... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Status Tingkat Aktivitas Gunung Tangkuban Parahu Menjadi Level I

Foto: tangkuban perahu (sumber: BBC)

KIBLAT.NET, Jakarta – Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi BNPB, Agus Wibowo memaparkan bahwa Status tingkat aktivitas Gunung Tangkuban Parahu di Provinsi Jawa Barat menjadi level I atau normal. Penurunan status dari level II menjadi level I terhitung sejak 21 Oktober 2019, pukul 09.00 WIB.

“Penetapan status tingkat aktivitas ini berdasarkan surat edaran dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geoloig, Badan Geologi kepada Kepala BNPB, Gubernur Jawa Barat, Bupati Bandung Barat dan Subang,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Selasa (22/09/2019).

Selain itu, ia juga memaparkan bahwa status ini berdasarkan pengamatan visual dan instrumental yang menunjukkan pola penurunan. PVMBG melaporkan bahwa erupsi freatik sudah tidak teramati tetapi perlu diwaspadai ancaman peningkatan konsenstrasi gas-gas yang dapat membahayakan keselamatan jiwa yang masih mungkin terjadi di sekitar lubang kawah aktif saat ini.

“Dilihat pada pengamatan instrumental, gempa-gempa vulkanik (low frequency, vulkanik dalam dan vulkanik dangkal, tremor) masih terekam dengan kecenderungan energi gempa terus menurun. PVMBG juga mengamati bahwa pola deflasi atau pengempisan pada tubuh gunung yang mengindikasikan tidak ada pergerakan magma ke permukaan,” paparnya.

“Indikator lain yaitu pengukuran konsentrasi gas vulkanik, seperti SO2 dan H2S menunjukkan nilai di bawah ambang batas yang membahayakan,” sambungnya.

Sebagaimana diketahui, erupsi Gunung Tangkuban Parahu sempat mengkhawatirkan pengunjung atau wisatawan yang berada tidak jauh dari puncak kawah. Tinggi kolom erupsi yang terjadi pada 26 Juli 2019 lalu sekitar pukul 15.48 WIB mencapai sekitar 200 meter.

BACA JUGA  Soal Deradikalisasi, Dekan Fisipol UKI: Kita Belum Dengar Kisah Sukses dari BNPT

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Izhar Zulfikar

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Artikel

Umat Yang Terinjak Tarian Politik Oligarki

Sudah saatnya hal ini menjadi perhatian kita, termasuk umat Islam untuk bersikap cermat dan hati-hati agar tak lagi terinjak dalam oligarki yang sedang menari-nari dalam panggung politik. Hari ini berseteru, besok kemudian berpelukan mesra, sementara umat terinjak-injak dalam terjepit dalam genggaman mereka.

Selasa, 22/10/2019 14:28 0

Artikel

Menyingkap Peran Bollywood dalam Menutupi Kejahatan Israel

"Membujuk Bollywood untuk menghapus pelanggaran HAM Palestina adalah bagian dari strategi Israel," kata Apoorva PG, koordinator Asia Selatan untuk kampanye BDS.

Selasa, 22/10/2019 13:02 0

Irak

Konvoi Penarikan Pasukan AS dari Suriah Tiba di Irak

Iring-iringan tentara AS itu meninggalkan Suriah melalui penyeberagan perbatasan jembatan Fishkhabour yang berbatasan dengan segitiga Irak-Suriah-Turki

Selasa, 22/10/2019 07:14 0

Manhaj

Apakah Islam Tersebar Melalui Pedang?

Apakah Islam tersebar ke seantero alam dengan kekuatan pedang? Pertanyaan seperti di atas seringkali diulang-ulang dan ditanyakan kepada kelompok dan tokoh-tokoh Islam.

Senin, 21/10/2019 19:55 0

Opini

Bahaya Disertasi “Zina” Abdul Aziz

Oleh: Dr. Muhammad Yusran Hadi, Lc., MA* KIBLAT.NET – Disertasi Abdul Azis mahasiswa program doktoral...

Senin, 21/10/2019 18:44 0

Download

Alkitab Berubah, Benarkah?

Alkitab berubah, benarkah?

Senin, 21/10/2019 17:15 0

Artikel

Telaah Kritis Disertasi “Zina” Abdul Azis

Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan disertasi Abdul Azis mahasiswa program doktoral UIN Sunan Kalijaga yang memperbolehkan hubungan seks di luar nikah.

Senin, 21/10/2019 16:45 0

Suriah

AS Tinggalkan Pangkalan Militer Terbesarnya di Suriah Utara

Lima hari setelah serangan dimulai, Washington mengumumkan pada 14 Oktober bahwa sekitar 1.000 tentara AS di wilayah itu telah diperintahkan untuk mundur.

Senin, 21/10/2019 16:07 0

Asean

Bangladesh Mulai Pindahkan Pengungsi Rohingya ke Pulau Tak Layak Huni

pulau itu terpencil dan hancur oleh angin topan.

Senin, 21/10/2019 10:11 0

Turki

Turki Kembali Gelar Opsi Militer di Suriah Jika AS Ingkar Janji

"Jika janji-janji itu tidak ditepati, serangan Turki akan dilanjutkan, begitu 120 jam berakhir," kata Erdogan di Istanbul, dikutip dari Bernama.com.

Sabtu, 19/10/2019 10:59 0

Close