... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

KontraS Pesimistis Presiden Jokowi Tegakkan Hukum dan HAM di Periode Kedua

Foto: Logo Kontras

KIBLAT.NET, Jakarta – Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan menanggap Presiden Jokowi gagal melindungi Hak Asasi Manusia di periode pertama. Bahkan, di periode kedua dengan melihat komposisi kabinet Indonesia Maju, KontraS menilai penanganan HAM akan hancur lebur.

“Di periode pertama gagal, dan periode kedua berpotensi hancur lebur. Karena saya juga kekurangan frasa untuk menggambarkan bagaimana situasi kedepannya untuk penegakan hukum dan HAM di Indonesia,” ujar Kepala Divisi Pemantauan Impunitas KontraS, Dimas Bagus Arya beberapa waktu lalu di kantornya, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.

“Dengan Beberapa indikator pemilihan pak Prabowo jadi Menhan, kemudian pengangkatan pak Tito yang masih punya PR jadi Mendagri, dan beberapa figur lain,” lanjutnya.

Dimas mencontohkan sosok Jaksa Agung yang menurutnya belum punya rekam jejak yang baik. Sehingga masyarakat belum bisa menguji akuntabilitas, integritas, dan kecakapannya.

“Kita bisa bilang bahwa masih tertutup kabut yang gelap dan mengarah pada kemunduran penegakan hukum,” ujarnya.

Bahkan, menurut Dimas, pemerintahan yang baru ini bukan hanya tidak konsen meneggakkan HAM. Namun sengaja tidak mau menjalankan kewajiban untuk menghormati, melindungi, dan menegakkan HAM.

Karena menurut Dimas, pelanggaran HAM berat masa lalu yang disebut Jokowi akan diselesaikannya dalam pemerintahan 2014-2019, nyatanya tidak juga selesai.

“Beberapa kasus yang cukup disoroti di pemerintahan pertama Jokowi itu kemungkinan besar juga akan tutup buku. Termasuk aksi mahasiswa dan 21-22 Mei,” pungkasnya.

BACA JUGA  Wamenag Sebut Demo Anarkis Tak Dibenarkan Agama

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

India

Balita Tenggelam di Bak Mandi Saat Orang Tuanya Nonton TV

Seorang anak balita tenggelam dalam bak air di rumahnya, sementara orang tuanya menonton operasi penyelamatan terhadap seorang balita Sujith Wilson di televisi.

Rabu, 30/10/2019 16:14 0

Suriah

Ditolak Negara Asal, Ini Lima Fakta Tahanan ISIS di Penjara Kurdi

Para keluarga anggota ISIS dikumpulkan di tiga kamp yang dikelola orang Kurdi: Rouj, Al-Houl (Al-Hasakah) dan Ain Issa (Al-Raqqa).

Rabu, 30/10/2019 10:29 0

Amerika

AS Akan Lawan Pihak yang Coba Dekati Ladang Minyak di Suriah Timur

"Amerika Serikat akan mempertahankan kendali atas ladang-ladang minyak di Suriah timur laut," kata Esper pada konferensi pers.

Rabu, 30/10/2019 08:55 0

Suriah

Pertempuran Meletus antara Militer Turki dan Suriah

"Ini merupakan bentrokan langsung pertama antara kedua pihak sejak Ankara melancarkan serangan untuk menjauhkan milisi Kurdi dari perbatasannya,” kata Abdel Rahman.

Rabu, 30/10/2019 08:10 0

Video News

Uki Eks NOAH: Muslim Indonesia Mayoritas Tapi Rasa Minoritas

Pagelaran Muslim United (MU) #2 yang digelar di Kota Gudeg, Yogyakarta, pada 11-13 Oktober 2019, tak hanya dihadiri masyarakat umum. Para artis dan musisi hijrah juga ikut serta.

Selasa, 29/10/2019 16:52 0

Suriah

Misi Baru AS di Suriah Usai Kematian Al-Baghdadi

Dalam menghadapi peringatan Turki untuk menyerang dan menciptakan "zona aman" di sisi perbatasan Suriah, Trump memerintahkan pasukan AS untuk mundur.

Selasa, 29/10/2019 15:53 0

Palestina

Eks Kepala Shin Bet: Israel Berambisi Memperluas Wilayahnya

Ami Ayalon, pemimpin Shin Bet dari 1995 hingga 2000 dan seorang panglima tertinggi angkatan laut Israel, membuka konvensi tahunan J Street di Washington pada hari Sabtu.

Selasa, 29/10/2019 15:37 0

News

10 Negara Penghasil Polusi Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk?

Data yang dirilis the Global Carbon Project, terdapat 10 negara penghasil polusi terbesar di dunia.

Selasa, 29/10/2019 14:37 0

Prancis

Masjid Ditembaki, Emmanuel Macron Berjanji Hukum Para Pelaku

Teror terhadap masjid kembali terjadi. Kali ini seorang pria berumur 84 tahun ditangkap oleh kepolisian Prancis usai menyerang masjid di kota Bayonne, Prancis selatan.

Selasa, 29/10/2019 12:11 0

Prancis

Kepergok Hendak Bakar Masjid, Ekstremis Prancis Tembak Dua Jemaah

“Pelaku kemudian membakar sebuah mobil sebelum melarikan diri,” kata pernyataan polisi.

Selasa, 29/10/2019 10:24 0

Close
CLOSE
CLOSE