... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pendaftar Kartu Perdana di China Wajib Pindai Wajah

Foto: Pindai wajah

KIBLAT.NET, Beijing – China akan mewajibkan operator telekomunikasi untuk mengumpulkan pemindaian wajah saat mendaftarkan pengguna telepon baru di outlet offline mulai hari Ahad (01/12/2019). Demikian menurut otoritas teknologi informasi negara itu dengan tujuan memperketat kontrol dunia maya.

Pada bulan September, kementerian industri dan teknologi informasi China mengeluarkan pemberitahuan tentang “menjaga hak dan kepentingan warga negara secara online”, yang menetapkan aturan untuk menegakkan pendaftaran nama asli.

Pemberitahuan itu mengatakan operator telekomunikasi harus menggunakan “kecerdasan buatan dan cara teknis lainnya” untuk memverifikasi identitas orang ketika mereka mengambil nomor telepon baru.

Perwakilan layanan pelanggan China Unicom mengatakan kepada AFP bahwa persyaratan “pencocokan potret” 1 Desember berarti pelanggan yang mendaftar untuk nomor telepon baru harus merekam diri mereka memalingkan kepala dan berkedip.

“Dalam langkah-langkah selanjutnya, kementerian kami akan terus … meningkatkan pengawasan dan inspeksi … dan secara ketat mempromosikan pengelolaan pendaftaran nama asli bagi pengguna telepon,” kata pemberitahuan September.

Meskipun pemerintah Cina telah mendorong pendaftaran nama asli untuk pengguna telepon sejak setidaknya 2013 – yang berarti kartu ID dikaitkan dengan nomor telepon baru – langkah untuk memanfaatkan AI datang ketika teknologi pengenalan wajah memperoleh daya tarik di seluruh China. Teknologi tersebut digunakan untuk semuanya mulai dari checkout supermarket hingga pengawasan.

Para peneliti telah memperingatkan risiko privasi terkait dengan pengumpulan data pengenalan wajah meskipun China melihat salah satu tuntutan hukum pertama pada pengenalan wajah bulan lalu.

BACA JUGA  Wanita Uighur Dipaksa Gugurkan Kandungan Jika Lewati Batas Jumlah Anak

Pada awal November, seorang profesor China melaporkan sebuah taman safari di Hangzhou, provinsi Zhejiang timur yang memerintahkan scan wajah untuk masuk.

Selain pengguna seluler, situs media sosial China yang mirip Twitter, Weibo, terpaksa melakukan pendaftaran nama asli pada 2012.

Pengawasan media sosial telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari dorongan pemerintah China untuk “mempromosikan perkembangan Internet yang sehat dan teratur, melindungi keamanan negara dan kepentingan publik.”

Sumber: Al-Arabiya
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Perilaku One Night Stand di Kalangan Millenial Jadi Tantangan Para Pendakwah

Salah satu kecenderungan negatif generasi millenial di beberapa kota besar dunia termasuk di Indonesia adalah one night stand (ONS), yaitu perilaku seks bebas tanpa ada rasa satu sama lain, hanya berdasarkan ketertarikan yang sama.

Selasa, 03/12/2019 15:12 0

Indonesia

Peserta Reuni 212 Ini Keluhkan Ghirah Persatuan Menurun

Tercatat sudah tiga kali aksi Reuni 212 digelar. Reuni 212 merupakan gelaran tahunan untuk mengingat momentum persatuan umat Islam pada tanggal 2 Desember 2016 silam, dimana jutaan orang berkumpul menuntut keadilan. Mereka meminta kepada pemerintah agar menghukum Ahok sang Gubernur DKI Jakarta waktu itu karena dinilai telah menista agama. 

Selasa, 03/12/2019 15:00 0

Indonesia

Jokowi Sebut Pengusul Presiden Tiga Periode Menjerumuskan Dirinya

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memberikan tanggapan terkait wacana amandemen Undang-Undang Dasar, khususnya terkait jabatan presiden. Jokowi menegaskan dirinya adalah Presiden produk dari pemilihan langsung. Maka terhadap keinginan melakukan amandemen Undang-Undang Dasar (UUD), ia mengaku sudah menentukan sikap.

Selasa, 03/12/2019 13:45 0

Opini

Membangkitkan Semangat Literasi Pemuda dalam Menghadapi Tantangan Global

Salah satu perbedaan antara Islam dengan agama yang lainnya adalah penekanan terhadap masalah ilmu. Al-Quran dan Al-Sunnah mengajak kaum muslim untuk mencari dan memperoleh ilmu, kearifan, dan menempatkan orang-orang yang berpengetahuan pada derajat yang tinggi.

Selasa, 03/12/2019 13:01 0

Indonesia

2 Anggota TNI Luka Serius Kena Ledakan Monas, Polisi: Ini Kan Hanya Granat Asap

"Ini kan hanya granat asap. Kami akan lakukan penyelidikan mendalam khususnya mengapa kenapa ada barang itu," tuturnya.

Selasa, 03/12/2019 12:33 0

Indonesia

Siapa Pemilik Granat Sasar Anggota TNI di Monas?

"Kalau benar granat, maka semua tahu bahwa yang punya alat itu cuma beberapa institusi. Gimana bisa granat itu beredar keluar untuk digunakan dalam aksi teror?" tandasnya.

Selasa, 03/12/2019 12:19 0

Opini

Pemuda Islam, Go International!

Secara tidak langsung, teknologi menjadi bumerang yang melalaikan bahkan menjadi tunggangan empuk ghazwul fikri beraksi. Prahara tersebut menunjukkan penjajahan era digital yang semakin melumpuhkan mental. Oleh karenanya budaya literasi adalah obat untuk memerdekakan setiap insan.

Selasa, 03/12/2019 12:00 0

Indonesia

Sehari Pasca Reuni 212, Ada Ledakan Granat Menyasar Prajurit TNI di Monas

"Dugaan sementara hasil temuan tim di lapangan, berasal dari granat asap," ujar Gatot dalam jumpa pers bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Eko Margiyono di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa, (03/12).

Selasa, 03/12/2019 11:10 0

Opini

Budaya IDI Sebagai Strategi Ciptakan Generasi Muslim Cerdas dan Berilmu

Tidak perlu bermimpi teralu besar terhadap Indonesia, tapi mari kita perbaiki diri terlebih dahulu dengan membudayakan IDI, insyaAllah dengan sendirinya kita bisa menolong Agama Allah sehingga Indonesia akan dipenuhi dengan generasi muslim yang cerdas dan berilmu.

Selasa, 03/12/2019 11:00 0

Opini

Pentingnya Budaya Literasi bagi Pemuda Islam dalam Memajukan Indonesia

Seharusnya, mukmin membiasakan literasi sejak kecil. Selain itu, seorang mukmin haruslah pandai dalam memanfaatkan waktunya untuk ketaatan kepada Allah, salah satunya dengan literasi, menuntut ilmu,

Selasa, 03/12/2019 10:21 0

Close