Event Muslim United, Ustadz Abdul Somad Bahas Masalah Iman

KIBLAT.NET, Yogyakarta – Ustadz Abdul Somad menjadi pembicara terakhir di acara Muslim United hari kedua. Ia datang di Masjid Jogokariyan sekitar pukul 20.15 WIB.

Lantunan shalawat mengiringi kedatangan Dai asal Riau ini. Sesekali ia menyapa jamaah yang sudah menunggunya dari pagi.

Saat memberikan ceramah, Ustadz Somad menerangkan tentang perkara iman. Menurutnya, iman diibaratkan seperti benih. Maka, ia harus sering mendapat siraman supaya menjadi tanaman.

“Semua manusia yang lahir bawa benih iman. Tapi tidak semua benih itu hidup. Ketika benih masuk ke pot, disiram. Pecah bijinya, muncul batangnya, dan mulai berbunga dan semua orang senang,” katanya pada Sabtu (12/09/2019).

Benih namanya iman, kata dia, sedangkan air yang menyiram adalah ilmu. Benih iman kalau tidak disiram dengan ilmu dia akan mati.

“Makanya tadi pengajian, (sebagai) siraman. Ini harus disiram, karena (jika) kekeringan menyebabkan iman mati,” tuturnya.

Ia lalu mengingatkan tentang kematian, bahwa jika kita meninggal yang dibawa ke hadapan Allah adalah iman. Selama ini, banyak manusia yang lebih memperhatikan zahir daripada batin.

“Menghadap Allah jasad atau iman? Iman. Sekarang yg diperhatikan jasad atau iman? Jasad. Dari atas sampai bawah yang diperhatikan zahir. Padahal mati yang membawa iman,” ucapnya.

Reporter: Taufiq Ishaq
Editor: M. Rudy

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat