... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Senator AS Minta Intelijen Selidiki Aplikasi TikTok China

Foto: Aplikasi TikTok buatan orang China

KIBLAT.NET, Washington – Pemimpin Minoritas Senat AS Chuck Schumer dan Senator Tom Cotton meminta para pejabat intelijen untuk menyelidiki apakah aplikasi populer TikTok yang dimiliki orang China itu menimbulkan risiko keamanan nasional.

Dalam sepucuk surat kepada Joseph Macguire, Rabu (23/10/2019), penjabat direktur intelijen nasional, para senator menyampaikan kekhawatiran tentang pengumpulan data pengguna platform berbagi video tersebut. Surat itu juga menengarai TikTok menggunakan kampanye pengaruh asing.

Perhatian meningkat di Amerika Serikat tentang masalah keamanan dan sensor yang melibatkan TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing, ByteDance, dan platform konten milik China lainnya. Senator Marco Rubio telah meminta pihak berwenang AS untuk meninjau kembali tuduhan bahwa pemerintah China menggunakan TikTok untuk penyensoran politik.

“Dengan lebih dari 110 juta unduhan di AS saja, TikTok adalah potensi ancaman kontra-intelijen yang tidak dapat kita abaikan,” tulis Schumer, Demokrat senior Senat, dan Cotton, seorang senator Partai Republik dari Arkansas.

Mereka mendesak para penyelidik untuk menyelidiki masalah pengumpulan data terkait lokasi pengguna TikTok dan informasi pribadi sensitif lainnya.

TikTok mengatakan data pengguna AS disimpan di Amerika Serikat, tetapi para senator mencatat bahwa ByteDance diatur oleh hukum China.

Bulan ini, Rubio meminta panel keamanan nasional AS untuk meninjau akuisisi ByteDance tentang Musical.ly Inc. Ia bertanya tentang mengapa Tiktok hanya memiliki beberapa video dari protes Hong Kong yang telah mendominasi berita utama internasional untuk bulan.

BACA JUGA  Musim Kampanye Pemilu AS, Trump Dinyatakan Positif Covid-19

CEO Facebook Mark Zuckerberg, yang produknya bersaing dengan TikTok khususnya untuk pengguna yang lebih muda, juga menyerang aplikasi ini karena masalah sensor.

TikTok mengatakan China tidak akan memiliki yurisdiksi atas konten aplikasi karena aplikasi tersebut tidak beroperasi di China.

“Pemerintah China tidak meminta konten sensor TikTok,” kata juru bicara TikTok dalam sebuah pernyataan kepada Reuters. “Agar lebih jelas: Kami tidak menghapus video berdasarkan keberadaan konten protes Hong Kong.”

Juru bicara itu mengatakan TikTok tidak memiliki rincian lain tentang permintaan para senator.

“TikTok berkomitmen untuk menjadi warga korporat yang tepercaya dan bertanggung jawab di AS, yang mencakup bekerja dengan Kongres dan semua badan pengatur terkait,” katanya.

Dalam pernyataan terpisah yang dipublikasikan di situs webnya pada hari Jumat, Tiktok mengatakan tidak dipengaruhi oleh pemerintah asing, termasuk China.

“TikTok tidak beroperasi di China, kami juga tidak memiliki niat untuk melakukannya di masa depan,” tambahnya.

Situs web TikTok.com diblokir di China dan aplikasi tidak tersedia di toko aplikasi Cina. Pengguna nomor ponsel yang terdaftar di China daratan tidak dapat masuk.

Namun, kekhawatiran tentang kemungkinan pengaruh asing pada pemilihan AS melalui platform media sosial telah tumbuh sejak badan intelijen AS menemukan Rusia melakukan kampanye pengaruh dunia maya untuk membantu memilih Presiden Donald Trump dalam pemilihan 2016. Meskipun, Moskow membantah klaim itu.

BACA JUGA  Tingkat Bunuh Diri Militer AS Naik 20% saat Pandemi Covid-19

Facebook minggu ini mengungkapkan telah menangguhkan jaringan akun Instagram yang dioperasikan dari Rusia yang menargetkan pemilih AS dengan pesan politik yang memecah menjelang pemilihan presiden tahun depan.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Pajero: Resep Manjur Meletusnya Revolusi di Nusantara

Inilah uniknya rumah Nusantara. Pintunya begitu berat. Ia hanya terbuka jika ada tekanan dari luar dan tarikan dari dalam. Kalau keduanya bekerja, barulah ia akan terbuka lebar. Kedua gaya itu biasanya bernuansa panas dari luar dan dalam. Meminjam akronim pelesetan merek sebuah mobil, “ Panas Jobo Jero,” alias Pajero yang bermakna panas luar dalam.

Jum'at, 25/10/2019 17:25 1

Indonesia

Jadi Mendagri, Tito Akan Sanksi Tegas Aparat Pemda Hambat Investasi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebutkan akan beri sanksi tegas dan penegakan hukum kepada aparatur Kemendagri dan aparatur Pemda yang melanggar hukum, menyalahgunakan kewenangannya, mempersulit perijinan, menghambat investasi, dan lainnya.

Jum'at, 25/10/2019 16:55 0

Analisis

Jerami Terakhir di Punggung Keledai

Sayang, sepertinya rejim Jokowi sangat percaya diri sebagai pemenang pemilu. Koreksi oposisi direspon dengan negatif. Yang paling mencolok adalah upaya membenturkan Islam dengan negara. Tuduhan makar dan radikal menjadi represi bagi oposisi, terutama dari kelompok kanan.

Jum'at, 25/10/2019 16:45 0

Indonesia

Mendagri Tito Ingin Menjaga Stabilitas Politik

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ingin menjaga stabilitas politik dalam negeri.

Jum'at, 25/10/2019 13:00 0

Indonesia

Waketum MUI Zainut Tauhid Diangkat Jadi Wakil Menag

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi diangkat menjadi Wakil Menteri Agama (Menag).

Jum'at, 25/10/2019 12:49 0

Indonesia

YLBHI Anggap Sulit Mengadili Pelanggar HAM Berat di Era Jokowi

YLBHI Anggap Sulit Mengadili Pelanggar HAM Berat di Era Jokowi

Jum'at, 25/10/2019 12:38 1

Indonesia

One Care Resmi Jadi Anggota Forum Zakat

Lembaga kemanusiaan One Care resmi bergabung menjadi anggota Forum Zakat (FOZ)

Jum'at, 25/10/2019 12:30 0

Indonesia

KontraS Kritik Pengangkatan Prabowo Jadi Menhan

penunjukkan Prabowo menjadi Menhan mengindikasikan lemahnya keberpihakan pemerintahan Joko Widodo terhadap isu Hak Asasi Manusia.

Kamis, 24/10/2019 19:29 0

Indonesia

Kemenag Salurkan Bantuan 3 Milyar ke Pesantren se Aceh

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyalurkan bantuan senilai Rp3,075 miliar untuk Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan Islam se Aceh tahun 2019.

Kamis, 24/10/2019 19:05 0

Indonesia

Angkat Prabowo Jadi Menhan, KontraS Nilai Presiden Tak Serius Lindungi HAM

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengecam keras keputusan Joko Widodo melibatkan terduga pelanggar Hak Asasi Manusia

Kamis, 24/10/2019 18:45 0

Close
CLOSE
CLOSE