Al-Shabab Somalia Serbu Hotel Elit di Dekat Istana Presiden

KIBLAT.NET, Mogadishu – Gerakan Al-Shabab Somalia, Selasa (10/12/2019), menyerbu sebuah hotel tempat menginap para pejabat tinggi dan kaum elit di dekat istana kepresidenan di ibukota Mogadishu. Penyerang yang berjumlah lima orang berhasil masuk ke hotel di kawasan dengan pengamanan super ketat itu.

Anggota polisi bernama Ahmad mengatakan kepada Reuters bahwa para penyerang menyamar dengan pakaian polisi. Baku tembak terjadi di pintu gerbang hotel.

“Kami mengira mereka polisi. Namun ketika mendekat, mereka melemparkan granat tangan dan menembaki kami. Baku tembak pun meletus di gerbang hotel,” katanya.

Kantor Associated Press (AP) mengutip dari sumber-sumber keamanan Somalia mengatakan bahwa pasukan keamanan membunuh tiga penyerang di dekat gerbang kompleks kepresidenan, sebelum membunuh dua lainnya di garasi hotel. Baku tembak berlangsung selama dua jam sebelum akhirnya para penyerang dilumpuhkan.

AP juga memawancarai perwira polisi Somalia yang mengatakan bahwa para penyerang menggunakan granat tangan. Perwira itu mencatat, dua puluh orang, termasuk pejabat pemerintah, dievakuasi dari hotel sementara para militan berusaha menyerbunya.

Dalam pernyataan di stasiun radio Al-Andalus, Al-Shabaab mengatakan bahwa pejuangnya menyerang hotel dan restoran yang sering dikunjungi oleh pejabat pemerintah dan asing di Mogadishu. Perlu dicatat bahwa serangan ini adalah yang pertama dari jenisnya dalam empat bulan terakhir.

Untuk bagiannya, kantor berita Anatolia, mengutip sumber-sumber Somalia, mengatakan bahwa setidaknya enam orang terluka dalam serangan itu, termasuk dua deputi di parlemen Somalia.

Sampai saat ini belum diketahui total korban keseluruhan, baik luka-luka maupun tewas.

Sumber: Al-Jazeera, Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat