... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Turki-Rusia Tekan Kesepakatan Kelola Wilayah Suriah Utara

KIBLAT.NET, Moskow – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan koleganya dari Rusia Vladimir Putin, Selasa (22/10/2019), meneken kesepakatan untuk melakukan patroli bersama di Suriah utara. Patroli ini dalam rangka memastikan milisi Kurdi keluar sejauh 30 kilometer dari perbatasan Turki dan meninggalkan kota Tal Rifaat dan Manbij.

“Hari ini kami mencapai kesepakatan bersejarah dengan Putin tentang perang melawan terorisme, tentang pelestarian integritas wilayah Suriah, kesatuan politik Suriah dan kembalinya para pengungsi,” kata Erdogan kepada media di akhir pertemuannya dengan Putin di Sochi, Rusia.

Dia menambahkan bahwa kami juga membicarakan situasi di zona de-eskalasi di Idlib. Saya, kata Erdogan, sangat senang Idlib tenang dan menurunnya eskalasi militer.

Erdogan mengatakan bahwa wilayah Suriah adalah daerah konflik di masa lalu. Namun melalui upaya Turki dalam beberapa tahun terakhir, Suriah kembali damai dan stabil.

Pada bagiannya, Putin mengatakan pembicaraannya dengan Erdogan telah menghasilkan keputusan yang sangat penting bagi Suriah. Ia menunjukkan, rincian hasil kesepakatan dalam pembicaraan ini akan diumumkan oleh menteri kedua negara.

Setelah itu, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengumumkan, setelah pertemuannya dengan Erdogan dan Putin, bahwa negaranya akan mengatur patroli keamanan bersama dengan Turki di tempat yang dikenal sebagai zona aman di wilayah Suriah yang berdekatan dengan Turki.

Lavrov menambahkan polisi militer Rusia dan penjaga perbatasan Suriah akan dikerahkan di sisi perbatasan Suriah dengan Turki mulai Rabu siang.

Selain itu, diberlakukan gencatan senjata selama 150 jam. Gencatan ini melanjutkan gencatan sebelumnya yang dicapai sebelumya dalam kesepakatan antara Turki dan AS.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu juga mengumumkan bahwa mulai 23 Oktober, patroli Rusia-Turki akan dilakukan di kedalaman 10 km di Suriah utara kecuali di Qamishli.

Dia menekankan bahwa kondisi seperti ini akan dipertahankan di wilayah-wilayah yang berhasil direbut dalam operasi militer terakhir, meliputi kota-kota Tel Abyad dan Ras al-Ain

Sumber: Al-Jazeera
Redaktur: Sulhi El-Izzi


Jika tulisan ini bermanfaat bagi Anda dan banyak orang, dukung kami membantu terus menginformasikan berita dan tulisan terbaik untuk Anda. Kiblat.net adalah media Islam independen non-partisan yang dikelola mandiri. Anda dapat memberikan donasi terbaik supaya kami dapat terus bekerja di bidang dakwah media.

Donasi Sekarang

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Indonesia

Indeks Kebebasan Politik dan Sipil Menurun di Era Jokowi-JK

Indeks kebebasan politik dan sipil di masa pemerintahan Jokowi-JK dinilai mengalami penurunan.

Selasa, 22/10/2019 18:24 0

Indonesia

Margarito Kamis: Kedepan, Kabinet Jokowi Akan Mengikuti Kemauan Kapitalis

Pakar Hukum Tata Negara, Margarito Kamis mengkritisi sikap elit politik di periode kedua Presiden Jokowi.

Selasa, 22/10/2019 16:01 0

Indonesia

Sohibul Iman: PKS Oposisi untuk Menjaga Marwah Demokrasi

Menyikapi persoalan pembentukan kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), mengeluarkan maklumat khsusus.

Selasa, 22/10/2019 15:02 0

Indonesia

Status Tingkat Aktivitas Gunung Tangkuban Parahu Menjadi Level I

Status Tingkat Aktivitas Gunung Tangkuban Parahu Menjadi Level I

Selasa, 22/10/2019 14:36 0

Artikel

Umat Yang Terinjak Tarian Politik Oligarki

Sudah saatnya hal ini menjadi perhatian kita, termasuk umat Islam untuk bersikap cermat dan hati-hati agar tak lagi terinjak dalam oligarki yang sedang menari-nari dalam panggung politik. Hari ini berseteru, besok kemudian berpelukan mesra, sementara umat terinjak-injak dalam terjepit dalam genggaman mereka.

Selasa, 22/10/2019 14:28 0

Artikel

Menyingkap Peran Bollywood dalam Menutupi Kejahatan Israel

"Membujuk Bollywood untuk menghapus pelanggaran HAM Palestina adalah bagian dari strategi Israel," kata Apoorva PG, koordinator Asia Selatan untuk kampanye BDS.

Selasa, 22/10/2019 13:02 0

Manhaj

Apakah Islam Tersebar Melalui Pedang?

Apakah Islam tersebar ke seantero alam dengan kekuatan pedang? Pertanyaan seperti di atas seringkali diulang-ulang dan ditanyakan kepada kelompok dan tokoh-tokoh Islam.

Senin, 21/10/2019 19:55 0

Opini

Bahaya Disertasi “Zina” Abdul Aziz

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA* KIBLAT.NET – Disertasi Abdul Azis mahasiswa program doktoral...

Senin, 21/10/2019 18:44 0

Indonesia

Berikut Lima Prioritas Kerja Jokowi-Ma’ruf Amin

Jokowi dalam pidato pelantikannya menyampaikan lima hal yang menjadi prioritas kerja untuk lima tahun ke depan.

Senin, 21/10/2019 18:06 0

Download

Alkitab Berubah, Benarkah?

Alkitab berubah, benarkah?

Senin, 21/10/2019 17:15 0

Close