... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Gelombang Pengungsi dari Idlib Kembali Mengalir ke Perbatasan Turki

Foto: Warga mengungsi dengan membawa seluruh barangnya

KIBLAT.NET, Idlib – Pergerakan pengungsi kembali terjadi di pdesaan Idlib selatan bebarapa hari terakhir. Penyebabnya, operasi militer baru yang diluncurkan oleh pasukan rezim dengan dukungan pesawat tempur Rusia.

Menurut laporan koresponden portal berita Enab Baladi di Idlib pada Senin (25/11/2019), wilayah timur dan barat kota Ma’aret Al-Nu’man dan Jabal Al-Zawiya di pedesaan Idlib selatan menyaksikan pergerakan besar-besaran warga sipil ke daerah perbatasan dengan Turki.

Direktur tim “Koordinator Respons Suriah”, Mohammed Hallaj, mengatakan bahwa pemindahan orang-orang di pedesaan selatan Idlib disebabkan oleh eskalasi militer rezim dan Rusia di wilayah itu, di samping operasi militer di poros tenggara provinsi tersebut.

Hallaj menambahkan, dalam sebuah wawancara dengan Enab Baladi, bahwa perpindahan penduduk terkonsentrasi di poros selatan dan tenggara Idlib. Jika operasi militer berlanjut di daerah itu, perpindahan warga akan meluas lebih jauh, dan ini terlihat di beberapa desa yang mengalami serangan udara.

Wilayah selatan dan timur provinsi Idlib menyaksikan peningkatan eskalasi rezim Suriah dan sekutu Rusia-nya, yang diwakili oleh serangan udara di lingkungan perumahan dan pusat-pusat vital. Sejak awal bulan ini, tercatat 100 warga sipil tewas dan 9.105 keluarga mengungsi akibat operasi tersebut.

Selain itu, pertempuran sengit terjadi di poros selatan Idlib antara faksi oposisi dan pasukan rezim. Militer Suriah mencoba maju ke daerah-daerah oposisi dengan dukungan serangan udara. Sejumlah desa berhasil direbut.

BACA JUGA  Amnesty: Rezim Assad dan Rusia Melakukan Kejahatan Perang di Idlib

Eskalasi terbaru di Idlib ini terjadi meskipun Rusia mengumumkan “gencatan” pada akhir Agustus. Di saat yang sama, tengah digelar pertemuan untuk membahas rekonsiliasi dengan rezim.

Sumber: Enabbaladi.net
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Video News

MUI Harus Keluarkan Sikap Keagamaan untuk Sukmawati

Belum kapok membuat kontroversi dengan puisi, Sukmawati kini membandingkan Nabi Muhammad SAW dan Soekarno

Selasa, 26/11/2019 03:30 0

Indonesia

Tompi Kritisi Proyek Wisata Kesehatan Menkes

Beberapa waktu yang lalu Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengusulkan pengembangan wisata kesehatan di Indonesia, termasuk mengangkat sejumlah metode pengobatan tradisional Indonesia sebagai unggulan wisata kesehatan, contohnya seperti klinik kebugaran Mak Erot.

Senin, 25/11/2019 19:24 0

Indonesia

Mendagri: Izin Ormas FPI Masih Dikaji

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku telah menerima surat rekomendasi terkait organisasi massa Front Pembela Islam (FPI) dari Kementerian Agama.

Senin, 25/11/2019 19:04 0

Indonesia

Komisi III DPR Ingatkan Pentingnya Perlindungan Hukum Bagi Guru

Anggota Komisi III DPR RI, Aboe Bakar Al-Habsy mengingatkan kembali pentingnya perlindungan hukum untuk para guru.

Senin, 25/11/2019 16:00 0

Indonesia

BPJPH: Kewajiban Serifikat Halal Untungkan Investor

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Sukoso mengklaim kewajiban sertifikasi halal yang telah diberlakukan di Indonesia sejak 17 Oktober lalu merupakan hal yang strategis bagi investor.

Senin, 25/11/2019 15:30 0

Indonesia

Wacana Presiden 3 Periode, Mardani: Jangan-jangan Mau Ciptakan Despotisme

Mardani Ali Sera mengatakan pihak yang mengusulkan jabatan Presiden ditambah menjadi tiga periode berbahaya bagi reformasi Indonesia.

Senin, 25/11/2019 15:07 0

Opini

Refleksi Hari Guru: Membangkitkan Ruh dan Jiwa Seorang Pendidik

Hidup tidak bisa lepas dari pendidikan. Karena manusia diciptakan bukan sekedar untuk hidup. Ada tujuan yang lebih mulia dari sekedar hidup yang mesti diwujudkan, dan itu memerlukan ilmu yang diperoleh lewat pendidikan. Inilah salah satu perbedaan antara manusia dengan makhluk lain, yang membuatnya lebih unggul dan lebih mulia.

Senin, 25/11/2019 14:52 0

Indonesia

Indonesia Raih Juara Dua Kompetisi Panahan Berkuda Tingkat Internasional

Tim Indonesia berhasil meraih peringkat II dalam Kejuaraan Internasional Panahan Berkuda "The Silk Road 2019 3rd World Equestrian Martial Arts Competition"

Senin, 25/11/2019 14:26 0

Indonesia

LDK Se-Makassar Gelar Aksi Peduli Palestina

Pimpinan Daerah Lingkar Dakwah Mahasiswa Indonesia (PD Lidmi) Makassar bersama sejumlah Lembaga Dakwah Kampus (LDK) se Makassar menggelar aksi solidaritas Palestina

Senin, 25/11/2019 13:54 0

Indonesia

Soal Sertifikasi Perkawinan, Kemenag: Bimbingan Pasca Pernikahan Juga Penting

Direktur Bina KUA (Kantor Urusan Agama) dan Keluarga Sakinah Kemenag, Mohsen mengklaim bahwa di samping sertifikasi perkawinan untuk memperkuat ketahanan keluarga, bimbingan pasca pernikahan juga penting.

Ahad, 24/11/2019 10:10 0

Close