... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Wantim MUI Ingatkan Menag dan Mendikbud: Jangan Pragmatis

Foto: Wantim MUI

KIBLAT.NET, Jakarta – Dewan Pertimbangan (Wantim) Majelis Ulama Indonesia memberi perhatian khusus terhadap Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Agama dalam susunan kabinet baru.

Dalam konferensi pers Rapat Pleno ke-44 bertema Strategi Kebudayaan Umat Islam Pasca Pilpres 2019 di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Wantim memberi selamat kepada Kabinet terpilih. Meski demikian, Wantim mengingatkan jangan sampai kabinet baru itu melenceng dari budaya Indonesia.

“Terutama sekali terkait dengan Kementrian pendidikan dan Agama. Jangan sampai kementrian tersebut justru dihadapkan dan mengerjakan hal-hal yang bersifat praktis dan pragmatis, hal-hal yang bersifat matrealistik, artinya lupa akan akhlak dan membangun budaya manusia,” ujar Sekretaris Wantim MUI, Prof Noor Ahmad, Rabu (23/10/2019).

Noor mengatakan Indonesia harus tetap komitmen pada kebudayaan yang sesuai dengan Pancasila. Artinya adalah tetap memanusiakan manusia dalam konteks ketuhanan Yang Maha Esa.

“Jangan sampai, kita tercerabut dari budaya-budaya yang berdasarkan pada agama. Budaya didasarkan pada kemanusiaan, persatuan dan kerakyatan dan keadilan, itu yang kita kembangkan,” ujarnya.

Karenanya, Wantim MUI berharap Kemendikbud dan Kemenag tidak hanya mengerjakan hal-hal yang pragmatis, dan praktis. Noor menyebut, dalam rapat pleno sempat ada kekhawatiran jangan sampai kemudian, dari Kemendikbud dan Kemenag muncul labelisasi kepada Umat Islam.

“Tidak boleh ada label negatif di situ,” tukasnya.

Sebelumnya, Rabu pagi, Presiden RI mengumumkan nama-nama terpilih untuk ditugaskan menjadi Menteri dalam Kabinet pemerintahan Jokowi di Periode kedua ini. Nadiem Makarim mantan CEO Gojek dipilih menjadi Mendikbud, sementara untuk Menag, Jokowi memilih Purnawirawan TNI Fahrul Rozi.

BACA JUGA  PKS Minta Anggaran Kementrian dan Lembaga Difokuskan Atasi Corona

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Izhar Zulfikar


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Afrika

Penyelesaian Utang Luar Negeri Sudan Terhambat Status Negara Sponsor Terorisme

Sudan menghadapi serangkaian kesulitan politik dan ekonomi, terutama utang luar negeri sejak seabad terakhir.

Rabu, 23/10/2019 16:30 0

Wilayah Lain

Semprot Masjid dengan Water Cannon, Polisi Hong Kong Minta Maaf

Pemerintah Hong Kong meminta maaf kepada para pemimpin Muslim setelah polisi anti huru hara menyemprotkan sebuah masjid dan orang-orang di sekitarnya dengan water cannon untuk menghalau para pengunjuk rasa.

Rabu, 23/10/2019 15:41 0

China

China Undang Taliban Hadiri Dialog Intra-Afghanistan

China memfasilitasi pembicaraan di antara faksi-faksi saingan Afghanistan sebagai upaya mengakhiri perang bertahun-tahun setelah negosiasi antara Taliban dan Amerika Serikat gagal.

Rabu, 23/10/2019 15:23 0

Rusia

Turki-Rusia Tekan Kesepakatan Kelola Wilayah Suriah Utara

Selain itu, diberlakukan gencatan senjata selama 150 jam. Gencatan ini melanjutkan gencatan sebelumnya yang dicapai sebelumya dalam kesepakatan antara Turki dan AS.

Rabu, 23/10/2019 08:59 0

Afghanistan

Respon Menhan AS, Taliban: Kami Akan Terus Perangi Penjajah

Bumi Afghanistan adalah milik rakyat Afghanistan. Mereka berhak mendirikan pemerintahan Islam di tanah mereka sendiri.

Rabu, 23/10/2019 08:02 0

News

Aksi Protes Merebak di Penjuru Dunia, Apa Saja Motifnya?

Setelah berminggu-minggu protes di berbagai lokasi di seluruh dunia, kerusuhan baru pecah di Bolivia dan Sudan pada hari Senin (21/10/2019). Protes berlanjut di Libanon, Chili dan Hong Kong.

Selasa, 22/10/2019 14:44 1

Artikel

Umat Yang Terinjak Tarian Politik Oligarki

Sudah saatnya hal ini menjadi perhatian kita, termasuk umat Islam untuk bersikap cermat dan hati-hati agar tak lagi terinjak dalam oligarki yang sedang menari-nari dalam panggung politik. Hari ini berseteru, besok kemudian berpelukan mesra, sementara umat terinjak-injak dalam terjepit dalam genggaman mereka.

Selasa, 22/10/2019 14:28 0

Artikel

Menyingkap Peran Bollywood dalam Menutupi Kejahatan Israel

"Membujuk Bollywood untuk menghapus pelanggaran HAM Palestina adalah bagian dari strategi Israel," kata Apoorva PG, koordinator Asia Selatan untuk kampanye BDS.

Selasa, 22/10/2019 13:02 0

Irak

Konvoi Penarikan Pasukan AS dari Suriah Tiba di Irak

Iring-iringan tentara AS itu meninggalkan Suriah melalui penyeberagan perbatasan jembatan Fishkhabour yang berbatasan dengan segitiga Irak-Suriah-Turki

Selasa, 22/10/2019 07:14 0

Manhaj

Apakah Islam Tersebar Melalui Pedang?

Apakah Islam tersebar ke seantero alam dengan kekuatan pedang? Pertanyaan seperti di atas seringkali diulang-ulang dan ditanyakan kepada kelompok dan tokoh-tokoh Islam.

Senin, 21/10/2019 19:55 0

Close