... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

YLBHI Temukan 78 Kasus Pelanggaran Hak Kebebasan Berpendapat Selama 2019

Foto: Kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI).

KIBLAT.NET, Jakarta – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) mencatat setidaknya terdapat 78 kasus pelanggaran terhadap kebebasan berpendapat di muka umum selama 2019. Jumlah tersebut berdasakan hasil pemantauan LBH-LBH di berbagai daerah. YLBHI menyebut, jumlah tersebut hanyalah yang muncul di permukaan dan tercatat dalam database.

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan di webseite YLBHI pada Selasa (29/10/2019), dari 78 peristiwa pelanggaran terhadap kebebasan berpendapat dimuka umum yang tercatat, selama tahun 2019 tercatat minimal terdapat 6.128 orang korban, 51 orang diantaranya meninggal dunia, dan 324 orang diantaranya ialah korban dengan kategori anak.

Dari 78 kasus mayor yang tercatat oleh YLBHI, setidaknya 67 kali anggota Polri, baik dari level Polsek, Polres, Polda, hingga Mabes Polri menjadi aktor pelanggar.

“Satuan dari internal kepolisian yang melakukan pelanggaran juga tampak beragam, dari satuan Intelkam, Sabhara, Brimob, bahkan Satlantas,” tulis laporan tersebut.

Sementara itu, dari TNI sebanyak tujuh kali menjadi aktor pelanggar. Sama seperti institusi kepolisian, berbagai level dari Koramil hingga Kodam dan Mabes TNI bergantian menjadi aktor pelanggar.

Selanjutnya Satpol PP dan Pemerintah Pusat tercatat dua kali menjadi aktor pelanggar, sedangkan Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kota/Kab, Babinsa, dan Rumah Sakit tercatat masing-masing 1 kali menjadi aktor pelanggar. Sementara itu, dari unsur sipil, sebanyak lima kali organisasi kemasyarakatan (ormas) menjadi pelaku pelanggar.

BACA JUGA  Syekh Ali Jaber: Allah Selamatkan Saya dari Pembunuhan

YLBHI juga menyoroti institusi pendidikan baik tingkat universitas dan sekolah menengah atas karena menjadi aktor pelanggar terbanyak kedua setelah institusi kepolisian, yaitu sebanyak 8 kali . Sedangkan dari pihak sekolah, tercatat 4 kali menjadi aktor pelanggar.

“Hal ini terutama dengan gelombang aksi #ReformasiDiKorupsi yang memang massif dilakukan oleh mahasiswa di Indonesia,” lanjut laporan tersebut.

Dari temuan-temuan tersebut, YLBHI meyimpulkan bahwa telah terjadi pergeseran cara pandang pemerintah khususnya aparat penegak hukum tentang demonstrasi. Yaitu dari sebuah hak yang dilindungi konstitusi dan undang-undang, menjadi tindakan yang perlu diwaspadai bahkan sebuah kejahatan.

Hal itu ditandai dengan munculnya kebijakan yang membatasi hak menyampaikan pendapat di muka umum. Penghalang-halangan, perburuan hingga penangkapan tidak berlasan setelah aksi.

“Ini menunjukkan aparat menganggap sifat dasar demonstrasi adalah melanggar hukum,” tutup laporan tersebut.

Reporter: Qoid
Editor: Rusydan Abdul Hadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Prancis

Masjid Ditembaki, Emmanuel Macron Berjanji Hukum Para Pelaku

Teror terhadap masjid kembali terjadi. Kali ini seorang pria berumur 84 tahun ditangkap oleh kepolisian Prancis usai menyerang masjid di kota Bayonne, Prancis selatan.

Selasa, 29/10/2019 12:11 0

Prancis

Kepergok Hendak Bakar Masjid, Ekstremis Prancis Tembak Dua Jemaah

“Pelaku kemudian membakar sebuah mobil sebelum melarikan diri,” kata pernyataan polisi.

Selasa, 29/10/2019 10:24 0

Turki

Turki: Kami Berbagi Informasi dengan AS di Malam Pelumpuhan Al-Baghdadi

"Kehadiran organisasi teroris di Suriah dekat perbatasan kami atau di daerah lain adalah sesuatu yang tidak dapat kami terima," katanya kepada wartawan.

Selasa, 29/10/2019 09:17 0

Palestina

Hamas Siap Ikut Serta Pemilu Palestina Mendatang

"Kami masih dan akan terus berada di Hamas dengan pilihan rakyat kami dan menerima pilihan rakyat dan tidak akan menyelesihi mereka,” tegasnya.

Selasa, 29/10/2019 07:59 0

Video Kajian

Ust. Mas’ud Izzul Mujahid: Arah Perjuangan Umat Islam

Pada awal perjuangan Islam, Rasulullah sallallahu alaihi wasallam tetap memberikan harapan kemenangan kepada para Sahabat. Karena harapan kemenangan adalah kekuatan yang harus ditanamkan agar tetap memiliki semangat perjuangan yang tinggi.

Senin, 28/10/2019 17:36 0

Amerika

Pemburu Tewas Diserang Rusa yang Dikira Sudah Mati

Seorang pemburu di Amerika Serikat tewas oleh seekor rusa yang diyakini telah dibunuhnya. Demikian laporan surat kabar Inggris, The Telegraph.

Senin, 28/10/2019 16:20 0

News

Reaksi Dunia atas Kematian Al-Baghdadi; Israel Memuji, Rusia Skeptis

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pembunuhan al-Baghdadi menandai titik balik dalam perjuangan bersama melawan terorisme.

Senin, 28/10/2019 14:33 0

Irak

Tuntut Perbaikan Ekonomi, Para Pelajar Ikut Aksi Protes di Iraq

Para pelajar di Irak telah bergabung dengan protes anti-pemerintah di Baghdad. Ribuan orang berkumpul di pusat Tahrir di ibukota,

Senin, 28/10/2019 14:16 0

Amerika

Penembakan Massal di Texas, 2 Tewas dan Belasan Luka-luka

Dua orang tewas dan belasan lainnya terluka dalam sebuah insiden penembakan massal di sebuah pesta mahasiswa di Texas.

Senin, 28/10/2019 13:47 0

Suriah

Warga Kisahkan Malam Penggerebekan Abu Bakar Al-Baghdadi

Kami mendengar orang-orang yang berbicara bahasa asing

Senin, 28/10/2019 08:56 0

Close