... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Soal Cadar, Menag Diminta Lebih Bijak Dalam Bersikap

Foto: Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi. (Foto: Jawapos)

KIBLAT.NET, Jakarta – Wakil Ketua Majelis Hukum dan HAM Muhammadiyah, Maneger Nasution mengingatkan bahwa Menteri Agama Fachrul Razi harus lebih bijak dalam mengambil keputusan. Pernyataan Maneger ini menyusul wacana Menag untuk melarang cadar di instansi pemerintah.

“Sekiranya ada perbedaan pandangan antara Pimpinan Instansi Pemerintah dengan pegawainya sendiri, ada baiknya pihak pimpinan instansi pemerintah menempuh cara-cara yang persuasif dan edukatif dengan mengedepankan dialog dengan pegawainya untuk menyelesaikan persoalan,” katanya saat dihubungi Kiblat.net pada Kamis (31/09/2019).

Di sisi lain, warga juga harus bisa untuk berdialog. Menurutnya, masyarakat harus menghindari sikap ekslusifitas dan pemutlakan terhadap argumennya sendiri yang memantik semakin terbukanya sikap saling curiga.

“Semua pihak bersetuju bahwa keberagamaan yang dikembangkan di Indonesia adalah keberagamaan yang otentik, inklusif, dan humanis, bukan keberaganaan yang ekslusif,” tuturnya.

Untuk itu, kata dia, dalam menyelesaikan persoalan yang sering dinarasikan pejabat sebagai radikalisme berbasis agama, sebaiknya dicari persoalan hulunya. Maneger menegaskan bahwa cadar bukanlah masalah inti dari radikalisme.

“Pelarangan dan apalagi penghukuman adalah persoalan hilir. Kalau persoalan hulunya tidak tersentuh, persoalan hilir akan terus terlahir. Pejabat publik sebaiknya lebih bijaksana dalam laku dan kata, jangan hanya merasa serba bisa, tapi juga harus bisa merasa sensitifitas publik,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Menag Fachrul Razi berencana melarang cadar di instansi pemerintah. Langkah ini diambil Fachrul untuk alasan keamanan pasca penusukan Wiranto.

BACA JUGA  Netty Aher: Ustadz Hilmi Aminuddin Berjasa Atas Kebangkitan Politik Islam

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Tekan Turki, DPR AS Loloskan Resolusi Kesultanan Ottoman Bantai Armenia

Pembantian itu terjadi pada era Perang Dunia I

Kamis, 31/10/2019 09:42 0

Malaysia

Bank-Bank Malaysia Blokir Rekening Warga dan Perusahaan Iran

"Hubungan kami sangat baik dengan Teheran, tetapi kami menghadapi tekanan yang sangat kuat dari pihak-pihak tertentu yang bisa Anda tebak,"

Kamis, 31/10/2019 07:38 0

Arab Saudi

Pertama Kalinya, Arab Saudi Gelar Pertandingan Gulat Putri

Pertandingan gulat ini menjadi bagian dari kegiatan "Riyadh Season".

Kamis, 31/10/2019 06:52 0

India

Balita Tenggelam di Bak Mandi Saat Orang Tuanya Nonton TV

Seorang anak balita tenggelam dalam bak air di rumahnya, sementara orang tuanya menonton operasi penyelamatan terhadap seorang balita Sujith Wilson di televisi.

Rabu, 30/10/2019 16:14 0

Suriah

Ditolak Negara Asal, Ini Lima Fakta Tahanan ISIS di Penjara Kurdi

Para keluarga anggota ISIS dikumpulkan di tiga kamp yang dikelola orang Kurdi: Rouj, Al-Houl (Al-Hasakah) dan Ain Issa (Al-Raqqa).

Rabu, 30/10/2019 10:29 0

Amerika

AS Akan Lawan Pihak yang Coba Dekati Ladang Minyak di Suriah Timur

"Amerika Serikat akan mempertahankan kendali atas ladang-ladang minyak di Suriah timur laut," kata Esper pada konferensi pers.

Rabu, 30/10/2019 08:55 0

Suriah

Pertempuran Meletus antara Militer Turki dan Suriah

"Ini merupakan bentrokan langsung pertama antara kedua pihak sejak Ankara melancarkan serangan untuk menjauhkan milisi Kurdi dari perbatasannya,” kata Abdel Rahman.

Rabu, 30/10/2019 08:10 0

Video News

Uki Eks NOAH: Muslim Indonesia Mayoritas Tapi Rasa Minoritas

Pagelaran Muslim United (MU) #2 yang digelar di Kota Gudeg, Yogyakarta, pada 11-13 Oktober 2019, tak hanya dihadiri masyarakat umum. Para artis dan musisi hijrah juga ikut serta.

Selasa, 29/10/2019 16:52 0

Suriah

Misi Baru AS di Suriah Usai Kematian Al-Baghdadi

Dalam menghadapi peringatan Turki untuk menyerang dan menciptakan "zona aman" di sisi perbatasan Suriah, Trump memerintahkan pasukan AS untuk mundur.

Selasa, 29/10/2019 15:53 0

Palestina

Eks Kepala Shin Bet: Israel Berambisi Memperluas Wilayahnya

Ami Ayalon, pemimpin Shin Bet dari 1995 hingga 2000 dan seorang panglima tertinggi angkatan laut Israel, membuka konvensi tahunan J Street di Washington pada hari Sabtu.

Selasa, 29/10/2019 15:37 0

Close