... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Jenazah Bahtiar Effendy Dikebumikan di Depok

Foto: Suasana di kediaman Bahtiar Effendy di Sukmajaya, Depok (21/11/2019).

KIBLAT.NET, Depok – Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Profesor Doktor Bahtiar Effendy meninggal dunia pada Kamis (21/11/2019) pukul 00.00 WIB. Dikabarkan, beliau meninggal dunia setelah menderita penyakit kanker getah bening yang sudah diidapnya sejak 2004 silam.

Hari ini, jenazah akan dimakamkan di TPU Lemperes, Sukmajaya setelah disholatkan di Masjid Al Fauzien. Semalam, jenazah diberangkatkan dari RS Islam Jakarta Cempaka Putih ke rumah duka di Jalan Gema Pesona, Sukmajaya Depok, Jawa Barat.

Dari pantauan Kiblat.net, ratusan orang terlihat takziyah di rumah duka. Beberapa tokoh datang untuk ikut  mensholatkan jenazah. Diantaranya adalah Ketua Dewan Wantim MUI Din Syamsuddin, mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir, dan Jimly Asshiddiqie.

Menyampaikan sambutan mewakili pihak Keluarga, Haedar Nashir menyebut sosok Bahtiar Effendy sebagai pemikir dan intelektual.

“Kita hari ini, menyampaikan duka yang sangat mendalam atas dipanggilnya sahabat kita, saudara, kawan kita, profesor doktor Bahtiar Effendy ke haribaan Allah Subhanahu wata’ala,” ujar Haedar.

“Kami atas nama Pimpinan Pusat Muhammadiyah dan juga keluarga sungguh merasa kehilangan saudara kami, yang dikenal sebagai pemikir, intelektual dan juga sosok yang sangat bersahabat dengan siapapun,” lanjutnya.

Haedar mengungkapkan, dirinya dan para pelayat menjadi saksi betapa pengorbanan, khidmat, dan amal sholeh Bahtiar Effendy semasa hidupnya.

“Semuanya kita menjadi saksi bahwa segala yang beliau lakukan sebagai hamba Allah, Insya Allah akan menjadi amal jariyah dan amal sholeh yang nanti akan bersambung untuk meraih ridho dan karunia Allah,” paparnya.

BACA JUGA  Kemenag: Harus Ada Standar Imam Masjid

Ia pun meminta kepada para pelayat untuk memaafkan kesalahan Bahtiar Effendy semasa hidupnya dan juga mendoakannya supaya mendapat ridho dan karunia Allah SWT.

“Terakhir tentu kita semua juga akan mengikut sebagai mana hukum azal maka InsyaAllah kita akan belajar dari kebaikan almarhum dan melanjutkan apa yang telah diperjuangkan nya termasuk kami di Muhammadiyah. Mudah-mudahan Allah meridhoi kita dan membukakan pintu surga untuk almarhum,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suara Pembaca

Bikin Iba, Bocah Tuna Netra Penghafal Al-Qur’an

Hingga saat ini Gibran tidak bisa melihat indahnya dunia. Kedua mata Gibran merupakan mata palsu, meskipun sekilas terlihat seperti asli.

Kamis, 21/11/2019 10:56 0

Afrika

Prancis Kritik Saudi Karena Tak Penuhi Janji Bantu Negara G5 Perangi “Teroris”

Arab Saudi sepakat pada Desember 2017 untuk menyediakan sekitar 100 juta euro ($ 110,7 juta) kepada aliansi militer Sahel yang beranggotakan lima negara yaitu Mali, Mauritania, Niger, Burkina Faso, dan Chad. Kelompok lima negara itu lebih dikenal G5.

Kamis, 21/11/2019 10:34 0

Iran

Iran Umumkan Kemenangan Hadapi Gelombang Demonstrasi

Amnesty mengatakan, setidaknya 106 pengunjuk rasa tewas di 21 kota. Laporan ini berdasarkan keterangan saksi, rekaman video, dan informasi dari aktivis hak asasi manusia.

Kamis, 21/11/2019 09:28 0

Suriah

Rudal Militer Suriah Hantam Kamp Pengungsi, 15 tewas

Sebuah rudal permukaan yang ditembakkan militer rezim dari pedesaan Aleppo menghantam kamp pengungsi di dekat perbatasan Turki. Rudal itu menyebabkan kebakaran hebat di kamp.

Kamis, 21/11/2019 08:46 0

Wilayah Lain

PBB Tegaskan Pemukiman Yahudi Tetap Ilegal Meski Didukung Amerika

Kantor Hak Asasi Manusia PBB menegaskan bahwa pemukiman Yahudi Israel di wilayah Palestina tetaplah ilegal meskipun Amerika tak lagi menganggapnya bertentangan dengan hukum internasional.

Rabu, 20/11/2019 15:42 0

Yaman

UNICEF: 12 Juta Bocah Yaman Butuh Bantuan Mendesak

"Berlanjutnya konflik berdarah dan hasil dari krisis ekonomi telah menempatkan sistem pelayanan sosial dasar di seluruh negeri di ambang kehancuran dengan konsekuensi jangka panjang bagi anak-anak," kata Bisolo.

Rabu, 20/11/2019 10:49 0

Iran

Amnesty: 100 Orang Lebih Tewas Selama Protes Kenaikan BBM di Iran

Tidak ada reaksi langsung dari pemerintah Iran terhadap perkiraan korban tewas.

Rabu, 20/11/2019 10:37 0

Mesir

Lagi, Mesir Bangun Terowongan di Bawah Terusan Suez

Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi kemarin mengumumkan bahwa negaranya sedang membangun terowongan baru di bawah Terusan Suez.

Rabu, 20/11/2019 10:28 0

Artikel

Hendak Kemana (Ke)Menteri(an) Agama?

Namun sebagian pihak keliru menyamakan kehadiran Kementerian Agama sebagai kelanjutan dua lembaga penjajahan tadi.

Selasa, 19/11/2019 18:30 0

Australia

Pria Australia Lolos dari Cengkeraman Buaya Usai Colok Matanya

Dia mengatakan buaya 2,8 meter muncul dari belakangnya ketika ia meninggalkan pantai.

Selasa, 19/11/2019 14:32 0

Close