... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Pakar: Perilaku Crosshijaber Termasuk Pelecehan Seksual

Foto: Guru besar IPB Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si.

KIBLAT.NET, Jakarta – Guru besar IPB Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si. menilai para pelaku crosshijaber, laki-laki yang memakai atribut muslimah seperti jilbab, gamis, bahkan cadar, sudah melebihi penyimpangan perilaku pada umumnya, yang bahkan bisa dikategorikan sebagai ekspresi gender.

Terlebih, jika melihat beberapa kasus dan postingan yang viral di media sosial, pelaku crosshijaber ini sudah meresahkan kaum wanita dengan memasuki toilet khusus wanita.

“Kalau dilihat dari laporan yang ada, mereka telah melewati batas sampai masuk masjid, toilet. Ini sudah merupakan tindak pidana termasuk dengan pelecehan seksual,” ujar Euis melalui sambungan telepon, Selasa (15/10/2019).

Euis menilai fenomena para pelaku crosshijaber yang sudah mengidentifikasi dirinya sendiri sampai membuat komunitas, sudah tidak bisa lagi disebut sebagai kenakalan remaja biasa. Menurutnya pelaku crosshijaber ini punya niat dan punya agenda tertentu.

Mengekspresikan diri, bukan hanya sekedar berpakaian tapi berdandan dan berperilaku seperti perempuan, sebut Euis merupakan perilaku yang melebihi kenakalan biasa, dan fenomena ini diakui Euis sebenarnya sudah lama di Indonesia, hanya saja perilaku tersebut dilakukan perorangan.

“Persolannya sekarang adalah dia kan bikin kelompok, komunitas, punya intensi, punya niat, punya misi, ini fenomena barunya. Ini adalah penyimpangan perilaku. Kejadian orang perorang sih sudah ditengarai lama, tapi satu persatu, tapi kalau sampai membuat grup dan komunitas di medsos, ini relatif baru diungkap di masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA  Soal Sukmawati, Menteri Agama Enggan Berkomentar

Penyimpangan perilaku ini, sebut Euis, sudah melewati batas karena laki-laki yang memakai hijab ini masuk ke toilet perempuan, bersama-sama di barisan wanita di masjid.

“Dalam Islam jelas dilarang, karena sudah jelas dilarang menyerupai lawan jenis,” tutupnya.

Reporter: Muhammad Jundii
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Tangkap Khatib Jumat Masjid Al-Aqsha

penyelidikan yang dihadapi Syaikh Nawahida terfokus pada isi khotbah Jumat yang disampaikannya pada Jumat lalu di Masjid Al-Aqsa. Pihak berwenang Israel menuduh isi khotbah tersebut menghasut anti-Israel.

Kamis, 17/10/2019 09:07 0

Suriah

Militer Suriah dan Gerilyawan Kurdi Bentrok dengan Pasukan Oposisi Pro-Turki

Militer Turki dan faksi oposisi dukungannya sudah merebut wilayah sejauh 120 km dari perbatasan Turki sejak operasi dengan sandi Spring of Piace itu diluncurkan awal pekan ini.

Kamis, 17/10/2019 08:33 0

Suriah

Media Rusia: Pangkalan AS yang Dikosongkan Diambil Alih Militer Suriah

Sebelumnya, laporan Rusia mengindikasikan bahwa pasukan pemerintah Suriah mengambil kendali kota Manbij, Tabqa, Ain Issa, al-Qamishli dan al-Hasakah.

Kamis, 17/10/2019 07:46 0

Qatar

Qatar Tak Dukung IM Maupun JN, Tapi Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Rabu, 16/10/2019 12:24 0

Eropa

Kecam Serangan ke Wilayah Kurdi Suriah, Kanada Tangguhkan Izin Ekspor ke Turki

"Kanada mengecam keras serangan militer Turki ke Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan.

Rabu, 16/10/2019 09:30 0

Suriah

Militer Assad Kontrol Manbij, Rusia Cegah Militer Turki dan Suriah Konfrontasi

"Saya pikir konfrontasi seperti itu tidak akan dapat diterima dan tidak ada kepentingan siapa pun. Oleh karena itu, kami tidak akan membiarkan hal-hal berjalan sejauh itu," kata Lavrov kepada kantor berita Rusia TASS.

Rabu, 16/10/2019 08:24 0

Arab Saudi

Arab Saudi dan Rusia Tandatangani 20 Kesepakatan Baru

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Salman, mengumumkan penandatanganan 20 perjanjian dengan Rusia selama pertemuan Kemitraan Energi Saudi-Rusia pada Senin (14/10/2019).

Selasa, 15/10/2019 16:25 0

Suriah

KBRI Pulangkan 13 TKI dari Suriah, 10 Diantaranya Terindikasi Korban Perdagangan Manusia

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus kembali merepatriasi TKI ke Indonesia, kali ini sebanyak 13 orang TKI dipulangkan via Bandara Internasional Beirut, Lebanon.

Selasa, 15/10/2019 14:12 0

Malaysia

Malaysia Akan Berlakukan Larangan Total untuk Vape

Malaysia sedang mempertimbangkan larangan lengkap dengan regulasi baru.

Selasa, 15/10/2019 13:01 0

Asia

Badai Memicu Banjir di Jepang, 67 Orang Dilaporkan Tewas

Topan Hagibis menerjang negara itu pada Sabtu malam, menghembuskan angin kencang dan hujan lebat di 36 dari 47 prefektur negara itu. Hujan memicu tanah longsor dan bencana banjir.

Selasa, 15/10/2019 12:10 0

Close