Laporan: Kapal Tanker Iran Meledak di Lepas Pantai Saudi

KIBLAT.NET, Teheran – Sebuah ledakan telah menyebabkan kebakaran pada sebuah kapal tanker Iran di dekat pantai Arab Saudi. Laporan dikeluarkan oleh media Iran, Jumat (11/10/2019).

Ketika insiden terjadi, kapal milik perusahaan minyak nasional Iran (NOIC), berada 60 mil (97 km) dari kota pelabuhan Saudi, Jeddah.

Dua tangki penyimpanan utama kapal disebut rusak, menyebabkan tumpahan minyak ke Laut Merah. Namun tidak ada yang terluka.

NOIC mengklaim kapal itu terkena rudal, tetapi tidak memberikan bukti.

“Perusahaan tanker nasional Iran (NITC) mengatakan api telah padam dan tumpahan minyak berkurang seminimal mungkin,” lapor situs berita Iran Front Page.

TV pemerintah Iran mengidentifikasi kapal itu sebagai kapal tanker minyak Sinopa. Perusahaan pelacak kapal maritim Tanker Trackers mengatakan kapal tanker itu secara teratur digunakan untuk mengangkut minyak ke pemerintah Suriah, meskipun ada sanksi internasional.

Insiden itu terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Arab Saudi.

Bulan lalu, 18 pesawat tak berawak dan tujuh rudal jelajah menghantam ladang minyak utama dan fasilitas pemrosesan minyak di Arab Saudi. Iran diminta bertanggung jawab atas serangan itu.

Dan pejabat AS mengatakan Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap dua tanker minyak di Teluk pada Juni dan Juli, serta serangan terhadap empat tanker lainnya pada Mei.

Namun, Iran membantah terlibat dalam semua insiden.

Sumber: BBC
Redaktur: Ibas Fuadi

Ingin Langganan Artikel?
Daftarkan emailmu di sini untuk mendapatkan update artikel terbaru.
Anda dapat berhenti langganan kapan saja.
Anda mungkin juga berminat