Syaikh Palestina: Zakat dan Infaq kepada Rakyat Palestina Prioritas Umat Islam

KIBLAT.NET, Jakarta – Sejumlah dai & aktifis yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bebaskan Baitul Maqdis (KIBBM) mengadakan silaturahmi sekaligus konsolidasi di Ar-Rahman Quranic Learning Center (AQLC) Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (06/12/2019) malam.

Silaturahim ini juga mendatangkan Syaikh Murowwih Nasr dari Komite Al Quds di Persatuan Ulama Muslim Internasional. Ridwan Hakim, salah satu penggerak KIBBM mengungkapkan, kedatangan Syaikh Murowwih ini untuk mengingatkan dan menginformasikan kondisi terkini Palestina.

“Setelah lama tidak bersilaturahim, kita kumpulkan teman-teman untuk mensinergikan lagi potensi yang ada di NGO-NGO Palestina. Insya Allah kedepannya semoga bisa ada program bersama,” ujar Ridwan.

Dalam kesempatan tersebut, Syaikh Murowwih menyampaikan fatwa berupa prioritas zakat dan infaq kepada rakyat Palestina. Pasalnya, mayoritas dari delapan golongan yang berhak menerima zakat berada di Palestina. Terlebih, mereka bukan hanya berjuang di jalan Allah dalam sisi umumnya saja, tapi yang di jaga adalah Baitul Maqdis, tempat suci ketiga umat Islam.

“(Syekh menyebut) bahwasanya pembebasan Al Quds akan semakin dekat, dan rakyat Palestina Insya Allah akan bertahan dari serangan Gaza terakhir ini. Membuktikan bahwa zionis gagal dalam usahanya ingin melenyapkan rakyat Palestina. Karena rakyat Palestina ini yang menghalangi mereka (Israel) untuk mendapatkan Masjidil Aqsa,” ujarnya.

“Mereka yang bertahan di sana (Palestina) untuk mewakili umat Islam untuk menjaga Al-Aqsha, kewajiban kita untuk membantu mereka bertahan di sana,” lanjutnya.

BACA JUGA  Warga Lebih Baik Diajak Awasi Penyaluran Bansos Dibanding Ekstremisme

Selain Syekh Murowwih yang memberikan materi tentang Palestina, hadir juga Ketua Koalisi Indonesia Bela Baitul Maqdis, Ustadz Bachtiar Nasir juga menyampaikan beberapa pandangannya. Silaturahmi itu juga diisi dengan diskusi dan perencanaan program-program kemanusiaan Palestina ke depannya.

KIBBM yang dibentuk pada tahun 2018 sebelum Aksi Bebaskan Baitul Maqdis pada Mei 2019 di Monas Jakarta ini beranggotakan di antaranya ADARA, KNRP, Sahabat Al Aqsa, Aman Palestine, Askar Kauni, dan KISPA.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat