... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

AS ke Turki: Sanksi Menanti Jika Aktifkan Sistem Rudal Rusia

Foto: Tentara Rusia S-400 Triumph untuk sistem rudal jarak menengah dan jarak jauh berlatih sebelum peringatan Perang Dunia II di Moskow. (Reuters)

KIBLAT.NET, Washington – Amerika Serikat akan menghindarkan Turki dari sanksi atas pembelian sistem rudal S-400 dari Rusia jika tidak diaktifkan. Kata seorang pejabat AS pada Jumat (25/10/2019).

Pada hari Rabu, Presiden Donald Trump mencabut sanksi terhadap Turki karena serangannya terhadap milisi Kurdi Suriah sekutu AS, yang menciptakan krisis antara sekutu NATO.

Kendati demikian ketegangan tetap ada. Turki masih menghadapi hukuman karena membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia meskipun bergabung dengan aliansi Barat.

“Mungkin ada kepala yang lebih dingin di Ankara yang mengatakan, demi Tuhan, jangan nyalakan (S-400) ini,” kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri kepada wartawan dengan syarat anonim.

Pejabat itu mengatakan tindaan itu dapat membantu Rusia mengasah keterampilannya dalam menembak jatuh pesawat dan rudal Barat.

“Masih ada pekerjaan untuk membuat Turki berjalan menjauh dari S-400 – baik itu mematikannya, mengirimnya kembali, menghancurkannya, apa pun yang Anda miliki,” kata pejabat Departemen Luar Negeri.

“Idealnya mereka seharusnya tidak pernah memperoleh atau menerima komponen S-400, tetapi sekarang garis itu telah dilintasi, itu adalah masalah bagaimana mengisolasi, mengkotakkan itu – menetralkannya – dan bergerak maju,” katanya.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tetap membangun hubungan dengan Rusia, yang sepakat untuk mengerahkan pasukan di Suriah utara untuk menggantikan pasukan AS yang ditarik oleh Trump.

BACA JUGA  Wah, Hacker Retas Data Pribadi 10,6 Juta Tamu Hotel

Senator Lindsey Graham, sekutu dekat Trump, mengatakan bahwa ia telah melakukan pertemuan langsung ke Turki untuk menghindari sanksi dengan tidak mengaktifkan S-400.

Di bawah undang-undang tahun 2017, Amerika Serikat diharuskan untuk menjatuhkan sanksi kepada negara mana pun jika mereka melakukan transaksi militer “signifikan” dengan musuh AS termasuk Rusia.

Sumber: Al-Arabiya
Redaktur: Ibas Fuadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Opini

Pajero: Resep Manjur Meletusnya Revolusi di Nusantara

Inilah uniknya rumah Nusantara. Pintunya begitu berat. Ia hanya terbuka jika ada tekanan dari luar dan tarikan dari dalam. Kalau keduanya bekerja, barulah ia akan terbuka lebar. Kedua gaya itu biasanya bernuansa panas dari luar dan dalam. Meminjam akronim pelesetan merek sebuah mobil, “ Panas Jobo Jero,” alias Pajero yang bermakna panas luar dalam.

Jum'at, 25/10/2019 17:25 1

Indonesia

Jadi Mendagri, Tito Akan Sanksi Tegas Aparat Pemda Hambat Investasi

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebutkan akan beri sanksi tegas dan penegakan hukum kepada aparatur Kemendagri dan aparatur Pemda yang melanggar hukum, menyalahgunakan kewenangannya, mempersulit perijinan, menghambat investasi, dan lainnya.

Jum'at, 25/10/2019 16:55 0

Analisis

Jerami Terakhir di Punggung Keledai

Sayang, sepertinya rejim Jokowi sangat percaya diri sebagai pemenang pemilu. Koreksi oposisi direspon dengan negatif. Yang paling mencolok adalah upaya membenturkan Islam dengan negara. Tuduhan makar dan radikal menjadi represi bagi oposisi, terutama dari kelompok kanan.

Jum'at, 25/10/2019 16:45 0

Indonesia

Mendagri Tito Ingin Menjaga Stabilitas Politik

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian ingin menjaga stabilitas politik dalam negeri.

Jum'at, 25/10/2019 13:00 0

Indonesia

Waketum MUI Zainut Tauhid Diangkat Jadi Wakil Menag

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi diangkat menjadi Wakil Menteri Agama (Menag).

Jum'at, 25/10/2019 12:49 0

Indonesia

YLBHI Anggap Sulit Mengadili Pelanggar HAM Berat di Era Jokowi

YLBHI Anggap Sulit Mengadili Pelanggar HAM Berat di Era Jokowi

Jum'at, 25/10/2019 12:38 1

Indonesia

One Care Resmi Jadi Anggota Forum Zakat

Lembaga kemanusiaan One Care resmi bergabung menjadi anggota Forum Zakat (FOZ)

Jum'at, 25/10/2019 12:30 0

Indonesia

KontraS Kritik Pengangkatan Prabowo Jadi Menhan

penunjukkan Prabowo menjadi Menhan mengindikasikan lemahnya keberpihakan pemerintahan Joko Widodo terhadap isu Hak Asasi Manusia.

Kamis, 24/10/2019 19:29 0

Indonesia

Kemenag Salurkan Bantuan 3 Milyar ke Pesantren se Aceh

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh menyalurkan bantuan senilai Rp3,075 miliar untuk Pondok Pesantren dan lembaga pendidikan Islam se Aceh tahun 2019.

Kamis, 24/10/2019 19:05 0

Indonesia

Angkat Prabowo Jadi Menhan, KontraS Nilai Presiden Tak Serius Lindungi HAM

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mengecam keras keputusan Joko Widodo melibatkan terduga pelanggar Hak Asasi Manusia

Kamis, 24/10/2019 18:45 0

Close