... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ribuan Polisi “Kepung” Ratusan Mahasiswa Peserta Aksi Tuntut Perppu KPK

Foto: Tuntut Presiden terbitkan Perppu KPK, ratusan mahasiswa turun ke jalan.

KIBLAT.NET, Jakarta – Sedikitnya 1600 anggota polisi mengamankan ratusan peserta aksi mahasiswa yang menuntut penerbitan Perppu KPK di depan Patung Kuda, jalan Merdeka Barat. Polisi melakukan pengamanan maksimal dengan cara “mengepung” peserta aksi.

Satu baris polisi bersiaga di mulut jalan Merdeka Barat tepat di perempatan Indosat. Sedangkan barrier Polisi dipasang di depan Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata.

“Ketika mereka melakukan aksi, kita melakukan pengamanan maksimal, kita mengamankan peserta aksi maupun masyarakat, jangan sampai nanti ada orang-orang yang menunggangi,” ujar Kapolsek Gambir, Kompol Dimastama Wiraga ditemui di belakang massa demonstran, Kamis (17/10/2019).

Selain menyiagakan 1600 anggotanya, kepolisian juga menyiagakan mobil water cannon di dalam barrier. Berdasar pantauan Kiblat.net, polisi tidak tampak membawa senjata berat seperti peluru karet ataupun gas air mata.

“Sekitar 1600 (anggota berjaga, red.) di sekitar Istanatidak hanya dari kepolisian saja, ada juga dari TNI, Polda Metro, Polres dan Polsek, serta Sabhara dan Brimob Nusantara,” ujarnya.

Polda Metro Jaya memang tidak mengizinkan adanya unjuk rasa antara tanggal 16-20 Oktober atau sampai pelantikan Presiden. Wiraga menyebut, namun jika ada unjuk rasa akan tetap diamankan oleh kepolisian.

“Polisi siaga jaga aksi demonstrasi. Mereka memberi pemberitahuan aksi, jika tidak memberi pemberitahuan, kami minta untuk segera menyelesaikan aksinya. Tapi karena situasinya berbeda dengan rutinitas, maka kami layani mereka, tapi seperti tertib waktu 18.00 WIB,” ujarnya.

BACA JUGA  Menkeu: Rancangan Biaya Belanja Negara Tahun 2020 Rp2.540 Triliun

Jika sudah tiba pukul 18.00 WIB, Wiraga menyebut Polisi tetap akan berlaku persuasif dan terus berkomunikasi dengan demonstran.

Massa mahasiswa peserta aksi sudah membubarkan diri pada pukul 16.30 WIB setelah melakukan demonstrasi dan memberikan spanduk besar bergambar ‘Tikus Berdasi’ kepada aparat polisi yang berjaga.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Amerika

Kini, Trump Sebut Ancaman Kurdi di Suriah Lebih Besar dari ISIS

Pernyataan Trump ini bertentangan dengan pernyataannya pekan lalu serta penilaian resmi pemerintahannya yang mengkritik serangan militer Turki.

Kamis, 17/10/2019 17:33 0

Wilayah Lain

FAO: 820 Juta Orang di Dunia Menderita Kelaparan

Dalam sebuah laporan hari Senin, FAO mengatakan bahwa sekitar 14 persen dari makanan dunia hilang setiap tahun sebelum mencapai ritel.

Kamis, 17/10/2019 16:25 0

Palestina

Israel Tangkap Khatib Jumat Masjid Al-Aqsha

penyelidikan yang dihadapi Syaikh Nawahida terfokus pada isi khotbah Jumat yang disampaikannya pada Jumat lalu di Masjid Al-Aqsa. Pihak berwenang Israel menuduh isi khotbah tersebut menghasut anti-Israel.

Kamis, 17/10/2019 09:07 0

Suriah

Militer Suriah dan Gerilyawan Kurdi Bentrok dengan Pasukan Oposisi Pro-Turki

Militer Turki dan faksi oposisi dukungannya sudah merebut wilayah sejauh 120 km dari perbatasan Turki sejak operasi dengan sandi Spring of Piace itu diluncurkan awal pekan ini.

Kamis, 17/10/2019 08:33 0

Suriah

Media Rusia: Pangkalan AS yang Dikosongkan Diambil Alih Militer Suriah

Sebelumnya, laporan Rusia mengindikasikan bahwa pasukan pemerintah Suriah mengambil kendali kota Manbij, Tabqa, Ain Issa, al-Qamishli dan al-Hasakah.

Kamis, 17/10/2019 07:46 0

Qatar

Qatar Tak Dukung IM Maupun JN, Tapi Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Rabu, 16/10/2019 12:24 0

Eropa

Kecam Serangan ke Wilayah Kurdi Suriah, Kanada Tangguhkan Izin Ekspor ke Turki

"Kanada mengecam keras serangan militer Turki ke Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan.

Rabu, 16/10/2019 09:30 0

Suriah

Militer Assad Kontrol Manbij, Rusia Cegah Militer Turki dan Suriah Konfrontasi

"Saya pikir konfrontasi seperti itu tidak akan dapat diterima dan tidak ada kepentingan siapa pun. Oleh karena itu, kami tidak akan membiarkan hal-hal berjalan sejauh itu," kata Lavrov kepada kantor berita Rusia TASS.

Rabu, 16/10/2019 08:24 0

Arab Saudi

Arab Saudi dan Rusia Tandatangani 20 Kesepakatan Baru

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Salman, mengumumkan penandatanganan 20 perjanjian dengan Rusia selama pertemuan Kemitraan Energi Saudi-Rusia pada Senin (14/10/2019).

Selasa, 15/10/2019 16:25 0

Suriah

KBRI Pulangkan 13 TKI dari Suriah, 10 Diantaranya Terindikasi Korban Perdagangan Manusia

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus kembali merepatriasi TKI ke Indonesia, kali ini sebanyak 13 orang TKI dipulangkan via Bandara Internasional Beirut, Lebanon.

Selasa, 15/10/2019 14:12 0

Close