... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Tak Lagi Wewenang MUI, Begini Cara Baru Pengurusan Sertifikat Halal

Foto: Ilustrasi label halal.

KIBLAT.NET, Jakarta – Pemberian sertifikat halal kini tak sepenuhnya menjadi wewenang MUI. Sertifikasi halal kini menjadi wewenang sebuah badan di bawah Kementerian Agama yang bernama Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Penyelenggaraan Jaminan Produk Halal (JPH) secara efektif dimulai pada hari Kamis (17/10/2019). Dengannya, semua produk yang masuk dan beredar di Indonesia wajib mencantumkan sertifikat halal. Hal ini sesuai dengan UU Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH).

Meski telah dimulai, namun pelaku usaha yang belum memiliki sertifikat halal tidak akan langsung ditindak karena menyalahi aturan.

Menurut pasal 67 ayat 1 UU JPH disebutkan bahwa “Kewajiban bersertifikat halal bagi produk yang beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 mulai berlaku 5 (lima) tahun terhitung sejak Undang-Undang ini diundangkan,”

Menteri Agama, Lukman Hakim menjelaskan, kurun waktu 5 tahun tersebut adalah tenggang waktu bagi pelaku usaha untuk melakukan proses sertifikasi.

Dikutip dari website Kementerian Agama, ada lima tahap yang harus dilalui sebelum suatu produk medapatkan sertifikasi halal.

Pertama, pelaku usaha harus mengajukan permohonan sertifikat halal ke BPJPH (Badan penyelenggara Jaminan Produk Halal) dan menyerahkan dokumen berisi data nama dan jenis produk, daftar produk dan bahan yang digunakan, proses pengolahan produk dan sistem jaminan halal seperti apa yang digunakan.

Nantinya, BPJPH akan melakukan pemeriksaan dan meneliti seluruh persyaratan yang diserahkan oleh pelaku usaha.

BACA JUGA  Tim Advokasi Novel Baswedan Berharap Laporan Dewi Tanjung Tak Diproses

“Lalu kemudian tahap berikutnya pelaku usaha akan menentukan lembaga pemeriksa halal (LPH) untuk memeriksa produk-produk yang dijual atau dimakan,” terang Lukman di kantor Wapres pada Rabu (16/10/2019).

Tahap keempat, LPH akan melakukan pemeriksaan barang-barang itu dan hasilnya nanti akan diserahkan kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang akan memberikan fatwa kehalalan sebuah produk.

“Terakhir, pada tahapan yang kelima dari hasil fatwa Majelis Ulama Indonesia kemudian oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) barulah dikeluarkan sertifikasi halal,” pungkasnya.

Reporter: Qoid
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Kini, Trump Sebut Ancaman Kurdi di Suriah Lebih Besar dari ISIS

Pernyataan Trump ini bertentangan dengan pernyataannya pekan lalu serta penilaian resmi pemerintahannya yang mengkritik serangan militer Turki.

Kamis, 17/10/2019 17:33 0

Wilayah Lain

FAO: 820 Juta Orang di Dunia Menderita Kelaparan

Dalam sebuah laporan hari Senin, FAO mengatakan bahwa sekitar 14 persen dari makanan dunia hilang setiap tahun sebelum mencapai ritel.

Kamis, 17/10/2019 16:25 0

Palestina

Israel Tangkap Khatib Jumat Masjid Al-Aqsha

penyelidikan yang dihadapi Syaikh Nawahida terfokus pada isi khotbah Jumat yang disampaikannya pada Jumat lalu di Masjid Al-Aqsa. Pihak berwenang Israel menuduh isi khotbah tersebut menghasut anti-Israel.

Kamis, 17/10/2019 09:07 0

Suriah

Militer Suriah dan Gerilyawan Kurdi Bentrok dengan Pasukan Oposisi Pro-Turki

Militer Turki dan faksi oposisi dukungannya sudah merebut wilayah sejauh 120 km dari perbatasan Turki sejak operasi dengan sandi Spring of Piace itu diluncurkan awal pekan ini.

Kamis, 17/10/2019 08:33 0

Suriah

Media Rusia: Pangkalan AS yang Dikosongkan Diambil Alih Militer Suriah

Sebelumnya, laporan Rusia mengindikasikan bahwa pasukan pemerintah Suriah mengambil kendali kota Manbij, Tabqa, Ain Issa, al-Qamishli dan al-Hasakah.

Kamis, 17/10/2019 07:46 0

Qatar

Qatar Tak Dukung IM Maupun JN, Tapi Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Rabu, 16/10/2019 12:24 0

Eropa

Kecam Serangan ke Wilayah Kurdi Suriah, Kanada Tangguhkan Izin Ekspor ke Turki

"Kanada mengecam keras serangan militer Turki ke Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan.

Rabu, 16/10/2019 09:30 0

Suriah

Militer Assad Kontrol Manbij, Rusia Cegah Militer Turki dan Suriah Konfrontasi

"Saya pikir konfrontasi seperti itu tidak akan dapat diterima dan tidak ada kepentingan siapa pun. Oleh karena itu, kami tidak akan membiarkan hal-hal berjalan sejauh itu," kata Lavrov kepada kantor berita Rusia TASS.

Rabu, 16/10/2019 08:24 0

Arab Saudi

Arab Saudi dan Rusia Tandatangani 20 Kesepakatan Baru

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Salman, mengumumkan penandatanganan 20 perjanjian dengan Rusia selama pertemuan Kemitraan Energi Saudi-Rusia pada Senin (14/10/2019).

Selasa, 15/10/2019 16:25 0

Suriah

KBRI Pulangkan 13 TKI dari Suriah, 10 Diantaranya Terindikasi Korban Perdagangan Manusia

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus kembali merepatriasi TKI ke Indonesia, kali ini sebanyak 13 orang TKI dipulangkan via Bandara Internasional Beirut, Lebanon.

Selasa, 15/10/2019 14:12 0

Close