China Undang Taliban Hadiri Dialog Intra-Afghanistan

KIBLAT.NET, Beijing – China memfasilitasi pembicaraan di antara faksi-faksi saingan Afghanistan sebagai upaya mengakhiri perang bertahun-tahun setelah negosiasi antara Taliban dan Amerika Serikat gagal.

Bulan lalu delegasi Taliban mengunjungi Beijing untuk mengadakan pembicaraan dengan para pejabat pemerintah.

“China telah mengundang delegasi … untuk berpartisipasi dalam dialog intra-Afghanistan,” kata seorang juru bicara Taliban, Suhail Shaheen, dalam sebuah posting di Twitter pada Selasa (22/10/2019) malam.

Dialog intra-Afghanistan bertujuan untuk rekonsiliasi antara pihak-pihak yang bertikai di Afghanistan. Dialog telah berjalan paralel antara Taliban dan Amerika Serikat.

Bulan lalu, Presiden AS Donald Trump menghentikan pembicaraan dengan Taliban. AS berharap bahwa kesepakatannya dengan Taliban akan membuka jalan bagi perundingan gencatan senjata dan pembagian kekuasaan antara pemerintah Afghanistan dan Taliban.

Taliban telah menolak untuk berbicara dengan pemerintah, mengecamnya sebagai boneka AS. Tetapi pejabat pemerintah tetap ikut ambil bagian dalam dialog intra-Afghanistan sebagai warga negara.

Shaheen mengatakan pembicaraan di China akan diadakan atas dasar itu.

“Semua peserta akan menghadiri pertemuan dalam kapasitas pribadi mereka dan mereka akan berbagi pendapat pribadi mereka untuk menyelesaikan masalah Afghanistan,” katanya.

Dia tidak mengungkapkan terkait waktu pembicaraan, sementara pejabat di kedutaan besar China di Kabul tidak tersedia untuk dimintai komentar.

Sumber: Arab News
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat