... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Kekerasan di Sekolah Jadi PR Nadiem Makarim

Foto: Nadiem Makarim. (Foto: Keponews)

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi Perlindungan Anak Indonesia merilis hasil pengawasan kekerasan dalam dunia pendidikan sepanjang tahun 2019. KPAI berharap hasil pengawasan ini dapat menjadi masukan bagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makariem yang beberapa waktu lalu dilantik.

Berbagai peristiwa kekerasan di lembaga pendidikan yang melibatkan guru, siswa dan orang tua masih terus terjadi sepanjang tahun 2019. Bahkan kekerasan tersebut mengakibatkan korban jiwa. KPAI mencontohkan kasus di Palembang dan Manado.

Di SMAS TI Palembang 2 siswa meninggal saat longmarch usai kegiatan MPLS. Sedangkan di SMPS kota Manado seorang siswa meninggal usai dihukum fisik karena terlambat. Masih di kota yang sama, seorang guru SMKS tewas ditusuk siswanya sendiri karena menegur siswanya yang merokok.

Selain kekerasan fisik, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga mencatat adanya kekerasan seksual sepanjang 2019 yang terjadi di lingkungan sekolah. Pelaku merupakan terdiri dari sejumlah guru dan kepala sekolah, dengan korban anak tertinggi berada pada jenjang usia Sekolah Dasar (SD).

“Modus mengiming-imingi maupun mengancam korban dilakukan oleh para pelaku yang notabene seorang pendidik. Guru dan kepala sekolah yang seharusnya menjadi pelindung anak didiknya ternyata justru menjadi predator bagi para siswanya. Korban tidak hanya anak perempuan, tetapi juga anak laki-laki,”ungkap Komisioner KPAI bidang Pendidikan, Retno Listyarti dalam konferensi pers yang digelar pada Rabu (30/10/2019) di kantor KPAI, Jakarta.

BACA JUGA  Masyarakat Masih Nekat Berkumpul, MIUMI Aceh: Meremehkan Himbauan Medis dan Ulama Menyalahi Syariat

Ia memaparkan bawha data kekerasan di pendidikan yang dimiliki KPAI, selain berasal dari pengaduan langsung juga berasal dari pengawasan langsung maupun pengawasan melalui media massa. Baik kekerasan fisik maupun kekerasan seksual.

Retno menambahkan, mata rantai kekerasan yang terus terjadi di lingkungan sekolah, baik kekerasan fisik, psikis maupun seksual, baik yang dilakukan siswa, guru maupun orangtua sudah seharusnya di putus. Menurutnya, sekolah sejatinya menjadi tempat yang aman dan nyaman buat peserta didik.

“KPAI berharap hal ini menjadi prioritas pekerjaan rumah yang harus di selesaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim,”pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Suriah

Rezim Assad Seru Milisi Kurdi Gabung Militer Pemerintah

Kementerian Dalam Negeri Suriah yang mengatakan bahwa pihaknya siap "menyediakan semua layanan yang berkaitan dengan urusan sipil kepada semua orang di wilayah Suriah yang mengalami kesulitan."

Kamis, 31/10/2019 10:37 0

Amerika

Tekan Turki, DPR AS Loloskan Resolusi Kesultanan Ottoman Bantai Armenia

Pembantian itu terjadi pada era Perang Dunia I

Kamis, 31/10/2019 09:42 0

Malaysia

Bank-Bank Malaysia Blokir Rekening Warga dan Perusahaan Iran

"Hubungan kami sangat baik dengan Teheran, tetapi kami menghadapi tekanan yang sangat kuat dari pihak-pihak tertentu yang bisa Anda tebak,"

Kamis, 31/10/2019 07:38 0

Arab Saudi

Pertama Kalinya, Arab Saudi Gelar Pertandingan Gulat Putri

Pertandingan gulat ini menjadi bagian dari kegiatan "Riyadh Season".

Kamis, 31/10/2019 06:52 0

India

Balita Tenggelam di Bak Mandi Saat Orang Tuanya Nonton TV

Seorang anak balita tenggelam dalam bak air di rumahnya, sementara orang tuanya menonton operasi penyelamatan terhadap seorang balita Sujith Wilson di televisi.

Rabu, 30/10/2019 16:14 0

Suriah

Ditolak Negara Asal, Ini Lima Fakta Tahanan ISIS di Penjara Kurdi

Para keluarga anggota ISIS dikumpulkan di tiga kamp yang dikelola orang Kurdi: Rouj, Al-Houl (Al-Hasakah) dan Ain Issa (Al-Raqqa).

Rabu, 30/10/2019 10:29 0

Amerika

AS Akan Lawan Pihak yang Coba Dekati Ladang Minyak di Suriah Timur

"Amerika Serikat akan mempertahankan kendali atas ladang-ladang minyak di Suriah timur laut," kata Esper pada konferensi pers.

Rabu, 30/10/2019 08:55 0

Suriah

Pertempuran Meletus antara Militer Turki dan Suriah

"Ini merupakan bentrokan langsung pertama antara kedua pihak sejak Ankara melancarkan serangan untuk menjauhkan milisi Kurdi dari perbatasannya,” kata Abdel Rahman.

Rabu, 30/10/2019 08:10 0

Video News

Uki Eks NOAH: Muslim Indonesia Mayoritas Tapi Rasa Minoritas

Pagelaran Muslim United (MU) #2 yang digelar di Kota Gudeg, Yogyakarta, pada 11-13 Oktober 2019, tak hanya dihadiri masyarakat umum. Para artis dan musisi hijrah juga ikut serta.

Selasa, 29/10/2019 16:52 0

Suriah

Misi Baru AS di Suriah Usai Kematian Al-Baghdadi

Dalam menghadapi peringatan Turki untuk menyerang dan menciptakan "zona aman" di sisi perbatasan Suriah, Trump memerintahkan pasukan AS untuk mundur.

Selasa, 29/10/2019 15:53 0

Close