... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pertempuran Sengit Meletus di Provinsi Idlib

KIBLAT.NET, Idlib – Sekitar 70 pasukan tewas dalam 24 jam terakhir dalam pertempuran sengit di wilayah barat laut Idlib. Observatorium untuk Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) melaporkan, Ahad (01/12/2019), bentrokan itu antara pasukan rezim Suriah dan milisi pendukungnya di satu sisi dan faksi jihad dan oposisi di sisi lain.

“Korban dari militer rezim 36 pasukan dan dari oposisi 33,” kata lembaga yang bermarkas di Inggris itu.

Direktur SHOR, Rami Abdul Rahman, mengungkapkan kepada AFP bahwa pertempuran ini merupakan bentrokan paling sengit di provinsi Idlib sejak berlakunya gencatan senjata yang diumumkan oleh rezim dan sekutu Rusia-nya.

Warga yang tedampak pertempuran ini melarikan diri ke wilayah utara. Mereka bergabung dengan ratusan ribu warga lainnya yang melarikan diri dari provinsi tersebut.

“Saya melarikan diri ke perbatasan Turki-Suriah karena takut anak-anak menjadi sasaran penembakan jet tempur terhadap desa dan kota-kota di pedesaan timur Idlib dan seringnya penembakan tanpa pandang bulu,” kata Hafiz, yang melarikan diri dari daerah itu bersama istri dan tiga anaknya dua hari lalu.

Pada Ahad pagi, kepulan asap mengepul di langit Maarat Al-Numan, lokasi target gempuran jet tempur Suriah. Target tersebut merupakan lokasi titik para pejuang oposisi.

SOHR menunjukkan, pertempuran ini meletus menyusul operasi serangan balik faksi-faksi pejuang yang dipimpin Ha’iah Tahrir Al-Syam (HTS) ke posisi rezim. Pejuang oposisi merebut sejumlah sejumlah desa, di sisi lain kabar menyebutkan militer Suriah mengambil alih kembali empat desa.

BACA JUGA  Bom Lukai Tiga Polisi Militer Rusia Saat Patroli di Kobani, Suriah

“Pertempuran masih berlangsung,” ujar Abdul Rahman.

Pada Ahad siang, jet tempur membombardir daerah-daerah yang dikuasai oleh para jihadis, yang berjarak puluhan kilometer dari garis depan. Ini mengindikasikan kemungkinan meningkatnya pertempuran, menurut AFP.

Pertempuran ini meletus setelah beberapa hari terakhir militer rezim dan Rusia kembali meningkatkan serangan terhadap wilayah pinggiran Idlib. Serangan itu sementara belum ada pengumuman pembatalan gencatan senjata.

Idlib merupakan benteng terakhir pejuang yang berperang melawan rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad, yang menguasai lebih dari 70 persen negara itu, menurut SOHR.

Pada 22 Oktober, Bashar Al-Assad melakukan kunjungan pertamanya ke wilayah tersebut sejak awal perang 2011, dan menganggap pertempuran Idlib sebagai dasar untuk menyelesaikan perang di Suriah.

Sumber: AFP
Redaktur: Sulhi El-Izzi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Anies Baswedan: Reuni 212 Membawa Pesan Damai

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan sambutan di acara reuni 212. Ia menegaskan bahwa acara ini membawa pesan perdamaian.

Senin, 02/12/2019 07:14 0

Indonesia

Selesai Pukul 08:30 WIB, Panitia Reuni 212 Dukung Kepulangan Habib Rizieq

Panitia Reuni 212 memastikan bahwa acara yang reuni yang digelar hari ini di lapangan Monumen Nasional akan berakhir pada pukul o8:30 WIB.

Senin, 02/12/2019 07:00 0

Indonesia

Menyambut Sunrise Ala Peserta Reuni 212

Rangkaian acara Reuni 212 thun 2019 telah dimulai sejak Senin (02/12/2019) dinihari. Diawali dengan sholat tahajud bersama pada pukul 03.00 WIB, rangkaian acara Reuni 212 direncanakan akan berakhir pada pukul 09.00 WIB.

Senin, 02/12/2019 06:35 0

Indonesia

Pria Asal Sukabumi Ini Rela Berkuda untuk Hadiri Reuni 212

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara Reuni 212 selalu penuh cerita yang unik dan menarik. Begitupun dengan Reuni 212 jilid III kali ini, jika pada umumnya para peserta datang menggunakan transportasi umum ataupun pribadi. Namun berbeda dengan Sandi Nopiandi, yang datang ke Monas mengendarai kuda.

Senin, 02/12/2019 05:25 0

Indonesia

Pengamanan Reuni 212 Tahun Ini Lebih Ketat, Ada Metal Detector di Setiap Pintu Masuk Monas

Beberapa mobil polisi berjejer di jalan Merdeka Barat di luar monas. Pengamanan aksi 212 oleh kepolisian juga terlihat di beberapa titik persimpangan jalan.

Senin, 02/12/2019 04:49 0

Indonesia

Muhammadiyah Tak Larang Anggotanya Ikut Reuni 212

Menurut Abdul Mu'ti, sepanjang sesuai dengan prosedur yang ditetapkan, aksi 212 dan berbagai aksi lainnya tidak boleh dilarang.

Ahad, 01/12/2019 18:15 0

Indonesia

Fadli Zon Nilai Pemerintah Ingin Kontrol Pikiran Masyarakat dengan Isu Radikalisme

Di balik isu radikalisme yang terus-menerus digoreng ini, pemerintah sedang berusaha melakukan kontrol pikiran

Jum'at, 29/11/2019 21:51 1

Indonesia

Fadli Zon: Lewat SKB 11 K/L Tentang Radikal, Pemerintah Ingin Terapkan Aturan Sapu Jagat

Fadli Zon menganggap bahwa Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diteken sebelas Kementrian dan Lembaga tentang radikalisme bukti kemuduran demokrasi.

Jum'at, 29/11/2019 16:08 0

Indonesia

Soal Perpanjangan SKT FPI, Kemendagri: Visi Penerapan Syariat Islam Perlu Diperjelas

Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar membenarkan ada rekomendasi pendaftaran ulang Surat Keterangan Terdaftar (SKT) Front Pembela Islam (FPI) sebagai organisasi kemasyarakatan yang dikeluarkan Kementerian Agama.

Kamis, 28/11/2019 17:09 0

Indonesia

Menag Sebut Sertifikasi Penceramah Tidak Wajib

Kementerian Agama Republik Indonesia berencana menghidupkan wacana sertifikasi penceramah. Namun Menteri Agama RI Fachrul Razi mengatakan, hal itu tidak bersifat mandatori atau keharusan.

Kamis, 28/11/2019 16:51 0

Close