... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Amnesty: 304 Tewas Selama Protes Anti Kenaikan BBM di Iran

Foto: Demo Iran

KIBLAT.NET, Teheran – Amnesty International mengatakan, Senin (16/12/2019), sedikitnya 304 orang tewas selama kerusuhan anti kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Iran, bulan lalu.

Organisasi itu menambahkan dalam sebuah pernyataan bahwa ribuan orang juga ditangkap, termasuk anak-anak di bawah usia lima belas tahun, dalam kampanye keamanan buntut dari aksi demontrasi tersebut.

“Setidaknya 304 orang tewas dan ribuan lainnya terluka antara 15 dan 18 November ketika pihak berwenang Iran menghadapi protes dengan kekuatan mematikan,” kata laporan Amnesty.

Amnesty International mengatakan, bulan ini, bahwa setidaknya 208 orang tewas dalam protes tersebut. Pemerintah Iran menolak angka-angka yang dikeluarkan oleh Amnesty International, tetapi tidak merilis jumlah resmi.

Ratusan pemuda dan para pekerja menggelar demonstrasi di jalan-jalan Iran pada 15 November untuk memprotes kenaikan harga bahan bakar. Protes segera berubah menjadi tuntutan politik. Massa membakar foto-foto pejabat senior dan menuntut para penguasa dari lembaga keagamaan untuk mundur.

Pemerintah Iran telah mengakui bahwa beberapa dari mereka yang mereka sebut sebagai perusuh dibunuh oleh pasukan keamanan. Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei mengutuk kerusuhan itu dan menggambarkannya sebagai “rencana yang sangat berbahaya” dari musuh-musuh Iran.

Amnesty International mengatakan bahwa pihak berwenang Iran telah melakukan kampanye keamanan luas yang bertujuan untuk menyebarkan ketakutan dan mencegah siapa pun berbicara tentang apa yang terjadi.

“Pemerintah Iran menangkap ribuan demonstran, di samping wartawan, pembela hak asasi manusia dan mahasiswa, untuk mencegah mereka berbicara tentang penindasan brutal di Iran,” kata Amnesty.

Pada 6 Desember, kantor hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan bahwa setidaknya 208 orang telah terbunuh, tetapi jumlah sebenarnya bisa lebih dari dua kali lipat. Kantor itu menambahkan bahwa setidaknya tujuh ribu orang ditangkap.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Fahira Idris: Sampai Kapan Indonesia Diam Soal Uighur?

Sampai kapan Indonesia terus diam soal Uighur sementara di belahan dunia kecaman terus mengalir.

Selasa, 17/12/2019 05:27 0

Indonesia

Muhammadiyah Desak PBB dan OKI Selesaikan Kasus Uighur

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mendesak Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk bantu hentikan pelanggaran HAM terhadap Muslim Uighu

Senin, 16/12/2019 21:52 0

Indonesia

Muhammadiyah Tegaskan Cina Renggut Kebebasan Beragama Muslim Uighur

PP Muhammadiyah tegas menolak dan melawan segala bentuk pelanggaran HAM, termasuk terhadap Muslim Uighur di Xinjiang, Cina.  

Senin, 16/12/2019 21:40 0

Indonesia

Haedar Nasir: Persoalan Uighur Sama Dengan Palestina dan Rohingya

Prof. Haedar Nashir secara tegas menyatakan bahwa organisasinya peduli terhadap permasalahan HAM Muslim Uighur di Xinjiang

Senin, 16/12/2019 21:31 0

Indonesia

Indeks Kerukunan Umat Beragama 2019 Versi Kemenag Dinilai Tak Sesuai Fakta

Survei untuk KUB itu dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Bimbingan Masyarakat Agama dan Layanan Keagamaan pada Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat) Kemenag. Merujuk pada angka KUB nasional 73,83 terdapat sejumlah provinsi yang berada di bawah rata-rata nasional.

Senin, 16/12/2019 19:26 0

Indonesia

Pemprov DKI Cabut Penghargaan Adikarya Wisata Diskotek Colosseum

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta membatalkan penghargaan Adikarya Wisata 2019 yang diberikan kepada tempat hiburan Colosseum

Senin, 16/12/2019 18:02 0

Indonesia

Beredar Isu Ledakan di Dekat Istiqlal, Ini Penjelasan Pengurus Masjid

Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah menanggapi kabar adanya ledakan di dekat masjid Istiqlal,

Senin, 16/12/2019 15:30 0

Indonesia

FPI Protes Keras Anies Soal Penghargaan Diskotek Colosseum

Dewan Pimpinan Pusat Front Pembela Islam (FPI) memberikan kritik terhadap Anies Baswedan yang dianggap pro tempat kemaksiatan

Senin, 16/12/2019 14:42 0

Indonesia

Soal Regulasi Majelis Taklim, Kemenag: Murni Pendataan

Kementerian Agama Republik Indonesia mengungkapkan bahwa regulasi majelis taklim diadakan murni untuk pendataan. Hal itu diungkapkan Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama, M. Juradi.

Senin, 16/12/2019 13:13 0

Indonesia

Praktisi Hukum: Jihad dan Khilafah adalah Ajaran Islam

Kementerian Agama Republlik Indonesia belum lama ini resmi mengeluarkan keputusan untuk menarik materi tentang khilafah, jihad, dan perang dari kurikulum madrasah yang ada di seluruh Indonesia.

Senin, 16/12/2019 12:37 0

Close