PES 2020 Mobile.

Kamis, 19/12/2019 07:05 0

India

Pengadilan Tinggi India Tolak Batalkan UU Kewarganegaraan Anti-Muslim

Sekitar 200 juta Muslim khawatir undang-undang itu adalah bagian dari agenda pemerintah nasionalis Hindu untuk memarginalkan mereka.

Rabu, 18/12/2019 15:03 0

Myanmar

Myanmar Tahan Kapal Berpenumpang 173 Muslim Rohingya

"Angkatan laut menangkap kapal yang membawa kelompok itu, termasuk 22 anak-anak, di kota Kawthaung Divisi Tanintharyi," kata juru bicara militer Tun Tun Nyi.

Rabu, 18/12/2019 14:35 0

Suriah

Lagi, Serangan Udara Suriah dan Rusia Tewaskan 17 Warga Sipil

Seorang petugas penyelamat bernama Abdullah Al-Halabi mengatakan bahwa lima orang lainnya tewas di kota terdekat Talmens, yang terletak di bagian tenggara pedesaan Idlib.

Rabu, 18/12/2019 08:30 0

Close