... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kemenag: Perusahaan Marketplace Dilarang Berangkatkan Jamaah

Foto: Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama, Arfi Hatim (kanan). Foto: Kemenag.

KIBLAT.NET, Makassar – Kementerian Agama menyoroti adanya sejumlah perusahaan marketplace yang menawarkan paket umrah. Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus, Arfi Hatim menegaskan bahwa marketplace tidak boleh berperan sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) atau Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) yang dapat memberangkatkan jemaah umrah ataupun haji khusus.

“Perusahaan marketplace tersebut hanya bisa menjadi jembatan atau tempat berjualan saja,” ujar Arfi saat menjadi pembicara dalam kegiatan ‘Jagong Masalah Haji dan Umrah’ di Makassar, Rabu (11/12/2019).

Arfi menjelaskan, larangan itu diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah. Ia menyebut bahwa dalam Pasal 121, diatur bahwa setiap orang yang tanpa hak bertindak sebagai PIHK dengan mengumpulkan dan/atau memberangkatkan Jemaah Haji Khusus, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun atau pidana denda paling banyak Rp6.000.000.000,00 (enam miliar rupiah).

Selain itu, ada juga pasal 122 mengatur bahwa setiap orang yang tanpa hak bertindak sebagai PPIU dengan mengumpulkan dan/atau memberangkatkan Jemaah Umrah, dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun atau pidana denda paling banyak Rp6.000.000.000,00 (enam miliar rupiah).

Meski demikian, Kementerian Agama tetap mendorong PPIU untuk memanfaatkan teknologi dalam tata kelola penyelenggaraan umrah dan haji khusus. Dalam memasarkan produk atau paket misalnya, PPIU bisa mengkombinasikan antara penjualan online dan offlinenya.

BACA JUGA  Kementerian Agama Tengah Siapkan Regulasi Turunan UU Pesantren

“Beberapa PPIU yang sudah punya aplikasi sendiri. Mereka yang tidak bisa memanfaatkan teknologi akan tergilas dalam persaingan,” pungkas Arfi.

Reporter: Qoid

Sumber: Kemenag

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Cajee Dapat Umrah Gratis Usai Shalat Subuh 40 Hari Berturut-turut di Masjid

Muhammad Cajee, seorang pemuda 16 tahun dari Klerksdorp, North West, Afrika Selatan mendapat hadiah umrah dalam acara "Penghargaan Shalat Subuh Pertama" yang digelar Deen Team di Johannesburg pada 26 November 2019.

Kamis, 12/12/2019 15:58 0

India

India Sahkan RUU Kewarganegaraan yang Mendiskriminasi Muslim

RUU yang berupaya mengubah undang-undang kewarganegaraan itu bertujuan untuk memberikan kewarganegaraan kepada minoritas yang dianiaya seperti Hindu, Budha, dan minoritas lain dari Bangladesh, Afghanistan, dan Pakistan, tetapi tidak termasuk mereka yang Muslim.

Kamis, 12/12/2019 11:01 0

Afghanistan

Taliban Serang Pangkalan Udara Terbesar AS di Afghanistan

"Pertama, mobil Mazda untuk angkutan berat menabrak dinding pangkalan AS. Setelah itu, banyak Mujahidin yang dilengkapi dengan senjata ringan dan berat berhasil menyerang penjajah Amerika," jelas Mujahid.

Kamis, 12/12/2019 09:16 0

Afrika

71 Tentara Niger Tewas di Kamp Sendiri Akibat Serbuan Jihadis

Sumber-sumber yang dilansir AFP memperkirakan, para penyerang berjumlah ratusan dan terjadi pertempuran sengit.

Kamis, 12/12/2019 08:44 0

China

Dampak Wabah Flu Babi, Inflasi di China Meningkat Tajam

Harga barang di China meningkat dengan cepat selama pada November tahun ini ketika wabah flu babi Afrika menyebabkan harga daging babi naik lebih dari dua kali lipat.

Rabu, 11/12/2019 13:52 0

Philipina

Filipina Akhiri Status Darurat Militer di Wilayah Mindanao 

Darurat militer diberlakukan pada Mei 2017 sebagai tanggapan terhadap serangan mendadak di kota Marawi oleh para militan lokal dan asing yang loyal kepada ISIS.

Rabu, 11/12/2019 13:34 0

Amerika

Diduga Terlibat Pembunuhan Khasoggi, Mantan Konjen Saudi Dilarang Masuk Amerika

Amerika Serikat melarang mantan Konsulat Jenderal Saudi untuk Turki, Mohammed al-Otaibi untuk memasuki wilayahnya.

Rabu, 11/12/2019 13:21 0

Amerika

AS Tangguhkan Pelatihan 300 Pilot Saudi Pasca Insiden di Pangkalan Pensacola

Saat ini ada sekitar 850 siswa Saudi di Amerika Serikat untuk pelatihan militer.

Rabu, 11/12/2019 11:28 0

Artikel

Membumikan Jurnalisme Islam (Tanggapan Artikel Remotivi)

Jurnalis menyampaikan berita sebagaimana ia melihat dunia dan seperangkat nilai yang dianutnya dengan metode yang dapat dipertanggungjawabkan. Adalah bualan belaka ketika menganggap jurnalis bekerja terbebas dari nilai-nilai yang dianutnya. Baik ia sekular, relijius atau apapun.

Rabu, 11/12/2019 11:15 0

Afrika

Al-Shabab Somalia Serbu Hotel Elit di Dekat Istana Presiden

“Kami mengira mereka polisi. Namun ketika mendekat, mereka melemparkan granat tangan dan menembaki kami. Baku tembak pun meletus di gerbang hotel,” katanya.

Rabu, 11/12/2019 09:21 0

Close