... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pemuda Muhammadiyah: Cina Gunakan Dalih Terorisme untuk Diskriminasi Muslim Uighur

Foto: Pemuda Muhammadiyah

KIBLAT.NET, Jakarta – Ketua Hukum dan HAM Pimpinan Pusat Pemuda Muhammdiyah, Razikin menegaskan bahwa banyak persoalan HAM fundamental dari etnik Uighur yang dilanggar oleh pemerintah Cina. Ia mencontohkan seperti hak untuk mengekspresikan identitas kulturalnya, hak untuk bebas diskriminasi, hak untuk mendapatkan rasa aman, dan hak-hak lainnya.

Ia menambahkan bahwa kebijakan pemerintah Cina dalam membangun nasionalismenya, lebih banyak dijalankan dengan cara-cara represi dan diskriminasi terhadap minoritas etnik Uighur di Xinjiang ketimbang memberikan sebuah empowerment.

“Diskriminasi tersebut terpotret secara jelas dengan tidak diakuinya identitas lokal etnik Uighur dengan memaksakan memberikan ‘identitas baru’ sebagai bangsa Cina. Sementara identitas baru tersebut dapat menghilangkan identitas-identitas lokal yang telah lama melekat dalam diri masyarakat Uighur,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Kiblat.net.

Razikin menganggap bahwa rentetan represi dan diskriminasi tersebut memunculkan pergolakan serta usaha-usaha pemberontakan. Kami, kata dia, bisa memahami bahwa semakin direpresi, terkadang orang justru akan semakin memberontak.

“Dan aksi-aksi separatisme ini bisa jadi merupakan manifestasi dari rasa frustasi masyarakat Uighur karena terus mengalami diskriminasi dan represi pemerintah Cina,” tuturnya.

“Karena itu Pemerintah Cina menggunakan retorika melawan radikalisme, ekstrimisme dan terorisme untuk membenarkan tindakan pembantaian terhadap muslim Uighur, karena itu kami sangat mengecamnya,” pungkas Razikin.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Lagi, Serangan Udara Suriah dan Rusia Tewaskan 17 Warga Sipil

Seorang petugas penyelamat bernama Abdullah Al-Halabi mengatakan bahwa lima orang lainnya tewas di kota terdekat Talmens, yang terletak di bagian tenggara pedesaan Idlib.

Rabu, 18/12/2019 08:30 0

Eropa

Erdogan: Negara-negara Dunia Lebih Sigap Urusi Ladang Minyak Suriah daripada Pengungsi

Ankara mengkritik Uni Eropa, yang berjanji menggelontorkan hampir enam miliar euro ($ 6,61 miliar) untuk menyediakan membantu Turki mengatasi pengungsi namun hanya diberikan setengahnya.

Rabu, 18/12/2019 07:51 0

Malaysia

KTT Negara-negara Muslim Akan Digelar di Malaysia, Untuk Lawan Pengaruh Saudi?

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, yang hubungannya dengan Riyadh baru-baru ini memburuk, juga akan berpartisipasi dalam konferensi tersebut.

Rabu, 18/12/2019 07:25 0

Opini

Nasib Buruk Ozil yang Masih Lebih Baik dari Nasib Orang-orang Uighur

Agaknya sial betul nasib Mesut Ozil, pesepakbola asal Jerman yang masih memiliki darah Turki. Sudah diketahui secara luas di kalangan para pemerhati (industri) sepakbola jika di kompetisi musim ini, ia mendapat kesempatan bermain yang sangat minim dari klubnya, Arsenal.

Selasa, 17/12/2019 19:24 0

Artikel

Guru Tjokro, Sosialisme, dan Islam

Bagaimana hakikat sosialisme Islam dalam pandangan Tjokroaminoto.

Selasa, 17/12/2019 17:44 0

Info Event

Hadirilah! Tabligh Akbar Tantangan Para Pendidik di Akhir Zaman

Tabligh Akbar (Tantangan Para Pendidik Di Akhir Zaman)"

Selasa, 17/12/2019 14:00 0

China

China Perketat Kontrol Informasi Usai Dokumen Xinjiang Bocor

Pemerintah daerah Xinjiang di bagian barat China menghapus data, menghancurkan dokumen, memperketat kontrol informasi dan telah mengadakan pertemuan tingkat tinggi dalam menanggapi dokumen rahasia yang bocor.

Selasa, 17/12/2019 13:55 0

News

Pemindai Wajah di Bandara dan Restoran Rentan Dimanipulasi dengan Topeng

Para peneliti melakukan tes di tiga benua, menipu dua sistem pembayaran online, pos pemeriksaan perbatasan China, dan gerbang kontrol paspor di Bandara Schiphol Amsterdam.

Selasa, 17/12/2019 11:43 0

Amerika

Dengan Suara Bulat, DK PBB Sepakat Perpanjang Sanksi terhadap Taliban

Perpanjangan itu dibuat di bawah Bab 7 Piagam PBB, yang berarti bahwa kekuatan dapat digunakan untuk mengimplementasikannya.

Selasa, 17/12/2019 07:35 0

Iran

Amnesty: 304 Tewas Selama Protes Anti Kenaikan BBM di Iran

"Setidaknya 304 orang tewas dan ribuan lainnya terluka antara 15 dan 18 November ketika pihak berwenang Iran menghadapi protes dengan kekuatan mematikan," kata laporan Amnesty.

Selasa, 17/12/2019 07:10 0

Close