... Waktu Shalat
...
Shubuh
...
Dzuhur
...
Ashar
...
Maghrib
...
Isya
...

News

Ketua Nasyiatul Aisyiyah Himbau Penegak Hukum Segera Tangani Fenomena Crosshijaber

Foto: Logo Nasyiatul Aisyiyah

KIBLAT.NET, Jakarta – Fenomena crosshijaber akhir-akhir ini dirasa sangat meresahkan masyarakat. Apalagi dengan adanya akun sosial media yang menjadi komunitas para pelaku crosshijaber tersebut.
Menanggapi hal ini, Ketua Umum Nasyiatul Aisyiyah Diyah Puspitarini menjelaskan bahwa dari kacamata agama, perbuatan crosshijaber sangatlah tidak dibenarkan apalagi jika sampai merambah pada hal peribadatan.

“Memang tidak dibenarkan. Jelas, laki-laki jangan menyerupai perempuan dan perempuan jangan menyerupai laki-laki,” kata Diyah merujuk pada hadits riwayat Al-Bukhâri, no. 5885; Abu Dawud, no. 4097; Tirmidzi, no. 2991 yang menyebut Rasulullah melaknat orang yang menyerupai lawan jenisnya.

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW bersabda:

لَعنَ رسُولُ اللَّهِ ﷺ المُتَشبِّهين مِن الرِّجالِ بِالنساءِ، والمُتَشبِّهَات مِن النِّسَاءِ بِالرِّجالِ” رواه البخاري

Artinya, “Rasulullah melaknat laki-laki yang menyerupai perempuan dan perempuan yang menyerupai laki-laki.” (HR Bukhori)

Meski begitu, Diyah melihat adanya kecenderungan terjadinya pernyimpangan psikologis dalam fenomena crosshijaber. Jika benar adanya, ia menekankan perlu adanya pembinaan yang melibatkan berbagai pihak, termasuk keluarga, masyarakat dan pemerintah.

“Atau mungkin ada faktor lain, seperti sengaja membuat kegaduhan dan keresahan di masyarakat, maka dalam hal ini menjadi tugas dari penegak hukum,” ujar Diyah melalui aplikasi perpesanan WhatsApp kepada kiblat.net pada Selasa malam (15/10/2019).

Ia pun menghimbau agar penegak hukum bertindak cepat menangani maraknya crosshijaber agar segera diketahui penyebabnya, untuk selanjutnya segera dilakukan pembinaan baik secara psikologis maupun agama.

BACA JUGA  Kesehatan Menurun, Bernard Abdul Jabbar Dapat Penangguhan Penahanan

“Dan kepada setiap warga masyarakat yang melihat atau bertemu, mohon untuk pro aktif menyampaikan informasi kepada pihak yang berwenang agar segera dilakukan tindakan, baik pengamanan, interogasi ataupun pembinaan,”pungkas Diyah.

Reporter: Qaid
Editor: Arju

Share on Facebook Share on Twitter

Apa Reaksi Anda Tentang Artikel Ini?

Ikuti Topik:

Berikan komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Berita Lainnya

Qatar

Qatar Tak Dukung IM Maupun JN, Tapi Dukung Morsi dan Oposisi Suriah

Menlu Qatar itu mengatakan bahwa negaranya mendukung oposisi bersenjata Suriah secara umum dan tidak mengarahkan dukungannya terhadap Jabhah Nusrah. Ini seperti negara-negara lain yang mendukung faksi oposisi bersenjata pada umumnya.

Rabu, 16/10/2019 12:24 0

Eropa

Kecam Serangan ke Wilayah Kurdi Suriah, Kanada Tangguhkan Izin Ekspor ke Turki

"Kanada mengecam keras serangan militer Turki ke Suriah," kata Kementerian Luar Negeri Kanada dalam sebuah pernyataan.

Rabu, 16/10/2019 09:30 0

Suriah

Militer Assad Kontrol Manbij, Rusia Cegah Militer Turki dan Suriah Konfrontasi

"Saya pikir konfrontasi seperti itu tidak akan dapat diterima dan tidak ada kepentingan siapa pun. Oleh karena itu, kami tidak akan membiarkan hal-hal berjalan sejauh itu," kata Lavrov kepada kantor berita Rusia TASS.

Rabu, 16/10/2019 08:24 0

Arab Saudi

Arab Saudi dan Rusia Tandatangani 20 Kesepakatan Baru

Menteri Energi Saudi Pangeran Abdul Aziz bin Salman, mengumumkan penandatanganan 20 perjanjian dengan Rusia selama pertemuan Kemitraan Energi Saudi-Rusia pada Senin (14/10/2019).

Selasa, 15/10/2019 16:25 0

Suriah

KBRI Pulangkan 13 TKI dari Suriah, 10 Diantaranya Terindikasi Korban Perdagangan Manusia

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Damaskus kembali merepatriasi TKI ke Indonesia, kali ini sebanyak 13 orang TKI dipulangkan via Bandara Internasional Beirut, Lebanon.

Selasa, 15/10/2019 14:12 0

Malaysia

Malaysia Akan Berlakukan Larangan Total untuk Vape

Malaysia sedang mempertimbangkan larangan lengkap dengan regulasi baru.

Selasa, 15/10/2019 13:01 0

Asia

Badai Memicu Banjir di Jepang, 67 Orang Dilaporkan Tewas

Topan Hagibis menerjang negara itu pada Sabtu malam, menghembuskan angin kencang dan hujan lebat di 36 dari 47 prefektur negara itu. Hujan memicu tanah longsor dan bencana banjir.

Selasa, 15/10/2019 12:10 0

Arab Saudi

Kunjungi Saudi, Putin Perluas Pengaruh di Timur Tengah

Presiden Rusia Vladimir Putin mengunjungi Arab Saudi pada Senin (14/10/2019) untuk pertama kalinya selama lebih dari satu dekade.

Senin, 14/10/2019 16:00 0

Suriah

Hadapi Turki, Kurdi Suriah Jalin Kesepakatan dengan Rezim Assad

Pemerintah Kurdi di Suriah utara menjalin kesepakatan dengan pemerintah Damaskus mengenai pengerahan pasukan di dekat perbatasan dengan Turki untuk menghadapi serangan Ankara.

Senin, 14/10/2019 13:51 0

Turki

Erdogan: Kami Sudah Bebaskan 109 Km² Wilayah Timur Laut Suriah

Erdogan juga mengklaim, pasukannya berhasil melumpuhkan sebanyak 490 “teroris”, dengan rincian 440 tewas dan 26 luka-luka, dan 24 ditawan.

Senin, 14/10/2019 08:29 0

Close