Soal Penanganan Radikalisme, Mahfud MD: Masyarakat Jangan Selalu Nyinyir

KIBLAT.NET, Bogor – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD meminta masyarakat tidak nyinyir soal penindakan terorisme. Ia menilai masyarakat seharusnya dewasa dalam menyikapi masalah tersebut.

“Kepada masyarakat jangan selalu nyinyir. Kalau pemerintah bertindak dikatakan melanggar HAM kalau tidak bertindak dibilang kecolongan. Kita sama-sama dewasa saja menjaga negara,” katanya kepada awak media di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Rabu (13/11/2019).

“Nyinyir itu biasanya kalau ngritik ngomongnya cuman usul. Kalau sudah terjadi tidak bertanggung jawab,” paparnya.

Ia juga meminta agar masyarakat tidak menyudutkan aparat saat mengambil tindakan terkait terorisme.

“Jangan selalu menyudutkan aparat ketika mengambil tindakan. Diukur dengan proposional saja kan nanti ada proses hukum yang membuktikan aparat itu salah atau tidak,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini jumlah teror di Indonesia sudah menurun. Mantan Ketua Mahkamah Konsitusi ini mengklaim bahwa hal itu menunjukkan upaya pencegahan cukup berhasil.

“Di konferensi internasional di Australia kemarin, saya katakan turun jumlah teror. Karena pencegahan sudah dilakukan. Bahwa masih ada satu, sekali sekali nggak bisa dihindari,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat