... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Obati Ninoy Karundeng, Dokter Insani Malah Jadi Tersangka

Foto: Polda Metro Jaya.

KIBLAT.NET, Jakarta – Dokter Insani menjadi tim medis saat kasus penganiayaan yang menimpa Ninoy Karundeng di Masjid Al-Falah. Nahas, ia yang mengobati Ninoy justru ditahan oleh kepolisisan Polda Metro Jaya, bahkan ditetapkan sebagai tersangka.

Kuasa Hukum Insani, Ghufroni menegaskan bahwa penetapan tersangka dokter Insani Zulfah Hayati yang menjadi tim medis di Masjid Al-Falah dinilai tidak memperhatikan nilai-nilai etik profesi kedokteran yang diatur dalam UU No. 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran.

“Terlebih lagi telah ada MoU antara IDI dan Kapolri tahun 2017 terkait dokter yang dilaporkan kasus pidana, yang mana MoU tersebut tindak lanjut dari UU Praktik Kedokteran. Apalagi dokter Insani merupakan salah satu anggota atau member dari Ikatan Dokter Indonesia, organisasi para dokter bernaung,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kiblat.net pada Kamis (17/09/2019).

Menurut penuturan kliennya, dokter Insani di Masjid Al-Falah konteksnya sedang menjalankan tugas profesinya sebagai dokter yang memberi pengobatan kepada pelajar yang terluka karena aksi unjuk rasa. Termasuk mengobati Ninoy Karundeng yang pada saat itu berada di dalam Masjid Al-Falah.

“Dokter Insani tidak melakukan intimidasi kepada Ninoy. Apalagi menyekap,” paparnya.

Ia menegaskan bahwa seorang dokter yang sedang menjalankan tugas profesinya dilindungi secara hukum oleh UU Praktik Kedokteran. Hal serupa juga berlaku pada profesi wartawan dan advokat, tidak dapat dipidana jika sedang menjalankan tugas profesinya masing-masing.

BACA JUGA  Tanggapi Wamenag, Sekjen MUI: Yang Timbulkan Kontroversi Salam Lintas Agama

Maka, kuasa hukum berharap kepolisian meninjau kembali penetapan tersangka tersebut dan membawa laporan kasus tersebut terlebih dahulu ke MKDKI untuk diproses ada tidaknya pelanggaran profesi kedokteran yang dilakukan dokter Insani.

Karena dalam Pasal 66 UU Praktik Kedokteran ditegaskan terhadap dugaan pelanggaran undang-undang seorang dokter yang sedang menjalankan tugas profesinya diadukan dan diputuskan oleh Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI).

“Jika MKDKI memutuskan ada pelanggaran etik profesi, kuasa hukum mempersilahkan proses hukum berjalan. Tetapi jika MKDK memutuskan tidak ada pelanggaran, dokter insani harus dibebaskan dari segala sangkaan atau tuduhan,” pungkasnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: Rusydan Abdul Hadi

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Palestina

Israel Tangkap Khatib Jumat Masjid Al-Aqsha

penyelidikan yang dihadapi Syaikh Nawahida terfokus pada isi khotbah Jumat yang disampaikannya pada Jumat lalu di Masjid Al-Aqsa. Pihak berwenang Israel menuduh isi khotbah tersebut menghasut anti-Israel.

Kamis, 17/10/2019 09:07 0

Suriah

Militer Suriah dan Gerilyawan Kurdi Bentrok dengan Pasukan Oposisi Pro-Turki

Militer Turki dan faksi oposisi dukungannya sudah merebut wilayah sejauh 120 km dari perbatasan Turki sejak operasi dengan sandi Spring of Piace itu diluncurkan awal pekan ini.

Kamis, 17/10/2019 08:33 0

Suriah

Media Rusia: Pangkalan AS yang Dikosongkan Diambil Alih Militer Suriah

Sebelumnya, laporan Rusia mengindikasikan bahwa pasukan pemerintah Suriah mengambil kendali kota Manbij, Tabqa, Ain Issa, al-Qamishli dan al-Hasakah.

Kamis, 17/10/2019 07:46 0

Qatar

Qatar Tak Dukung IM Maupun JN, Tapi Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Rabu, 16/10/2019 12:24 0

Eropa

Kecam Serangan ke Wilayah Kurdi Suriah, Kanada Tangguhkan Izin Ekspor ke Turki

"Kanada mengecam keras serangan militer Turki ke Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan.

Rabu, 16/10/2019 09:30 0

Suriah

Militer Assad Kontrol Manbij, Rusia Cegah Militer Turki dan Suriah Konfrontasi

"Saya pikir konfrontasi seperti itu tidak akan dapat diterima dan tidak ada kepentingan siapa pun. Oleh karena itu, kami tidak akan membiarkan hal-hal berjalan sejauh itu," kata Lavrov kepada kantor berita Rusia TASS.

Rabu, 16/10/2019 08:24 0

Arab Saudi

Arab Saudi dan Rusia Tandatangani 20 Kesepakatan Baru

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Salman, mengumumkan penandatanganan 20 perjanjian dengan Rusia selama pertemuan Kemitraan Energi Saudi-Rusia pada Senin (14/10/2019).

Selasa, 15/10/2019 16:25 0

Suriah

KBRI Pulangkan 13 TKI dari Suriah, 10 Diantaranya Terindikasi Korban Perdagangan Manusia

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus kembali merepatriasi TKI ke Indonesia, kali ini sebanyak 13 orang TKI dipulangkan via Bandara Internasional Beirut, Lebanon.

Selasa, 15/10/2019 14:12 0

Malaysia

Malaysia Akan Berlakukan Larangan Total untuk Vape

Malaysia sedang mempertimbangkan larangan lengkap dengan regulasi baru.

Selasa, 15/10/2019 13:01 0

Asia

Badai Memicu Banjir di Jepang, 67 Orang Dilaporkan Tewas

Topan Hagibis menerjang negara itu pada Sabtu malam, menghembuskan angin kencang dan hujan lebat di 36 dari 47 prefektur negara itu. Hujan memicu tanah longsor dan bencana banjir.

Selasa, 15/10/2019 12:10 0

Close