... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Dua Helikopter Prancis Kecelakaan Saat Sergap Jihadis Mali, 13 Tentara Tewas

Foto: Helikopter Militer Prancis/ilustrasi

KIBLAT.NET, Bamako – Pemerintah Prancis mengumumkan, Selasa (26/11/2019), setidaknya tiga belas tentaranya tewas dalam kecelakaan dua helikopter selama pertempuran megnhadapi kelompok jihadis di Mali. Ini merupakan kerugian terbesar tentara Prancis dalam satu operasi di wilayah itu sejak Paris melakukan intervensi di negara Afrika pada 2013.

Prancis mengerahkan kekuatan 4.500 pasukan untuk memerangi kelompok-kelompok Islam di wilayah Sahel. Pengerahan pasukan itu setelah kaum Islamis berhasil memperkokoh kekuatan mereka menyusul kekacauan politik di Mali.

“Presiden mengumumkan dengan sangat sedih kematian 13 tentara Prancis di Mali dalam kecelakaan antara dua helikopter selama misi tempur melawan para jihadis pada malam 25 November,” kata kantor presiden Prancis dalam sebuah pernyataan.

Kronologi insiden itu tidak jelas. Menteri Pertahanan Prancis Florence Barley mengatakan insiden itu terjadi ketika kedua pesawat berada di udara. Ia menunjukkan bahwa dua helikopter itu jenis Harimau dan Cougar. Sementara operasi yang digulirkan berada di Mali tengah.

“Mereka memberikan dukungan kepada komando pasukan Barkhan yang bentrok dengan teroris bersenjata,” kata Barley dalam sebuah pernyataan. Barkhan adalah pasukan Prancis di Sahel.

Prancis, bekas penjajah Afrika, mengintervensi Mali sejak enam tahun lalu untuk mengusir gerilyawan Islam yang telah menduduki bagian utara negara itu. Paris mengajak sekutu-sekutu Afrika dan internasional untuk mendukung kampanye ini.

Prancis merasa berat harus memikul beban operasi darat, meskipun negara-negara Eropa lainnya telah memberikan dukungan logistik, pelatih dan beberapa pasukan khusus.

BACA JUGA  Nama Hijrahnya "Aisyah", Masuk Islam saat Ditahan Jihadis Somalia

Para diplomat mengatakan bahwa dengan meningkatkan kemampuan pasukan Afrika, Prancis sedang mempertimbangkan strategi keluar akhirnya dari penempatan militer terbesarnya di luar negeri.

Setelah insiden hari Senin, jumlah tentara Prancis yang terbunuh di Sahel sejak 2013 telah meningkat menjadi 38.

Sumber: Reuters
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Pengamat Politik: Kerja Politik Staf Khusus Jokowi Belum Teruji

mereka kan memang miskin pengalaman di pemerintahan.

Selasa, 26/11/2019 19:53 0

Indonesia

Survei Sebut Dirinya Tak Cocok Jadi Mendagri, Tito Karnavian: Saya Bekerja untuk Allah Saja

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian mengaku tak terpengaruh dengan hasil survei Indonesia Political Opinion (IPO) yang menyatakan dirinya tidak cocok menjabat sebagai Mendagri.

Selasa, 26/11/2019 15:54 0

Indonesia

Ingatkan Bawahan Agar Amanah, Mendagri: Pangkat dan Jabatan Tidak Dibawa Mati

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI), Tito Karnavian menegaskan manusia hanya membawa amal ibadah dan perbuatan baik ketika mereka meninggal dunia.

Selasa, 26/11/2019 15:25 0

Indonesia

Indonesia Kembali Lobi Saudi Soal Peningkatan Layanan Haji

Indonesia akan kembali melobi pihak Kerajaan Saudi Arabia terkait layanan fast track haji dan visa. Menteri Agama, Fachrul Razi dijadwalkan akan bertemu dengan Menteri Urusan Haji Arab Saudi pada 2 Desember mendatang.

Selasa, 26/11/2019 15:02 0

Video News

MUI Harus Keluarkan Sikap Keagamaan untuk Sukmawati

Belum kapok membuat kontroversi dengan puisi, Sukmawati kini membandingkan Nabi Muhammad SAW dan Soekarno

Selasa, 26/11/2019 03:30 0

Indonesia

Tompi Kritisi Proyek Wisata Kesehatan Menkes

Beberapa waktu yang lalu Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengusulkan pengembangan wisata kesehatan di Indonesia, termasuk mengangkat sejumlah metode pengobatan tradisional Indonesia sebagai unggulan wisata kesehatan, contohnya seperti klinik kebugaran Mak Erot.

Senin, 25/11/2019 19:24 0

Indonesia

Mendagri: Izin Ormas FPI Masih Dikaji

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku telah menerima surat rekomendasi terkait organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) dari Kementerian Agama.

Senin, 25/11/2019 19:04 0

Indonesia

Komisi III DPR Ingatkan Pentingnya Perlindungan Hukum Bagi Guru

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy mengingatkan kembali pentingnya perlindungan hukum untuk para guru.

Senin, 25/11/2019 16:00 0

Indonesia

BPJPH: Kewajiban Serifikat Halal Untungkan Investor

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Sukoso mengklaim kewajiban sertifikasi halal yang telah diberlakukan di Indonesia sejak 17 Oktober lalu merupakan hal yang strategis bagi investor.

Senin, 25/11/2019 15:30 0

Indonesia

Wacana Presiden 3 Periode, Mardani: Jangan-jangan Mau Ciptakan Despotisme

Mardani Ali Sera mengatakan pihak yang mengusulkan jabatan Presiden ditambah menjadi tiga periode berbahaya bagi reformasi Indonesia.

Senin, 25/11/2019 15:07 0

Close