... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Penyintas Gempa Sulteng Terpaksa Makan Umbi hingga Buah-buahan

Foto: Gempa Sulteng.

KIBLAT.NET, Palu – Sudah setahun penyintas gempa Sulawesi Tengah hidup tanpa pekerjaan. Kondisi yang sulit memaksa mereka bertahan dengan memakan umbi hingga buah-buahan.

Meski sebagian besar sudah bergeser dari tenda-tenda pengungsi ke hunian sementara, para penyintas mengeluhkan sulitnya mendapatkan pekerjaan. Terlebih mereka tidak bisa lagi bergantung pada bantuan.

Erni misalnya, salah-satu penyintas asal Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Suami Erni sendiri berprofesi sebagai pedagang bakso yang menjajakan dagangannya sepekan sekali. Sementara penyintas di sekitarnya bekerja serabutan, mulai dari pedagang hingga buruh bangunan.

Meski demikian, hasil yang didapatkan tetap tak cukup untuk memenuhi kebutuhan. Meski terkadang tidak ada uang untuk membeli beras, Erni masih bersyukur bisa memakan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitarnya.

“Bantuan sembako sekarang sudah jarang. Kalau ada uang bisa beli beras, kalau tidak ada uang ya makan pepaya, ubi, makan jagung kalau ada. Karena separuhnya (penyintas) juga belum dapat lapangan kerja,” ujarnya pada relawan One Care Kamis (17/10/2019).

Kondisi serupa juga dirasakan oleh Aini. Ia mengeluhkan minimnya pelayanan dasar berupa pasokan air untuk konsumsi maupun bertani. Selain itu, ia juga berharap mendapatkan bantuan berupa kompor untuk memasak.

“Masih masak di tungku. Kita takut nanti terjadi apa-apa, soalnya rumahnya kan berdempet-dempetan,” ungkapnya.

Reporter: Syafi’i Iskandar
Editor: M. Rudy

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Wilayah Lain

Ibrahimovic Dikecam Penggemar Usai Berbagi Postingan Islamis

Striker Swedia itu, Zlatan Ibrahimovic mendapat kecaman dari para penggemar lokalnya setelah membagikan postingan Instagram dari seorang Islamis, Rashid Musa.

Jum'at, 18/10/2019 16:57 0

India

Polisi India Tangkap Puluhan Anak Kashmir

Affan adalah salah satu dari puluhan anak yang ditangkap oleh pihak berwenang India pada tengah malam dan dijebloskan ke penjara.

Jum'at, 18/10/2019 10:39 0

Palestina

Ratusan Warga Palestina Bentrok dengan Pemukim Yahudi dan Polisi Israel

"Demonstrasi ini untuk mencegah pendirian permukiman baru di daerah itu," kata Walid Assaf, kepala Wall and Settlement Authority kepada Reuters di sela-sela aksi itu.

Jum'at, 18/10/2019 08:55 0

Turki

Teken Perjanjian dengan AS, Turki Hentikan Sementara Kampanye Militer di Suriah

"Ketika elemen-elemen teroris meninggalkan daerah aman, kita akan menghentikan operasi," katanya.

Jum'at, 18/10/2019 08:21 0

Amerika

Kini, Trump Sebut Ancaman Kurdi di Suriah Lebih Besar dari ISIS

Pernyataan Trump ini bertentangan dengan pernyataannya pekan lalu serta penilaian resmi pemerintahannya yang mengkritik serangan militer Turki.

Kamis, 17/10/2019 17:33 0

Wilayah Lain

FAO: 820 Juta Orang di Dunia Menderita Kelaparan

Dalam sebuah laporan hari Senin, FAO mengatakan bahwa sekitar 14 persen dari makanan dunia hilang setiap tahun sebelum mencapai ritel.

Kamis, 17/10/2019 16:25 0

Palestina

Israel Tangkap Khatib Jumat Masjid Al-Aqsha

penyelidikan yang dihadapi Syaikh Nawahida terfokus pada isi khotbah Jumat yang disampaikannya pada Jumat lalu di Masjid Al-Aqsa. Pihak berwenang Israel menuduh isi khotbah tersebut menghasut anti-Israel.

Kamis, 17/10/2019 09:07 0

Suriah

Militer Suriah dan Gerilyawan Kurdi Bentrok dengan Pasukan Oposisi Pro-Turki

Militer Turki dan faksi oposisi dukungannya sudah merebut wilayah sejauh 120 km dari perbatasan Turki sejak operasi dengan sandi Spring of Piace itu diluncurkan awal pekan ini.

Kamis, 17/10/2019 08:33 0

Suriah

Media Rusia: Pangkalan AS yang Dikosongkan Diambil Alih Militer Suriah

Sebelumnya, laporan Rusia mengindikasikan bahwa pasukan pemerintah Suriah mengambil kendali kota Manbij, Tabqa, Ain Issa, al-Qamishli dan al-Hasakah.

Kamis, 17/10/2019 07:46 0

Qatar

Qatar Tak Dukung IM Maupun JN, Tapi Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Rabu, 16/10/2019 12:24 0

Close