... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Setelah Batalkan Negosiasi Sepihak, AS Umumkan Pembicaraan Baru dengan Taliban

Foto: Zalmy Khalilzad, utusan khusus AS di Afghanistan

KIBLAT.NET, Washington – Departemen Luar Negeri AS mengumumkan, Rabu (04/12/2019), bahwa utusan AS ke Afghanistan, Zalmay Khalilzad, akan segera melanjutkan negosiasi dengan Taliban. Negosiasi sebelumnya gagal menyusul pembatalan sepihak oleh Presiden AS Donald Trump .

Sebuah pernyataan Departemen Luar Negeri mengatakan, Zalmay Khalilzad akan melakukan perjalanan ke Qatar. Ia akan melanjutkan pembicaraan dengan Taliban untuk membahas langkah-langkah yang akan mengarah pada pembicaraan internal Afghanistan dan penyelesaian damai perang, khususnya pengurangan kekerasan yang mengarah pada gencatan senjata.

Pernyataan itu menambahkan bahwa utusan AS saat ini di Kabul dan akan bertemu perwakilan pemerintah Afghanistan dan pejabat Afghanistan lainnya untuk memastikan tindak lanjut kunjungan terbaru Presiden Trump. Selain itu, akan membahas dukungan yang lebih efektif untuk upaya cepat sehingga semua pihak berpartisipasi dalam negosiasi Afghanistan.

Trump mendadak memutus negosiasi langsung dengan Taliban pada 7 September. Padahal negosiasi itu berlangsung hampir satu tahun dan masing-masing pihak mengungkapkan banyak kemajuan positif. Saat itu, Trump mengatakan negosiasi itu “mati dan dikuburkan.”

Namun, dia mengumumkan dalam kunjungan mendadak ke Afghanistan pada Kamis lalu untuk melanjutkan negosiasi dengan Taliban.

“Taliban menginginkan kesepakatan, dan kami akan bertemu dengan mereka,” katanya setelah bertemu dengan koleganya dari Afghanistan Ashraf Ghani di pangkalan militer AS di Bagram, utara Kabul.

“Saya pikir semuanya akan berjalan dengan baik seperti ini,” kata Trump.

BACA JUGA  AS Umumkan Gencatan Senjata Sepekan dengan Taliban

Di sisi lain, Taliban menjawab pernyataan Trump tersebut dengan mengatakan bahwa “terlalu dini untuk berbicara tentang melanjutkan perundingan”.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Polisi Resmi Terima Laporan FPI Terhadap Gus Muwafiq

Bareskrim Polri menerima laporan yang dibuat anggota DPP FPI Amir Hasanudin terhadap Gus Muwafiq.

Rabu, 04/12/2019 19:30 0

Indonesia

Polri Bentuk Satgas Khusus Selidiki Ledakan Granat Asap di Monas

Polri membentuk satgas khusus untuk menangani kasus ledakan granat asap di Monas yang mengakibatkan 2 anggota TNI terluka. Satgas khusus itu akan menyelidiki asal muasal granat asap sehingga ada di halaman Monas.

Rabu, 04/12/2019 18:42 0

Indonesia

Generasi Milenial Diminta Waspada Perang Asimetris

Salah satu ancaman terhadap generasi milenial di Indonesia saat ini adalah perang Asimetris.

Rabu, 04/12/2019 18:30 0

Indonesia

Indonesia Lobi Saudi Agar Tetapkan Kuota Dasar Jamaah Haji Menjadi 231 Ribu

Menteri Agama Fachrul Razi beberapa waktu lalu melakukan kunjungan ke Makkah, Arab Saudi untuk menandatangani MoU Penyelenggaraan Ibadah Haji 1441H/2020M. Kesempatan itu juga dimanfaatkan untuk melobi Pemerintah Arab Saudi agar kuota dasar jemaah haji Indonesia ditetapkan menjadi 231 ribu.

Rabu, 04/12/2019 18:17 0

Indonesia

Jokowi Ingin Setiap Kebijakan Mengandung Rasa Ideologi Pancasila

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo mengemukakan, dalam setiap kepemimpinan apapun, baik itu di lembaga, di kementerian, di negara manapun, yang namanya ideologi harusnya dipegang oleh pemimpin-pemimpin yang ada di lembaga-lembaga itu.

Rabu, 04/12/2019 14:14 0

Indonesia

Kemenag Sebut PMA Majelis Taklim untuk Permudah Salurkan Bantuan

aturan ini bukan untuk mengintervensi majelis taklim yang ada di Indonesia.

Rabu, 04/12/2019 14:07 0

Opini

Wahai Mahasiswa, Gunakan Rumus Ini Saat Datangnya Ujian

Lantas, bagaimana seharusnya kita sebagai mahasiswa muslim bersikap? Berikut adalah rumus Ni Sindal untuk menjadi mahasiwa yang cerdas dan mendapatkan keberkahan ilmu.

Selasa, 03/12/2019 17:41 0

Indonesia

Pakar Pidana: Granat Meledak di Monas Bikin Orang Ketakutan

Pakar Hukum Pidana Universitas Al-Azhar Indonesia, Suparji Ahmad menegaskan bahwa polisi harus memperjelas kasus tersebut. Hal ini diperlukan agar tidak muncul spekulasi di kalangan masyarakat.

Selasa, 03/12/2019 16:34 0

Indonesia

Perilaku One Night Stand di Kalangan Millenial Jadi Tantangan Para Pendakwah

Salah satu kecenderungan negatif generasi millenial di beberapa kota besar dunia termasuk di Indonesia adalah one night stand (ONS), yaitu perilaku seks bebas tanpa ada rasa satu sama lain, hanya berdasarkan ketertarikan yang sama.

Selasa, 03/12/2019 15:12 0

Indonesia

Peserta Reuni 212 Ini Keluhkan Ghirah Persatuan Menurun

Tercatat sudah tiga kali aksi Reuni 212 digelar. Reuni 212 merupakan gelaran tahunan untuk mengingat momentum persatuan umat Islam pada tanggal 2 Desember 2016 silam, dimana jutaan orang berkumpul menuntut keadilan. Mereka meminta kepada pemerintah agar menghukum Ahok sang Gubernur DKI Jakarta waktu itu karena dinilai telah menista agama. 

Selasa, 03/12/2019 15:00 0

Close