... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Indonesia Terpilih Kembali Menjadi Anggota Dewan HAM PBB

KIBLAT.NET, Jakarta – Indonesia terpilih kembali menjadi anggota Dewan HAM PBB untuk periode 2020-2022 setelah mendapat 174 suara dalam pemilihan yang berlangsung dalam Sidang Majelis Umum PBB ke-74 di New York pada 17 Oktober kemarin.

“Dukungan terhadap Indonesia adalah amanah dan bukti kepercayaan internasional dan Indonesia memiliki rekam jejak dan kontribusi yang tinggi dalam pemajuan HAM melalui kerjasama internasional,” tegas Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Jakarta sesaat setelah pemilihan berlangsung di Markas Besar PBB, New York.

Indonesia memperoleh perolehan suara tertinggi untuk kawasan Asia Pasifik dan terpilih bersama tiga negara lainnya dari grup Asia Pasifik, yaitu Jepang (165 suara), Republik Korea (165 suara) dan Marshall Islands (123 suara).

Bagi Indonesia, lanjut Retno, keanggotaan ini juga merupakan bentuk pemenuhan mandat konstitusi dan penegasan komitmen Indonesia dalam penerapan norma HAM global tidak hanya di tingkat global, melainkan juga di tingkat regional dan nasional.

“Kemenangan ini adalah hasil kerja keras seluruh  elemen bangsa dan untuk itu ijinkan saya atas nama Kementerian Luar Negeri mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen bangsa, termasuk rekan-rekan media,”imbuhnya.

Dewan HAM PBB yang berlokasi di Jenewa merupakan organ antarpemerintah di PBB yang terdiri atas 47 negara anggota PBB dan bertanggung jawab untuk memperkuat pemajuan dan pelindungan HAM di seluruh dunia, menangani situasi pelanggaran HAM serta membuat rekomendasi terkait hal tersebut.

BACA JUGA  Larang Salam Semua Agama, MUI Jatim: Toleransi Ada Batasnya

Keanggotaan Indonesia di Dewan HAM PBB akan dimulai pada 2020 nanti, bersamaan dengan keanggotaan Indonesia di Dewan Keamanan PBB. Indonesia akan memulai masa tugasnya pada 1 Januari 2020 bersama dengan negara-negara Asia Pasifik lainnya yakni Afghanistan, Bahrain, Bangladesh, Fiji, India, Jepang, Marshall Islands, Nepal, Pakistan, Filipina, Qatar, dan Republik Korea.

Reporter: Qoid
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

India

Polisi India Tangkap Puluhan Anak Kashmir

Affan adalah salah satu dari puluhan anak yang ditangkap oleh pihak berwenang India pada tengah malam dan dijebloskan ke penjara.

Jum'at, 18/10/2019 10:39 0

Palestina

Ratusan Warga Palestina Bentrok dengan Pemukim Yahudi dan Polisi Israel

"Demonstrasi ini untuk mencegah pendirian permukiman baru di daerah itu," kata Walid Assaf, kepala Wall and Settlement Authority kepada Reuters di sela-sela aksi itu.

Jum'at, 18/10/2019 08:55 0

Turki

Teken Perjanjian dengan AS, Turki Hentikan Sementara Kampanye Militer di Suriah

"Ketika elemen-elemen teroris meninggalkan daerah aman, kita akan menghentikan operasi," katanya.

Jum'at, 18/10/2019 08:21 0

Amerika

Kini, Trump Sebut Ancaman Kurdi di Suriah Lebih Besar dari ISIS

Pernyataan Trump ini bertentangan dengan pernyataannya pekan lalu serta penilaian resmi pemerintahannya yang mengkritik serangan militer Turki.

Kamis, 17/10/2019 17:33 0

Wilayah Lain

FAO: 820 Juta Orang di Dunia Menderita Kelaparan

Dalam sebuah laporan hari Senin, FAO mengatakan bahwa sekitar 14 persen dari makanan dunia hilang setiap tahun sebelum mencapai ritel.

Kamis, 17/10/2019 16:25 0

Palestina

Israel Tangkap Khatib Jumat Masjid Al-Aqsha

penyelidikan yang dihadapi Syaikh Nawahida terfokus pada isi khotbah Jumat yang disampaikannya pada Jumat lalu di Masjid Al-Aqsa. Pihak berwenang Israel menuduh isi khotbah tersebut menghasut anti-Israel.

Kamis, 17/10/2019 09:07 0

Suriah

Militer Suriah dan Gerilyawan Kurdi Bentrok dengan Pasukan Oposisi Pro-Turki

Militer Turki dan faksi oposisi dukungannya sudah merebut wilayah sejauh 120 km dari perbatasan Turki sejak operasi dengan sandi Spring of Piace itu diluncurkan awal pekan ini.

Kamis, 17/10/2019 08:33 0

Suriah

Media Rusia: Pangkalan AS yang Dikosongkan Diambil Alih Militer Suriah

Sebelumnya, laporan Rusia mengindikasikan bahwa pasukan pemerintah Suriah mengambil kendali kota Manbij, Tabqa, Ain Issa, al-Qamishli dan al-Hasakah.

Kamis, 17/10/2019 07:46 0

Qatar

Qatar Tak Dukung IM Maupun JN, Tapi Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Rabu, 16/10/2019 12:24 0

Eropa

Kecam Serangan ke Wilayah Kurdi Suriah, Kanada Tangguhkan Izin Ekspor ke Turki

"Kanada mengecam keras serangan militer Turki ke Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan.

Rabu, 16/10/2019 09:30 0

Close