... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Beda Pandangan MenPAN dan Menag Terkait Cadar

Foto: Menag Fachrul Razi (kanan) dan MenPAN Tjahjo Kumolo.

KIBLAT.NET – Beberapa waktu lalu, Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi menyampaikan wacana pelarangan wanita yang mengenakan cadar masuk instansi pemerintah. Fachrul Razi mengklaim hal ini demi alasan keamanan.

“Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang niqab, tapi melarang untuk masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan. Apalagi kejadian Pak Wiranto yang lalu,” kata Fachrul, pada Rabu (30/09/2019), dikutip dari CNN.

Fachrul  menyampaikan pihaknya sedang mengkaji hal tersebut untuk ditetapkan melalui peraturan menteri agama. Meskipun begitu, ia menyebut tak pernah berpikir untuk melarang penggunaan cadar.

Langkah ini, lanjut Fachrul, dipertimbangkan Kemenag karena semakin banyak pengguna niqab yang menganggap hal itu sebagai indikator keimanan. Menurutnya, banyak pengguna niqab yang menilai orang yang tak bercadar tingkat ketakwaannya lemah.

“Kita ingin memberikan kejelasan itu bukan ukuran tingginya iman dan takwa seseorang,” tuturnya.

Mantan Wakil Panglima TNI itu juga menyebut penggunaan niqab hanya budaya beberapa suku di Arab Saudi yang sudah mulai ditinggalkan. Malah saat ini, klaimnya, pengguna niqab lebih banyak di Indonesia.

“Bahwa niqab itu tidak ada ayatnya yang menganjurkan memakai niqab, tapi juga tidak ada yang melarang. Tapi kita ingin menggarisbawahi bahwa pemakain niqab itu tidak ada kaitannya dengan kualitas keimanan atau ibadah seseorang,” pungkasnya.

Beda Pandangan

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mempunyai pandangan berbeda soal penggunaan cadar di instansi pemerintahan. Meskipun enggan mengomentari wacana yang dilontarkan oleh Menag, Tjahjo mengaku tidak ada larangan bagi aparatur sipil negara (ASN) menggunakan cadar di lingkungan pemerintahan.

BACA JUGA  Pelajaran dari Guru Imam Syafi'i untuk Gus Muwafiq

“Setahu saya kok tidak ada aturan undang-undang ya yang di KemenPAN, tapi yang lainnya silakan cek,” ujar Tjahjo di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (31/10/2019), dikutip dari CNN.

Tjahjo mengungkapkan jika selama ini pemerintah tidak memiliki keluhan penggunaan celana cingkrang maupun cadar. Namun ia menegaskan, KemenpanRB tidak ikut campur tentang ide Menteri Agama Fachrul Razi yang akan melarang penggunaan cadar. Karena setiap instansi memiliki aturan rumah tangga masing-masing.

“Masing-masing instansi juga punya aturan seragamnya apa, pakai batik hari apa, pakai baju seragam hari apa,” ungkapnya.

Karena itu, Tjahjo mengungkapkan KemenPANRB akan menunggu kajian dari setiap kementerian terkait larangan penggunaan cadar dan nantinya tetap mengembalikan kewenangan pada setiap instansi.

“Ya sementara sih masih yang saya tahu masing-masing instansi punya aturan,” pungkasnya.

Reporter: Azzam Diponegoro
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Assad Mengaku Diuntungkan dengan Kesepakatan Erdogan-Putin

"Itu mungkin tidak mencapai segalanya ... itu membuka jalan untuk membebaskan daerah ini dalam waktu dekat yang kami harap," kata Assad.

Sabtu, 02/11/2019 13:12 0

Afrika

Kekeringan di Afrika Selatan, 45 Juta Orang Terancam Kelaparan

ekitar seperempat dari mereka saat ini mengalami kerawanan pangan akibat "kekeringan".

Sabtu, 02/11/2019 12:07 0

Rusia

Rusia Belum Sepenuhnya Yakin dengan Kematian Al-Baghdadi

Militer Rusia belum dapat mengkonfirmasi bahwa pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi terbunuh, sebagaimana dinyatakan oleh Amerika Serikat.

Sabtu, 02/11/2019 10:59 0

Rusia

Rusia: AS Selundupkan Minyak dari Suriah Senilai $30 Juta Tiap Bulan

Amerika Serikat juga mengendalikan "Tink Field", salah satu ladang terbesar di Suriah setelah "Field of Age", dan terletak di gurun Shu'ayat di pedesaan timur Deir Ezzor

Sabtu, 02/11/2019 08:54 0

Afrika

Puluhan Tentara Mali Tewas Disergap di Markas Militer

"Jumlah korban sementara meningkat menjadi 35 orang," kata pernyataan resmi militer di halam Facebook, seperti dilansir Al-Jazeera.

Sabtu, 02/11/2019 08:19 0

Eropa

Masjid Terbesar di Jerman Dihantui Teror Bom

Masjid Raya Cologne, yang terbesar di Jerman, dievakuasi pada hari Kamis (31/10/2019) menyusul ancaman bom.

Jum'at, 01/11/2019 15:40 0

Feature

Ahmad Si Pengembara dan Sepeda Onthelnya

Ahmad lalu mengatakan hendak menuju Bandung dengan sepeda onthelnya. Rencananya, ia akan melalui jalur tengah, yaitu Bogor, kemudian Cipanas dan Cianjur.

Jum'at, 01/11/2019 11:06 0

Turki

Turki Pulangkan Belasan Tentara Suriah yang Tertawan di Ras Al-Ain

Ke-18 tentara itu, kata pernyataan Kemenhan Turki, ditangkap pada Selasa lalu selama operasi penyisiran, pengintaian dan keamanan di kota Ras Al-Ain.

Jum'at, 01/11/2019 09:20 0

Afghanistan

Unit Militer Afghanistan Bentukan CIA Praktikkan Pembantaian dan Pelanggaran HAM

Pelanggaran-pelanggaran itu, jelas HRW, mengungkapkan pola pelanggaran hukum perang yang lebih besar.

Jum'at, 01/11/2019 08:35 0

Mesir

IM Desak PBB dan Lembaga HAM Selamatkan Dr. Mohamed Badie

Mohamed Badie adalah seorang akademisi Mesir, lahir pada 7 Agustus 1943.

Jum'at, 01/11/2019 07:49 0

Close